Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

titosuryawanAvatar border
TS
titosuryawan
Teknis Dasar Bersiaran Radio
Terima kasih agan-agan sudah mampir kesini. Mohon dimaklumi klo trit ane kurang oke, maklum nubie gan
emoticon-Sorry

Sebelumnya ane cuma mau menyalurkan hobi sekaligus berbagi sama agan-agan sekalian mengenai bagaimana menjadi penyiar radio yang oke, ya minimal gak nge-blank lah pas lagi didepan mic. Info aja dikit, ane udah siaran dari taun ’99-an. Tapi sekarang lagi stop karena belum ada radio di jabodetabek yang mau meng-hire ane, udah ketuaan kali ya umurnye
emoticon-Ngakak


poto ane waktu masih mudaemoticon-Wink

Buat yang namanya Radio, nyari penyiar bagus itu adalah sama dengan nyokap agan nyari pembantu. Yang jujur, yang nurut, yang gawenya rapi, dll, sampe ke yang kerjanya bisa belasan tahun. Susah. Tapi kalo buat yang namanya ‘udah jadi penyiar’, koq gampang2 aja, ya ?. Kelar trening, dari skrip sampe siaran perdana, dari rutin dateng sampe kerja bakti (gantiin jam siaran temen), koq biasa2 aja, ya?. Tenang2 en kayanya menikmati banget keberhasilan jadi penyiar, bisa on-air, di-omong2in sekampung (ngetop maksudnya), dll. Itu semua ada ilmunya, gan. Selain niat baik dari hati yang paling dalam tentunya. Karena kalo gak diniatin, ya gitu deh, penyiar itu ibarat pekerjaan yang agak kurang diminati sebagai profesi utama, alias cuma dianggep kerja sampingan.



Oke, sekarang kita kupas dikit kulit luar tentang teknik bersiaran versi ane…

1. Persiapan siaran
• Agan kudu siapin mental yang jelas
• Setelah mental sudah siap, materi siaran tentu harus juga dipersiapkan, biar agan tau mau ngomong apa aja pas siaran

2. Pengenalan alat siaran
• Agan kudu kenalan dulu sama beberapa alat siaran kayak microphone, audio mixer, headphone, pc siaran, cd player dan segala sesuatu yang ada di ruang siaran, biar gak tulalit dan kagok…hehehe

3. Penulisan naskah siaran
Di awal kan ane udah tulis kalo agan kudu siapin materi siaran, nah materi siaran itu hampir sama kayak agan bikin trit aja. Cuma agak lebih ringkas dan padat dan terstruktur, tergantung karakter radionya.
• Struktur naskah
• Awal
Station identity
Nama acara
Pembawa acara
Durasi acara
Topik / isi yang akan dibahas
• Isi
• Akhir
Naskah siaran ini penting supaya agan ngocehnya gak ngalor ngidul...

4. Announcing
Nah, ini yang paling penting. Berhasil apa nggaknya agan siaran ditentukan dari poin-poin disini
• Vocal & gaya
• Nada suara
Seorang announcer / deejay kudu wajib menguasai range vocal-nya sendiri, mulai dari nada bawah sampai ke nada yang paling tinggi (*)
• Jenis suara
Selain diharapkan mampu menguasai range vocal di atas, seorang announcer / deejay harus memiliki suara yang bulat dan tidak pecah, walau agak bertolak belakang ama kenyataan sekarang yang banyak penyiar radio dengan suara cempreng, sekali lagi, balik ke karakter radionya. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, dapat dicapai melalui latihan (*)
• Intonasi suara
Intonasi adalah alunan atau irama dari kalimat yang diucapkan selama siaran. Kemampuan berintonasi harus dikuasai seorang announcer / deejay agar dapat menimbulkan kesan dialog / komunikasi dua arah, tidak monolog.
• Bahasa
Announcer / deejay dapat dikenal dari station radio mana asalnya, hanya dari bahasa yang dipergunakannya. Setiap station radio mempunyai kamus bahasa yang memuat beberapa kata yang merupakan standar baku bahasa siaran. Kejelasan, komunikatif, realistis, dll, adalah sebagian dari banyak kriteria keberhasilan berbahasa siaran.
• Teknik announcing (Berbeda untuk setiap station radio)
Bicara di awal lagu / intro
Bicara di akhir lagu / outro
Pembacaan informasi, feature, berita, adlips, dlsb

5. Imajinasi / Penguasaan materi siaran
Kemampuan imajinasi, besar sekali pengaruhnya terhadap keberhasilan seorang announcer / deejay dalam melakukan siaran. Pada dasarnya kita harus mengimajinasikan pendengar sebagai “orang kedua tunggal”, yang kemudian diikuti oleh pengetahuan mengenai siapa dan bagaimana profil pendengar station radio kita (usia, sosek, sex, dlsb). Kemampuan penguasaan materi siaran, adalah faktor penentu keberhasilan siaran. Ini nih ilmu yang wajib dikuasai kalo agan mau jadi penyiar yang bikin pendengar klepek-klepek basah. Hwehehehee…



Hal-hal yang ane tulis ini baru sebagian kecil aja. Masih ada segudang ilmu yang bisa dipelajarin supaya agan jadi jagoan siaran. Kalo mau tanya-tanya atau sharing soal siaran, boleh kok langsung email ke ane gan, di titosuryawan@gmail.com atau tungguin aja postingan ane selanjutnya.

Makasih ya agan-agan sekalian udah mampir kemari. Kalo udah jadi penyiar terkenal jangan lupa gan, senggol-senggol ane diudara ya….



Dan sedikit berbagi atas permintaan agan satu ini

Quote:


Kalo agan 3 radio sudah digagahi, maka ane sudah lebih dari itu emoticon-Ngakak
Sebelum ane sharing soal talk on the beat dan sodara2nya, urai sejarah dulu, ini radio-radio yang pernah ane singgahi dari tahun '99 (siapa tau ada yang satu almamater)

Spoiler for I've been here:


Dan tambahan info buat agan-agan siapa tau berguna, masih tentang Teknik Dasar Bersiaran Radio

Spoiler for Acuan standar penyiar:


Spoiler for Secuil suara ane, plus ada lagu2 iseng bikinan ane:


Untuk materi soal theatre of mind dan yang lainnya bakal ane unggah di trit lain ya emoticon-I Love Kaskus
Diubah oleh titosuryawan 21-03-2014 07:19
0
5.4K
38
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.2KThread83.5KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.