Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

goindonesiacomAvatar border
TS
goindonesiacom
3 Kuliner Khas Bali yang wajib Anda Cicipi
3 Kuliner Khas Bali yang wajib Anda Cicipi

3 Kuliner Khas Bali yang wajib Anda Cicipi

Pulau dewata ini tidak selamanya dikenal dengan alam pemandangannya yang eksotis, namun juga dikenal dengan sajian kulinernya yang khas dan mengundang selera. Aneka rasa itu sudah pasti. Selain memiliki racikan dan rasa yang berbeda, harganya pun cukup bervariasi. Untuk menemukannya pun mudah karena selain disajikan di restoran juga banyak bisa ditemukan di rumah makan sederhana, warung dan pedagang kaki lima di Bali. Berikut ini adalah tiga makanan khas bali yang wajib Anda santap jika sedang berada di Bali.

Ayam dan Bebek Betutu
Bebek Betutu dan Ayam Betutu adalah masakan khas daerah Gianyar. Ayam dan bebek Betutu ini awalnya diperkenalkan oleh Men Tempeh atau Ni Wayan Tempeh yang berasal dari Abianbase, Kota Gianyar. Bersama sang suaminya I Nyoman Suratna yang berasal dari Bangli. Mereka berjualan sejak tahun 1976 di Terminal Lama Gilimanuk. Saat Men Tempeh sudah tiada usahanya diteruskan kemudian oleh anak-anaknya. Sedangkan para mantan karyawannya pun kemudian membuka warung makan ayam betutu lengkap dengan tulisan “Men Tempeh Asli” . Namun warung makan Ayam Betutu Men Tempeh yang benar-benar asli terletak di sebelah timur terminal lama Gilimanuk (dekat pelabuhan) dengan ciri khas adanya beberapa anak tangga sampai di warungnya. Pada papan namanya tertulis “Ayam Betutu Men Tempeh Asli” dan terdapat tambahan tulisan “tidak buka cabang.”

Sajian khas ini banyak ditemui di Gilimanuk, selain itu Anda pun bisa menikmatinya di kawasan lain seperti Denpasar dan Kuta. Warung Makan Ayam Betutu Gilimanuk yang dikelola oleh Anak Agung Oka Suci, pada awalnya berasal dari warung makan Men Tempeh di Gilimanuk, namun kemudian dibeli dan direnovasi. Bebek dan Ayam Betutu juga dapat Anda jumpai di berbagai restoran yang ada di Ubud dan Denpasar. Sebelum menikmati sajian khas Ayam dan bebek Betutu dianjurkan untuk melakukan pemesanan satu hari sebelumnya, karena proses pembuatannya yang cukup lama.
Spoiler for Ayam Betutu:


Bebek Bengil
Beberapa tokoh terkenal telah mencoba masakan khas Bebek Bengil ini, termasuk mantan Presiden Megawati dan Presiden SBY, serta beberapa artis manca negara dan tanah air. Di mana Anda dapat menyantapnya? Di Bali terdapat sebuah restoran yang bernama Restoran Bebek Bengil terletak di daerah Ubud, tepatnya di jalan Hanoman.

Restoran ini pertama kali dibuka pada tahun 1990, hingga kini telah menjadi salah satu restoran terkenal di Bali karena kelezatan masakannya. Tentu saja Bebek Bengil memiliki ciri khas dan cita rasa yang berbeda. Restoran dengan konsep nuansa pedesaan ini mempunyai latar pemandangan hamparan sawah hijau dan segar, menjadikan selera makan menjadi semakin 'menggila'.
Spoiler for Bebek Bengil:


Babi Guling
Makanan ini sangat mudah ditemukan di Bali. Babi Guling ini awalnya digunakan untuk melayani baik upacara ritual dan upacara, tetapi sekarang telah dijual sebagai hidangan di warung-warung, restoran, dan bahkan hotel di Bali.

Babi Guling adalah sejenis makanan yang terbuat dari babi betina atau jantan yang perutnya diisi dengan bumbu dan sayuran seperti daun singkong, kemudian dipanggang sambil di putar hingga matang. Nama Babi guling untuk daerah Bali dikenal dengan Be Guling. Selain daging babi jenis daging lainnya seperti bebek dan ayam juga bisa digunakan. Babi Guling yang paling terkenal berasal dari Kabupaten Gianyar.

Di Kabupaten Gianyar terdapat salah satu tempat yang sangat terkenal hingga ke mancanegara, bernama Warung Ibu Oka Gianyar. Kelezatan babi guling Ibu Oka ini sudah dibuktikan dengan banyaknya pengunjung yang datang mencicipi makanannya yang terletak di depan Puri Agung, Ubud, Gianyar, Bali.
Spoiler for Babi Guling:
0
5.6K
8
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Domestik
DomestikKASKUS Official
10.2KThread3.7KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.