Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

grandong.ngamukAvatar border
TS
grandong.ngamuk
8 Aktivitas Ilegal Orang Asing di Bali




Kehadiran orang asing di Bali; di satu sisi menimbulkan banyak kebaikan, di sisi lainnya juga menimbulkan hal-hal buruk. Salahsatu hal buruk itu adalah aktivitas-aktivitas ilegal oleh orang asing di Bali, yang kian lama frekwensi dan modusnya kian massif.

Berikut adalah 8 aktivitas ilegal oleh orang asing di Bali yang langgeng sepanjang waktu, seolah-olah tak pernah terkoreksi.

1. Berkendaraan Secara Ilegal
Quote:

Quote:


2. Menggunakan Visa Kunjungan/Turis Secara Ilegal
Quote:

Quote:


3. Tinggal dan Bekerja di Bali Secara Ilegal
Quote:

Quote:


4. Memiliki Aset Secara Ilegal
Quote:

Quote:


5. Memiliki dan Mengelola Usaha Secara Ilegal
Quote:

Quote:


6. Mengekspor dan Impor Barang Secara Ilegal
Quote:

Quote:


7. Menghindari Bayar Pajak
Quote:

Quote:


8. Melakukan Pencucian Uang
Quote:

Quote:


Hal penting yang perlu kita sadari adalah bahwa sebagian besar dari aktivitas ilegal yang dilakukan oleh orang asing di Bali bersumber dari rumah kita sendiri:
a. Aturan yang tak jelas – Pertama bisa menimbulkan salah tafsir—sehingga menjadi salah dalam pelaksanaannya. Dan disisi penegak aturan di lapangan, mereka menjadi ragu bertindak dalam menegakkan aturan.
b. Birokrasi panjang yang tak masuk-akal – Harus diakui, banyak birokrasi aturan di negara kita yang cenderung panjang dan tak masuk akal, dilihat dari kepraktisan menjalankan usaha—sehingga menimbulkan ekonomi berbiaya tinggi. Ini kemudian membuat para pelaku usaha (termasuk bule) selalu mencari cara untuk mempermudah dan memperpendek birokrasi, yang pada akhirnya menjadi pelanggaran.
c. Penegakan hukum yang tidak konsisten – Kelemahan yang paling fatal dari setiap aturan yang ada di negara kita, termasuk di Bali, adalah penegakan (enforcement) yang tidak konsisten, bisa di-‘nego’, bisa di-‘bicarakan’, bisa di-‘mintakan-bantuan’ dan sejenisnya.
d. Dukungan dari orang lokal – Puncak dari mulus dan massifnya aktivitas ilegal oleh orang asing di Bali, adalah contoh, saran dan dukungan dari orang lokal. Para bule yang masuk ke Bali pertamakali, sudah pasti tak akan tahu hingga celah kelemahan aturan di Bali, bisa dibilang mereka ‘innoscent’. Mereka menjadi tahu setelah memperhatikan lalu mencontoh apa yang dilakukan oleh orang lokal.
Diubah oleh grandong.ngamuk 26-03-2014 07:39
0
13.3K
52
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.2KThread83.7KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.