Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

kang tatangAvatar border
TS
kang tatang
Jokowi Diusulkan Bentuk Kementerian Pembangunan Desa
Liputan6.com, Jakarta - Presiden terpilih Joko Widodo tengah menyusun jajaran kabinetnya. Pria yang karib disapa Jokowi itu pun diusulkan membentuk Kementerian Pembangunan Desa.

"Kementerian Pembangunan Desa sangat penting karena sumbernya semua ada di desa," kata Wakil Sekjen DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Daniel Johan, Senin (4/7/2014).

Menurut dia, di desa ada kedaulatan pangan dan maritim. Pertumbuhan yang berkualitas, mengurangi kemiskinan, dan sektor riil bisa berjalan baik, tergantung dari kemajuan desa.

Fokus utama kementerian tersebut menurutnya adalah ketersediaan air bersih, pertanian, irigasi. "Selain jalan desa tentunya dan penyediaan infrastruktur lainnya," ujar Daniel.

Dengan adanya kementerian itu, sambungnya, tiap desa nantinya akan mendapat alokasi dana. "Nilainya setidaknya Rp 1 miliar per tahun. Ini perlu diawasi dan terkoordinasi dengan baik."

Mengenai Kementerian Pembangunan Daerah Tertinggal menurutnya bisa dilebur dengan Kementerian Pembangunan Desa. Sebab masih banyak kabupaten yang membutuhkan pembangunan.

"Kementerian Pembangunan Daerah Tertinggal bisa dilebur ke Kementerian Pembangunan Desa," ungkap Daniel.

Tugas kementerian itu, jelasnya, mengoordinasi kementerian sektor untuk masuk ke desa sesuai peta potensi dan data relevan lainnya. (Ant)






http://indonesia-baru.liputan6.com/r...mbangunan-desa
0
474
5
Thread Digembok
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Pilih Capres & Caleg
Pilih Capres & CalegKASKUS Official
22.5KThread3.1KAnggota
Urutkan
Terlama
Thread Digembok
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.