TS
jonalvinjon
cara membuat kopi instant (how to make a cup of instant coffe).

sekedar info : Tanaman kopi (Coffea sp.) termasuk familia Rubiaceae dan merupakan tanaman tropis yang banyak diperdagangkan di dunia.
Ada empat jenis kelompok kopi yang dikenal, yaitu kopi arabika, kopi robusta, kopi librika, dan kopi ekselsa. Kelompok kopi yang dikenal memiliki nilai ekonomis dan diperdagangkan secara komersial, yaitu kopi arabika dan kopi robusta. Sementara itu, kelompok kopi liberika dan kopi ekselsa kurang ekonomis dan kurang komersial. Kopi arabika dan kopi robusta memasok sebagian besar perdagangan kopi dunia. Jenis kopi arabika memilki kualitas cita rasa tinggi dan kadar kaffein lebih rendah dibandingkan dengan robusta sehingga harganya lebih mahal. Kopi liberika dan kopi ekselsa dikenal kurang ekonomis dan komersial karena memiliki banyak variasi bentuk dan ukuran biji serta kualitas cita rasanya
Indonesia merupakam Negara produsen kopi keempat terbesar dunia, setelah Brazil, Vietnam dan Colombia. Dari total produksi sekitar 67% kopinya diekspor sedangkan sisanya 33% untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri. Tingkat konsumsi kopi dalam negeri berdasarkan hasil survey LPEM UI tahun 1989 adalah sebesar 500 gram/kapita/tahun.
Cara membuat kopi pada umumnya di rumah.
1. Beli kopi yang berkualitas, bisanya harga menentukan kualitas. Trus kopi kan dibagi 2 (pada umumnya) ada robusta sama arabika. Kalo cowok2 macho yang cita2nya pengen jadi diplomat biasanya suka robusta, karena rasanya pahit. Mungkin kalo minunya yang pahit hidup agan akan jadi jantan dan siap untuk menghadapi pahitnya kehidupan, apasih… trus kalo arabika karakter rasanya asam, ini yang disukai bule bule, nah buat agan yang suka sama cewek2 indo
ane rekomendasikan sukanya sama yang arabika aja, sapa tau kalo diajak minum kopi sama camer yang bule, seleranya sama kales aja agan dikira jodoh..sama bokapnya…
2. Masak air sampe mateng, maksudnya mendidih, benar2 mendidih. Karena dengan air mendidih akan lebih membuat karakter si kopi keluar dan maksimal. Oiya, biar lebih mantap pake air yang bener2 tawar gan, gk terkontaminasi seng, tembaga, bata ato semen

3. Trus masukan bubuk kopi ke dalam cangkir. Biasanya satu sendok makan (kalo pake cangkir). Kalo suka pahit gk usah ditambah gula gan, tapi ya ditambah juga gpp biar manis, tapi jangan lebih satu sendok makan gan, kalo lebih bukan buat kopi namanya tapi bikin aiar gula pake kopi.

4. Aduk aduk aduk aduk aduk aduk aduk.
5. Sebelum diminum hirup aromanya dulu gan, karena kata penikmat kopi saat inilah inti dari kenikmatan kopi.
6. Minum kopi jangan tunggu sampe dingin gan, tapi saat panas2nya. Minumnya jangan di sruput langsung, tapi dikit2 gan, abis sruput dikit trus kumur2 gan, emang sih kata dokter gigi gak bole tapi kalo dikit gapapa gan.
7. Abis gitu, santai bentar gan biar kopinya bekerja maksimal di tubuh agan, karena kopi itu kayak obat, bisa bikin jantung berdebar2 gk santai, rasakan saat saat itu gan.

Sekian cara2 bikin kopi dari ane gan, semoga bermanfaat.
Thread pertama nih.



0
4.1K
5
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Lifestyle
11KThread•15KAnggota
Urutkan
Terlama
Komentar yang asik ya