Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

donsellerAvatar border
TS
donseller
Bosen Liburan di Indonesia? Megawati Liburan di Amerika
Quote:


Quote:


Hubungan AS dengan Megawati

Sejak terpilih sebagai Ketua Umum PDI dalam Munas 1993, Megawati Sukarnoputri terus kedatangan tamu-tamu penting dari AS. Ada tokoh informal pendeta Jesse Jackson. Ada sejumlah mantan Dubes AS di Indonesia. Termasuk Dubes AS Stapleton Roy yang paling sering kelihatan nongol di berbagai acara Megawati. Bahkan, Megawati menghadiri pelantikan Clinton sebagai presiden pada tahun 1996 yang lalu (Realitas, idem).

Apakah itu dapat diartikan Megawati memiliki hubungan khusus dengan negara Globocop itu? Stepleton mengelak. "Saya tidak hanya mengadakan pertemuan dengan Megawati, tetapi juga ketemu Amien Rais, Emil Salim, dan tokoh-tokoh lainnya. Saya juga selalu kontak dengan pejabat-pejabat pemerintah" ujarnya kepada Realitas (idem). Pernyataan Dubes AS itu tak menutupi hubungan khususnya dengan Megawati. Bahkan sekaligus membuka hubungan khususnya dengan tokoh-tokoh lain.

Inilah kehebatan sekaligus kelicikan AS. Kata Gus Dur, negara Bill Clinton itu tidak hanya mendekati Mega. Mereka pernah mendorong Benigno Aquino yang pulang ke Philipina untuk melengserkan Presiden Marcos. Mereka menaikkan Benazir Bhuto sebagai PM Pakistan dan Begum Khalida Zia menjadi PM di Bangladesh. Gus Dur mengakui, bahwa misi AS itu cukup positif, yakni mendorong demokratisasi di negara-negara yang AS ikut merekayasa kekuasaan di sana (Realitas, idem).

Kenapa AS lebih memilih Mega? Gus Dur melihat dua hal. Pertama, misi politik, yakni untuk menancapkan pengaruhnya di Indonesia bila Mega nanti menjadi presiden. Kedua, misi agama, yakni menciptakan sekularisasi dalam kehidupan beragama di Indonesia. Rektor IAIN Jakarta, Azyumardi Azra, mengatakan bahwa AS tidak menghendaki presiden Indonesia yang 'too muslim' atau 'too Islamic'. Negara biang demokrasi sekuler itu menghendaki presiden berwatak sekuler. "Hal itu akan lebih compatible dengan ideologi sekuler mereka dibandingkan dengan ideologi Islam yang jelas-jelas tidak cocok dengan AS" tandasnya kepada Realitas (idem). Sedangkan sesepuh PDI Abdul Madjid melihat bahwa pilihan AS itu didasari oleh konsep ekonomi Mega yang tidak mengarah pada kebijakan anti kapitalis asing (Realitas, idem).

Kini jelaslah hubungan politik antara Megawati dengan negara Kapitalis Imperlialis nomor satu di dunia yang terkenal sebagai kampiun demokrat dan polisi dunia berstandar ganda itu. Dan surat Megawati ke Gedung Putih tertanggal 8 Maret 1998 yang meminta kepada Presiden Bill Clinton agar meninjau kembali program rahasia latihan militer AS-RI, menegaskan semua itu.
http://www.angelfire.com/de/assalam/salam29.html
anasabila
anasabila memberi reputasi
1
4.1K
82
Thread Digembok
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Pilih Capres & Caleg
Pilih Capres & CalegKASKUS Official
22.5KThread3.1KAnggota
Urutkan
Terlama
Thread Digembok
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.