Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

rapatkan2Avatar border
TS
rapatkan2
Mungkin ini alasan kenapa PKS kurang disukai di KASKUS
Pertama saya tidak mau menyudutkan dan menghujat pihak manapun gan, yang ada di thread ini hanya hasil pengamatan saya semata. Salam Damai emoticon-I Love Indonesia (S)


Pemilu tahun ini dipenuhi dengan berbagai intrik dan drama, adu argumen berkepanjangan di berbagai forum untuk membela pilihannya sudah menjadi hal yang lumrah. Para kader partai pun tidak mau kalah untuk menyuarakan pendapatnya, salah satu yang paling kontroversial adalah Partai Keadilan Sejahtera (PKS)

Berikut ini opini saya kenapa PKS menjadi kurang disukai pada pesta demokrasi tahun 2014 ini:



1. Skandal Suap Impor Daging Sapi

Kasus korupsi yang melibatkan presiden PKS saat itu yaitu Luthfi Hasan Ishaaq ini menuai banyak kecaman, karena selain merugikan negara skandal ini juga melibatkan petinggi partai Islam yang secara jelas melarang keras tindakan korupsi pada ajarannya. Kader dan simpatisan PKS pun ikut kaget dengan tertangkapnya pemimpin mereka, pembelaan demi pembelaan sudah disampaikan oleh kader dan simpatisan partai tetapi sepertinya masih belum mampu untuk menutup belang hitam yang sudah terlanjur menjadi bulan-bulanan media dan masyarakat.

2. SIstem Pengkaderan yang Tidak Biasa

Untuk yang satu ini saya mau berpendapat melalui pengalaman saya sendiri, entah sistem pengkaderan yang resmi dari partai atau hanya inisiatif oknum saja tapi sepertinya memang sudah menjadi rahasia umum di masyarakat.

Saat kebanyakan partai politik menggait generasi muda melalui gerakan dan iklan terbuka PKS memiliki cara yang unik. Yaitu dengan mengirimkan kader mudanya di berbagai organisasi pendidikan, mereka mengajarkan nilai-nilai dan akidah agama Islam pada remaja melalui Liqountuk menarik simpati anak muda. Meskipun tidak pernah secara eksplisit meminta untuk bergabung dengan partai, tapi cara ini memicu kritik dari berbagai kalangan karena dianggap "menghasut" atau mengarahkan anak muda yang belum dewasa secara politik. Terlepas dari benar atau tidaknya cara ini kembali lagi kepada pribadi masing-masing

3. Sering Menggunakan Media Islam yang Beritanya Tidak Akurat

Bagi para kaskuser yang kategorinya sudah melek Internet pasti sangat familiar dengan VOA-Islam, Dakwatuna, dan PKS Piyungan. Media-media ini sering dijadikan rujukan oleh para kader dan simpatisan PKS, berita dan artikel di dalamnya banyak mengandung konspirasi dan hal-hal yang "mengejutkan". Akan tetapi tidak jarang berita yang dimuat kurang didukung dengan fakta dan data yang kredibel jadi sangat mudah untuk dibantah bahkan hanya dengan argumen yang simple.

4. Fanatisme Kader yang Berlebihan

Tidak sedikit kader PKS yang sangat mencintai partainya, tentu saja itu sangat positif jika dilihat dari sudut pandang organisasi partai. Tapi sekali lagi ini bagaikan pedang bermata dua, jika tidak digunakan secara bijak akan mengurangi simpati masyarakat yang berada di luar lingkaran partai. Hal ini sering memunculkan kader-kader partai yang terlalu defensif bahkan cenderung close minded.

5. Sering Melakukan Klaim yang Penuh Tanda Tanya

PKS memiliki kebiasaan yang tidak akan pernah lepas dari benak kita para netizen, yaitu dengan pernyataan dan klaim yang membuat kita mengernyitkan dahi dan bertanya-tanya. Apa benar? Buktinya mana? Data dari mana? Kok bisa?

Kadang saya sendiri pun heran dari mana dasar dari semua klaim itu, tapi saya tetap mau berpikir positif, mungkin mereka punya bukti tapi tidak mau membukanya ke publik karena alasan tertentu. Semoga saja begitu

6. Banyak Kader dan Simpatisan yang Terlalu Mudah Mempercayai Teori Konspirasi

Siapa yang tidak tahu teori konspirasi, dari yang kelas menengah sampai kelas internasional sudah sering kita dengar antara lain yang menyagkut oraganisasi-organisai "bayangan" dunia seperti Freemason, Skull and Bones, Illuminati, Rosicurians, New World Order, dan The Priory of Sion. Saya sendiri juga pengamat dan penggemar teori konspirasi, tetapi alangkah baiknya jika tetap memberi filter agar tidak terhanyut. Karena sehebat dan selogis apapun teori konsprasi itu akan tetap menjadi teori, hanya waktu yang bisa membuktikan jadi tidak perlu dibela dan dibenci mati-matian. Banyak kader dan simpatisan PKS yang gemar mengaitkan peristiwa politik nasional dengan paham-paham konspirasi, hal ini jika terlalu sering dilakukan dampaknya akan menjadi negatif untuk kalangan luas.


Sekiranya baru poin-poin diatas yang terbaca oleh pengamatan saya, silahkan kaskuser kalau mau mengkritik atau memberi masukan. Kita semua disini sama-sama belajar emoticon-Cendol (S)

TERAKHIR

Tidak semua kader PKS seperti yang saya jabarkan diatas, saya yakin masih banyak yang baik di luar sana. Semoga yang baik-baik ini dapat mengharumkan nama PKS di kemudian hari
i emoticon-Salaman


Most Valueable Kaskuser Comment


Quote:


Quote:


Quote:
Diubah oleh rapatkan2 04-08-2014 13:08
anasabila
bukan.bomat
bukan.bomat dan anasabila memberi reputasi
2
18K
148
Thread Digembok
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Pilih Capres & Caleg
Pilih Capres & CalegKASKUS Official
22.5KThread3.1KAnggota
Terlama
Thread Digembok
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.