Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

GPO2AAvatar border
TS
GPO2A
Buku Why Pubertas yang Meresahkan Orangtua
Buku Why Pubertas yang Meresahkan Orangtua

Liputan6.com, Jakarta - Dari beberapa kicauan di Twitter dan media sosial lainnya, banyak orangtua yang resah karena beredarnya buku komik ensiklopedia terbitan Elek Media yang berjudul Why Pubertas. Dalam buku itu memuat kisah cinta sesama jenis.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Kamis (7/8/2014), buku itu memuat cerita cinta sesama jenis dan transgender. Dalam buku dengan karakter kartun itu, dimuat juga gambar serta percakapan yang mengarah pada cinta sesama jenis.

Para orangtua mempertanyakan peredaran buku yang diterbitkan oleh Elek Media sejak April 2012 itu. Mereka mendesak agar buku yang beredar luas di toko-toko buku itu segera ditarik dari peredaran.

Banyaknya desakan itu tampaknya didengar oleh manajemen toko buku. Karena ketika tim Liputan6 mencoba menelurusi peredaran buku di 2 toko buku Jakarta Selatan, di toko buku pertama pada rak kumpulan buku edisi Why ternyata buku Why seri Pubertas sudah tidak ada.

Berdasarkan keterangan dari pihak toko, pihak penerbit sudah menginstruksikan kepada semua toko buku yang menjual seri buku itu untuk menarik dari peredaran. Begitu juga di toko buku lainnya, buku Why Pubertas tenyata sudah mulai ditarik sejak Rabu 6 Agustus.

Menteri Pendidikan Nasional, M Nuh juga turut bereaksi. Meskipun buku itu diluar pengawasan Kementerian Pendidikan karena bukan merupakan buku pelajaran, tetapi M Nuh menyayangkan akan isi buku dan berjanji akan menegur pihak penerbit.

Buku yang sudah terbit sejak 2012 membuktikan, bahwa pengawasan orangtua terhadap bacaan anak harus terus ditingkatkan. (Mut)

http://m.liputan6.com/news/read/2087...ahkan-orangtua

Buku Anak-Anak Bermateri Cinta Sesama Jenis Beredar

Buku Why Pubertas yang Meresahkan Orangtua

JAKARTA - Masih ingat dengan kisah Bang Maman dan istri simpanan yang dimuat dalam buku Pendidikan Lingkungan Budaya Jakarta untuk siswa kelas II SD? Buku itu, membuat geger karena materinya dinilai tidak pantas untuk anak usia dini.

Hal yang sama terulang. Buku terjemahan yang diterbitkan PT Elex Media Komputindo, salah satu materinya yakni tentang mencintai sesama jenis. Buku itu berjudul Why? Puberty.

Buku yang menjelaskan permasalahan anak-anak dalam masa pubertas itu menceritakan seorang anak bernama Omji, yang menumpahkan kekesalannya kepada ibunda karena diejek lesbi dengan temannya di sekolah.

Namun, dalam dialog komik yang tertera pada halaman 142, sang ibunda menjelaskan bahwa percintaan sesama jenis adalah sebuah pilihan.

"Cinta terhadap seseorang itu tidak bisa dipaksakan. Itu ditentukan oleh hati. Setiap orang punya hak untuk mencintai dan dicintai. Bila mereka mencintai sesama jenis, itu adalah pilihan. Jika boleh memilih, tentu saja mereka ingin memilih mencintai lawan jenis," begitu salah satu bunyi kutipan dalam buku 160 halaman itu.

Omji kembali bertanya kepada ibunda mengenai orang yang mencintai sesama jenis itu tergolong kelainan jiwa. Sang ibu kembali menjelaskan bahwa mencintai sesama jenis menjadi tampak spesial.

"Di dunia ini jauh lebih banyak orang yang mencintai lawan jenis kelamin. Jadi, mencintai sesama jenis kelamin tampak spesial," tambahnya.

Buku itu pertama kali diterbitkan di Indonesia pada 2012. Buku yang dikarang penulis Korea yakni Joen Ji Eun dan kartunis Lee Hye Jo itu dipublikasikan di Korea pada 2003. (trk)

http://m.okezone.com/read/2014/08/07...-jenis-beredar

Ini pembelaan penerbit buku WHY Puberty soal cinta sesama jenis

Merdeka.com - General Manager Elex Media, Ari Subagijo menjelaskan maksud dan tujuan diterbitkannya buku WHY Puberty mengisahkan tentang cinta sesama jenis. Menurut dia, buku ini membantu para orang tua untuk menjawab pertanyaan anak-anak tentang cinta sesama jenis yang dinilai sering membuat orang tua bingung.

Dia menjelaskan, buku ini diadopsi dari komik asal Korea dan sudah melewati proses editorial. Buku ini berkonsep untuk membantu orang tua saat mengajari para anak yang mengalami massa pubertas.

"Buku WHY series ini memang kita lihat konsepnya bagus, sangat memudahkan orang tua membaca bersama anak-anaknya. Apa ini? beranjak dari kesulitan orang tua dan remaja yang mereka mengalami perubahan puber. Banyak orang tua merasa kesulitan pertanyaan anak-anak ini," ujar Ari saat bertemu dengan Ketua Yayasan Selamatkan Anak Bangsa, Fahira Idris di Gedung Kompas Gramedia, Jakarta, Kamis (7/8).

Dia mengungkapkan, buku ini dibuat juga berdasarkan pertanyaan-pertanyaan anak seusianya. Karena itu, dia yakin buku ini bisa sangat membantu para orang tua, termasuk pertanyaan soal cinta sesama jenis yang terjadi di lingkungan anak.

"Ada anak wanita yang pegangan tangan bareng diledekin temen-temennnya wei lesbi itu terjadi, anak saya tanya kok gitu pak? Kemudian pertanyaan kedua ketika mereka begitu (lesbi/homo) apa sakit jiwa? Apa aids itu homo atau homo itu AIDS? Itu pertanyaan, beberapa orang tua tidak mudah menjawab dan menjelaskan ini, menurut kami buku ini baik," jelas dia.

Dia juga keberatan jika buku ini disebut provokatif dan propaganda dan dilihat hanya pada bagian cinta sesama jenis saja. Karena, kata dia, jika buku ini dibaca menyeluruh, maka akan saling berkaitan dan tidaknya bicara tentang cinta sesama jenis saja.

"Pada saat ini ditampilkan di Twitter, satu frame dengan frame halaman 147. Ketika kita menangkap dua frame ini saja, saya khawatir akan jadi salah persepsi, karena ini menjawab pertanyaan anak di gambar sebelumnya," tutur dia.

"Di sini diceritakan ada artis transgender, pertanyaannya kalau transgender pasti homo, kemudian orang tua menjelaskan, transgender dua hal berbeda, karena ketidakcocokan antara fisik dan jiwanya itu diceritakan," imbuhnya.

Sebelumnya aktivis Fahira Idris mendatangi penerbit Elex Media. Dia menilai buku ini meresahkan dan meminta penerbit menariknya dari peredaran.

(mdk/ian)

http://m.merdeka.com/peristiwa/ini-p...ama-jenis.html


emoticon-Ngakak (S) bacaanya merboy ama pandjoel
0
14.4K
60
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672.4KThread42KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.