Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

irawardaniAvatar border
TS
irawardani
Bagaimana menghadapi karyawan toko yang etos kerjanya rendah?
Bismillah.
Agan2....minta bantuannya ya, saya lagi pusiiing menghadapi karyawan2 saya,,, jadi ceritanya gini:

Saya dipercaya ayah saya untuk mengelola sebuah minimarket sederhana. Sekarang sudah berjalan 1 tahun lebih. Karyawan ada 3, 2 karyawan lama, yg satu baru mau 3 bulan-an kerja disini. Masalahnya adalah:
1) Selama ini saya sudah banyak memberikan penjelasan/arahan mengenai tugas mereka, bahkan saya sudah mengetik SOP dan membagikan kpd masing2 karyawan. Namun seiring waktu banyak tugas yang tidak beres (misal: kerapian toko, cek barang kadaluarsa, manajemen barang BS mulai kacau, dll) dan saya bingung bagaimana cara menegurnya, ketiganya masih teman saya sendiri soalnya.
2) Sikap karyawan saya. setiap kali saya ikut nimbrung di minimarket, mereka bukannya tambah rajin bekerja, tapi malah bersantai2,, saya yang duduk di meja kasir justru merasa seperti di-buli, menjadi petugas kasir sekaligus mengemas barang sekaligus mengecek harga dan tak jarang melayani pembeli yang mencari barang tertentu,, tidak ada satu pun yg inisiatif membantu, bahkan pernah saya ditinggal mereka duduk santai di depan toko (ini sempat membuat saya naik darah dan tidak habis pikir emoticon-Mewek). Sejak itu saya jarang nimbrung di toko, namun akibatnya banyak yang gak beres pula, terutama masalah orderan dan returan ke sales.

Nah, gan, saya mau minta pendapat kalian, untuk masalah di atas saya hendak ambil solusi seperti yang akan saya ceritakan dibawah. Saya minta pendapatnya ya, ini solusi dah oke belum, gitu.

--Saya akan membuat SOP lebih jelas akan tugas2 mereka, termasuk tentang orderan barang dan retur barang, dan akan saya berlakukan peringatan 1 sampai 3 apabila 70% dari SOP tidak terpenuhi dalam satu hari. Dan jika sudah 3 kali peringatan masih tetap ada pelanggaran lebih dari 70%, maka dalam satu hari pelanggaran akan dikenakan potong gaji 10% untuk masing2 karyawan---

Gimana gan? Saat ini gaji karyawan yg 2 orang 700rb, yang 1 525Rb. Nanti mau aku naikkan seiring dg tugas2 baru dalam SOP, menjadi gaji UMR.

Yang udah pengalaman ngadepin beginian juga mohon sharingnya.
Mohon bantuannya ya....
Terimakasih
0
2.8K
26
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Entrepreneur Corner
Entrepreneur CornerKASKUS Official
22KThread4.6KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.