Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

agungjimAvatar border
TS
agungjim
140 Polisi Indonesia Ditugaskan ke Sudan (salah satunya Kaskuser gan)
140 Polisi Indonesia Ditugaskan ke Sudan (salah satunya Kaskuser gan)

Kepolisian RI akan mengirim 140 polisi yang tergabung dalam kontingen Formed Police Unit (FPU) V ke Darfur, Sudan. Kontingen ini menggantikan FPU IV, yang sudah bertugas bersama Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk menjaga keamanan di Afrika, khususnya daerah konflik Sudan.

"Mereka berangkat dalam format peleton, unit, atau gabungan. Saya harap mereka akan tampil sebagai teladan. Ini harapan keluarga besar Polri dan Indonesia," kata Wakil Kepala Kepolisian RI Komisaris Jenderal Nanan Sukarna saat ditemui di lapangan Baharkam Markas Besar Polri, Kamis, 1 November 2012.

Pasukan FPU V ini akan bertugas selama 1 tahun di Darfur. Kerja sama dengan PBB untuk menjaga perdamaian bukan kali pertama bagi Polri. Pengalaman pertama Polri ikut dalam pengamanan dunia terjadi pada 1990, kala bertugas di Kalibia.

Nanan mengaku sebagai salah satu dari 50 polisi Indonesia pertama yang ikut dalam misi perdamaian dunia pada saat itu. "Saya kebetulan ikut, bersama Kepala Biro Penerangan Masyarakat Brigadir Jenderal Boy Rafli," kata dia.

Prestasi lain polisi Indonesia di PBB adalah masuknya salah satu anggota Polri sebagai pejabat teras di organisasi antarbangsa tersebut. "Komisaris Besar Krisna Mukti, dia ikut mengatur sebagai planner," kata Nanan.

Keberhasilan Polri dalam misi dunia juga ditegaskan Kepala Divisi Hubungan Masyarakat Inspektur Jenderal Suhardi Alius. Ia menyatakan, kontingen Indonesia, sejak angkatan I hingga IV, dikenal sangat baik dalam bertugas dan mudah masuk ke masyarakat lokal. "Sudah ada pembekalan di banyak bidang sebelum mereka berangkat, ini harus dipertahankan," kata dia.

Kontingen FPU V ini dipimpin Ajun Komisaris Besar Reza Arif, yang akan berangkat pada 7 November 2012. Kontingen ini beranggotakan 140 personel, yang terdiri atas 100 personel inti anggota Brigade Mobil dan 40 personel pendukung seperti polisi dengan keahlian kedokteran.

Misi perdamaian FPU Polri ke Darfur sudah dimulai pada 2008 di bawah United Nations-African Union Mission in Darfur. Organisasi PBB ini adalah penjaga keamanan yang beranggotakan sekitar 17 ribu tentara dan 5.000 polisi dari berbagai negara.

Sumber

=====================================================

Besok, 140 Personel Polri ke Sudan dengan Pesawat Sewaan
Personel polisi pengganti kontingen FPU IV yang selesai masa dinasnya selama satu tahun itu, umumnya adalah anggota Brimob.

Setelah beberapa kali mengalami penundaan, 140 orang anggota Polri yang tergabung dalam kontingen Formed Police Unit (FPU) V dijadwalkan berangkat ke Sudan, Afrika, Minggu (18/11) besok. Keberangkatan ini adalah jadwal yang kesekian kalinya setelah sempat mundur beberapa kali dari jadwal semula pada 1 November lalu.

"Alhamdullilah, besok sudah pasti berangkat dengan pesawat sewaan. Tim akan berangkat dari Lanud Halim Perdana Kusuma sekitar pukul 16.00 sore," kata Kepala Bagian Misi Perdamaian dan Kemanusiaan, Divisi Hubungan Internasional (Dib Hubinter) Polri, Kombes A Rusno, saat dihubungi Sabtu (17/11).

Disebutkan, para personel ini menggantikan kontingen FPU IV yang sudah habis masa dinasnya selama satu tahun di sana. Tim yang dipimpin AKBP Reza Arif itu terdiri dari berbagai unsur di kepolisian, seperti dokter polisi, tapi umumnya mereka adalah anggota Brimob.

"Begitu mereka sampai di Darfur, tim akan melakukan serah terima dengan tim FPU IV. Tim FPU V ini rencananya akan dilepaskan oleh Kadiv Hubinter, Brigjen Boy Salamuddin," tambah Rusno.

Seperti diketahui, sudah sejak 2008, Polri mengirimkan FPU ke Darfur di bawah PBB yang menggelar misi bernama UNAMID (United Nations-African Union Mission in Darfur). UNAMID adalah operasi penjaga keamanan terbesar, beranggotakan sekitar 17.000 tentara dan 5.000 polisi dari berbagai negara.

UNAMID bertugas menjaga keselamatan penduduk sipil di Darfur, titik perlawanan kelompok pemberontak yang sering melakukan tindak kekerasan sejak tahun 2003. Dalam perkiraan PBB, konflik telah menewaskan sekitar 300 ribu orang. Sedangkan berdasarkan perhitungan pemerintah, sekitar 10 orang tewas.

sumber

=====================================================
semoga anggota Polri yg berangkat sukses dalam menjalankan misi di Sudan, oiya salah satu anggota yg berangkat adalah temen ane anggota Brimob yg juga kaskuser gan... top dah...

emoticon-Cendol (S) emoticon-Cendol (S)
Diubah oleh agungjim 20-11-2012 02:12
0
4.3K
30
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672KThread41.8KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.