Hobby
Batal
KATEGORI
link has been copied
Pengumuman! Ikuti Surveynya, Dapatkan Badge-nya! Klik Disini
825
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/53d49e64148b46c5148b4710/cuffing-style-untuk-mengatasi-celana-jeans-yang-kepanjangan
Assalamu'alaikum, Salam Sejahtera buat para kaskuser dan Agan semuanya, selamat datang di thread ane. Semoga agan dan aganwati dalam keadaan sehat :shakehand2 :shakehand2 :shakehand2 Alhamdulillah
Lapor Hansip
27-07-2014 13:38

Cuffing style untuk Mengatasi Celana Jeans yang Kepanjangan

Past Hot Thread

Assalamu'alaikum, Salam Sejahtera buat para kaskuser dan Agan semuanya, selamat datang di thread ane. Semoga agan dan aganwati dalam keadaan sehat
emoticon-Shakehand2 emoticon-Shakehand2 emoticon-Shakehand2

Alhamdulillah Jadi Hot Thread Pertama Ane
Bukti Hot Thread



Dan semoga trit ane ngga Repost


Bukti No Repost



Quote:Mungkin cukup riskan bagi kita yang baru beli Celana yang ternyata kepanjangan membuat kita harus memotongnya agar pas dan mengeluarkan biaya lagi. Namun memotong celana jeans atau nge-Hem istilahnya pada yang bukan ahli nya tentunya akan merusak kontruksi jeans tersebut. Nah untuk menghindari hal itu sebaiknya melakukan cuffing pada Celana anda.
kata cuff atau Cuffing mungkin sudah tak asing lagi di kalangan pecinta denim tapi bagi orang awam dalam hal denim mungkin belum banyak yang tahu. Kali ini ane mau sedikit berbagi nih mengenai cuff dan cuffing pada celana jeans baik dalam hal jenis-jenis cuff, cara-cara melakukan cuff untuk tiap jenisnya, dan juga keunggulan serta fakta-fakta mengenai cuffing ini yang ane ambil dari forum Denim yaitu Darahkubiru.com .


Quote:
Apa itu Cuffing ?


cuffing pada celana merupakan usaha agar celana yang dilipat mendekati panjang yang kita inginkan tanpa melakukan pemotongan pada celana. Saat ini, cuffing sering dilakukan bukan hanya untuk memanipulasi panjang celana, tetapi juga untuk mendapatkan efek-efek yang dianggap terlihat bagus dan juga beberapa teknik cuffing mendapatkan image yang berbeda dengan teknik lainnya. Sebagai contoh, untuk mendapatkan gaya miner atau biker jaman dulu, sering dilakukan cuffing dengan panjang cuff yg cukup tinggi. Efek paling umum saat ini, cuffing juga digunakan untuk menunjukkan selvage line atau hem yang memiliki ciri khas tersendiri.


Berikut Jenis-Jenis Cuffing


Cuffing style untuk Mengatasi Celana Jeans yang Kepanjangan

Quote:
1. Single Cuff


Merupakan teknik paling dasar pada hal cuffing. Sangat mudah dilakukan yaitu dengan cara melipat celana 1 kali ke arah luar. Tinggi cuff bisa diatur sesuai dengan selera dan footwear yang akan dipakai. Single cuff kecil akan memberikan efek yang simple dan clean pada celana, dan juga cocok untuk diaplikasikan pada banyak ragam footwear. Single cuff dengan tinggi yang panjang akan lebih cocok digunakan di sepatu high-cut dan juga cocok untuk mendapatkan efek dan image yang vintage.

Single cuff kecil
gambar


Single cuff sedang
gambar


Kita bisa lihat pada kedua gambar di atas, perbedaan efek bisa didapatkan pada satu metode dengan hanya membedakan tinggi cuff. Kedua tinggi cuff tersebut juga cocok untuk dipadukan dengan sepatu yang lebih bulky atau lebih besar. Seperti pada contoh di bawah ini, kedua cuff tersebut cukup versatile untuk dipadukan dengan dessert boots.

Cuff kecil pada boots
gambar

Cuff sedang pada boots
gambar



1.1 Single Cuff Kecil



Single cuff dengan tinggi yang kecil menurut kami juga lebih cocok untuk diaplikasikan pada sneaker dan tinggi cuff yang lebih tinggi menurut kami jatuhnya agak aneh jika dipadukan dengan sneaker. Single cuff kecil juga cocok untuk dipadukan dengan sedikit stacking di atasnya. Dengan single cuff kecil dan sedikit stack, efek yang didapat adalah image yang lebih muda dan santai. Tetapi efek ini tidak terlalu cocok jika kita ingin mendapatkan efek crisp dan rapi.

Single cuff kecil pada sneaker
gambar

Single cuff kecil dan sedikit stack
gambar



1.2 Single Cuff Besar atau Tinggi


Single cuff yang tinggi sering digunakan untuk mendapatkan efek vintage dan cuff seperti ini lebih cocok untuk diaplikasikan dan dipadukan dengan footwear yang bernuansa vintage atau mempunyai sifat heritage seperti work boots, dress boots, dessert boots ataupun engineer boots.

Single cuff yang sangat besar, cocok untuk dipadukan dengan boots dengan gaya vintage
gambar

Single cuff besar
gambar


Berhati-hatilah dalam menggunakan cuff yang tinggi. Cuffing pada dasarnya memberikan kesan bahwa kaki kita lebih pendek dari sebenarnya. Cuffing yang tinggi akan membuat kaki kita terlihat lebih pendek lagi. Cuffing besar seperti ini lebih cocok digunakan oleh orang-orang berkaki panjang dan bertubuh tinggi. Orang yang memiliki tubuh lebih kecil disarankan untuk tetap pada cuff kecil atau sedang untuk tidak terlihat lebih pendek.


Cuffing style untuk Mengatasi Celana Jeans yang Kepanjangan
Quote:
2. Double Cuff


Double cuff merupakan perpanjangan atau expansion dari single cuff. Biasanya jika kita belom puas dengan panjang celana dengan single cuff, kita lakukan lagi sekali lagi lipatan ke arah luar dan menutupi lipatan pertama. Perbedaan yang paling mencolok dari single dan double cuff adalah, pertama, tampilan dari luarnya berbeda, karena pada single cuff, kita tetap dapat melihat hem-line berikut warna benangnya. Sementara dengan double cuff, warna benang dan hem-line akan tertutup oleh lipatan kedua. Perbedaan kedua adalah, karena lipatan yang dilakukan 2 kali, makan tebal bagian cuff akan berpengaruh, apalagi jika celana yang dipakai merupakan celana yang tebal (19, 21oz), perbedaan akan cukup terlihat.

Double cuff kecil
gambar
Double cuff kecil pada mid-high top footwear
gambar


Seperti pada single cuff yang kecil, double cuff kecil juga memberikan efek yang simple dan clean. Metode double cuff ini juga tetap menjadi metode yang cukup versatile untuk diaplikasikan ke berbagai macam model footwear. Sebaliknya double cuff yang tinggi lebih cocok untuk digunakan di model footwear yang vintage dan berkesan worker.

Double cuff sedang
gambar
Perbedaan double cuff kecil-sedang dengan double cuff besar
gambar


Ada cara lain untuk melakukan double cuffing yaitu dengan cara melakukan single cuff besar, kemudian lakukan lipatan kedua dengan hanya mengambil setengah tinggi single cuff tersebut. Hasil tampak luarnya akan sama dengan double cuff biasa, tetapi jika kita lihat di bagian dalam cuff, kita masih bisa melihat bagian hem line yang tertutup oleh lipatan kedua. Kami sering menyebut metode ini dengan nama lazy double cuffing.

Lazy double cuff. Perhatikan bahwa kita masih bisa melihat hem-line dari celana
gambar


Cuffing style untuk Mengatasi Celana Jeans yang Kepanjangan
Quote:
3. Roll Cuff


Cuff semacam ini sengaja dilakukan dengan menggulung celana dengan agak berantakan, agar hasil yang didapat terlihat seperti sebuah gulungan, bukan lipatan. Untuk celana dengan leg opening yang besar, rolling biasanya dilakukan dengan teknik lain bernama pin roll, agar mendapatkan hasil yaitu bagian bawah celana terlihat sedikit lebih tappered. Menurut kami, roll cuff cocok digunakan untuk mendapatkan kesan santai dan juga cocok untuk digunakan ketika kita ingin mendapatkan efek high-water. Teknik ini sangat cocok digunakan dengan low-cut dan low-profile footwear seperti boat shoes dan slip-on loafer.

Paduan serasi antara roll cuffing, high-water dan boat shoes.
gambar



Cuffing style untuk Mengatasi Celana Jeans yang Kepanjangan
Quote:
4. Faux Single Cuff


Kadang kita ingin memperlihatkan hem-line kita pada orang lain, atau bagi denim heads hardcore yang tetap ingin menunjukkan ropping effect pada jeansnya tanpa harus memotong celananya. Metode ini banyak digunakan ketika celana kita terlalu panjang untuk hanya di-single cuff, tetapi kita tetap ingin hem-line terlihat dari luar. Sebenernya metode ini merupakan metode modifikasi dari lazy double cuffing, hanya saja ketika kita melakukan lipatan kedua, kita menaruh akhir dari lipatan tepat di bawah hem-line.

Faux single cuff
gambar
Faux single cuff, jika didekati, kita bisa melihat jelasnya adanya 2 lipatan
gambar


Cuffing style untuk Mengatasi Celana Jeans yang Kepanjangan
Quote:
5. Trouser Cuff


Metode yang satu ini mungkin cukup jarang digunakan. Konon sebenarnya metode ini sudah ditemukan sejak jaman dulu, ketika orang-orang ingin jeansnya terlihat seperti formal trouser dengan cuff di bagian bawah. Pada jeans, jika kita melakukan cuffing, bagian dalam jeans akan sangat berbeda dengan bagian luarnya karena weft pada jeans mendominasi bagian dalam jeans (kecuali pada jeans dengan indigo dyed warp-weft). Dengan trouser cuff, kita bisa mendapatkan cuff yang mirip dengan cuff pada celana formal, tentunya cuff yang terlihat memiliki warna yang sama dengan bagian luar jeans.

Trouser Cuff. Perhatikan warna bagian cuff yang sama dengan warna bagian celana lainnya
gambar

Trouser cuff dilakukan dengan cara melipat cuff besar ke arah dalam 1 kali, lalu kita lakukan lipatan ke arah luar. Cuff ke arah dalam dilakukan agar ketika lipatan selanjutnya yg kita lakukan mendapatkan bagian bahan yang merupakan permukaan luarnya (warp).

Trouser cuff close up
gambar


Cuffing style untuk Mengatasi Celana Jeans yang Kepanjangan
Quote:
Mitos, Fakta dan Lainnya Tentang Cuffing


Mitos mengatakan bahwa jika kita melakukan cuffing, maka fading pada bagian hem-line atau roping effect yang sering dicari para denim heads akan lambat munculnya atau bahkan tidak akan muncul sama sekali. Faktanya adalah bahwa roping effect di hem terjadi karena berbagai macam faktor kombinasi antara lain tension dari tarikan mesin jahit, reaksi bahan dengan air dan lainnya. Dengan melakukan cuff, roping effect pada hem tetap akan terjadi secara alami.
Seperti sudah dijelaskan di atas, cuffing pada umumnya akan memberikan efek kaki kita terlihat lebih pendek. Maka sebaiknya cuffing dilakukan dengan hati-hati supaya kaki anda tidak terlihat lebih pendek. Cuffing yang berlebihan seperti triple cuff atau quadruple cuff juga dapat memberikan efek yang jelek ada keseluruhan tampilan anda. Cuffing yang terlalu banyak akan memberikan efek yang sangat tebal pada bagian bawah celana, anda seperti terlihat membawa gelang kaki yang besar dibandingkan dengan sebuah cuff saja.
Sesuaikan metode cuff dan besar cuff pada postur tubuh anda, selain juga sesuaikan dengan efek yang ingin anda terapkan. Beberapa metode cuffing juga akan terlihat aneh jika dipadukan dengan keseluruhan outfit, jadi pintar-pintar lah untuk bereksperimen dengan cuffing dan cobalah untuk memadukan metode-metode cuffing dengan gaya anda sendiri!

Cuffing style untuk Mengatasi Celana Jeans yang Kepanjangan

Quote:Nah, Demikian Jenis-Jenis Cuffing yang bisa dilakukan pada Jeans atau Celana Denim, Cuffing Seperti apa Yang agan-agan suka ??
Boleh Share Disini Ya


Tambahan Dari Kaskuser

Quote:Original Posted By crazierr
Nambahin gan.
sebenernya ini sejenis cuffing roll, cuma ada modifikasi sedikit, yg kesannya aga berantakan jadi lebih rapih..
dan biasanya pengguna sneakers banyak yg pake cuffing pinroll ini.



Semoga Bermanfaat
Kalau Berkenan , boleh kasih Ane
emoticon-Blue Guy Cendol (L) emoticon-Blue Guy Cendol (L) emoticon-Blue Guy Cendol (L) emoticon-Blue Guy Cendol (L) emoticon-Blue Guy Cendol (L)

Dan Ane Sangat Menolak
emoticon-Blue Guy Bata (L) emoticon-Blue Guy Bata (L)

Dan Jangan Lupa
emoticon-Rate 5 Star emoticon-Rate 5 Star emoticon-Rate 5 Star emoticon-Rate 5 Star emoticon-Rate 5 Star

Cuffing style untuk Mengatasi Celana Jeans yang Kepanjangan


Quote:SUMBER


Terimakasih Buat para kaskuser yang sudah ngasih cendol, buat yang lainnya ditunggu Cendolnya ya emoticon-Smilie
cendol
Diubah oleh trust.denim
profile-picture
tien212700 memberi reputasi
1
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 7 dari 42
Cuffing style untuk Mengatasi Celana Jeans yang Kepanjangan
31-07-2014 10:55
Ninggalin jejak dl Gan
0 0
0
Cuffing style untuk Mengatasi Celana Jeans yang Kepanjangan
31-07-2014 10:55
Ane senengnya di stack emoticon-Big Grin
0 0
0
Cuffing style untuk Mengatasi Celana Jeans yang Kepanjangan
31-07-2014 10:55
Kalo ane lebih milih ngelipet celana ke dalem gan, kalo keluar kaya orang abis wudhu emoticon-Ngakak
btw nice thread emoticon-thumbsup
0 0
0
Cuffing style untuk Mengatasi Celana Jeans yang Kepanjangan
31-07-2014 10:57
ane baru tahu gan ngelipet denim namanya cuffing, ternyata banyak juga ya tehniknya. Kalo ane mh jarang dilipet, kalo dilipet juga palingan di lipet keluar dua kali, kalo cuma sekali suka lepas lagi lipetannya
0 0
0
Cuffing style untuk Mengatasi Celana Jeans yang Kepanjangan
31-07-2014 10:57
Wah tnyta ada ilmu nya ya.
Ane suka pke cuff beginian
0 0
0
Cuffing style untuk Mengatasi Celana Jeans yang Kepanjangan
31-07-2014 10:58
ane taunya istilah dilipat / di kelin aja gan Cuffing style untuk Mengatasi Celana Jeans yang Kepanjangan
0 0
0
Cuffing style untuk Mengatasi Celana Jeans yang Kepanjangan
31-07-2014 11:00
Quote:Original Posted By moderator234
trendnya spt ini sekarang, kalo dulu dipotong, dipermak jeansnya emoticon-Big Grin, ane emoticon-Rate 5 Stardulu gan emoticon-Kiss


makasih gan rate nya emoticon-Smilie

Quote:Original Posted By mhaikal00

Nice info gan emoticon-Rate 5 Star

makasih gan rate nya emoticon-Smilie

Quote:Original Posted By driverboysd3a
tips biar gulungan celananya gak mlorot2 gmn gan ?

habis dilipat gitu di setrika gan emoticon-Smilie

Quote:Original Posted By narunaaru
ane bangettt itu gan emoticon-Malu

siip gan lanjutkan, pake yang denim sevedge lebih bagus

Quote:Original Posted By agilebeast16
nice inpoh ganemoticon-Toast

siip gan emoticon-Smilie

Quote:Original Posted By cloning45
Nice info gan emoticon-Rate 5 Star

makasih gan rate nya emoticon-Smilie

Quote:Original Posted By regalia32
Ane biasanya gulung ke dalam gan emoticon-Cool
Ntar deh ane coba tips nya emoticon-2 Jempol
Ane emoticon-Rate 5 Star deehhh

makasih gan rate nya emoticon-Smilie

Quote:Original Posted By freeza6989
Baru tau kalo namannya cuffing gan...wk...selama ini ane paling males motong denim ane...takut rusak gan...ane lebih suka gulung aje....

siip lanjutkan gan, paduin sama sepatu nya emoticon-Smilie

Quote:Original Posted By ciko56
kok gk ada yang sama sepatu lari ya gan?
ane selama ini si cmn gulung asal asalan aja, penampilannya mah amburadul emoticon-Hammer2

buat sepatu lari tips nya seperti yang sneaker gan, lebih bagus single cuff kecil

Quote:Original Posted By swanbebek
Jd sekarang itu jd trend ya gan ? Padahal dulu yg kyk gitu jd ejekan emoticon-Hammer2

iya gan trend buat nunjukin denim selvedge emoticon-Smilie dan perpaduan dengan sepatu, bukan gulung banjir emoticon-Big Grin

Quote:Original Posted By BasinStarvation
nice inpohh..ane br tw gan

Siip gan emoticon-Smilie
0 0
0
Cuffing style untuk Mengatasi Celana Jeans yang Kepanjangan
31-07-2014 11:01
ane juga sering kaya gitu, hampir semuanya pernah kecuali yang no 3
keliatannya aneh emoticon-Bingung (S)
0 0
0
Cuffing style untuk Mengatasi Celana Jeans yang Kepanjangan
31-07-2014 11:02
Kaoi pake jeans, ane sering gitu kok ndanemoticon-Cool
0 0
0
Cuffing style untuk Mengatasi Celana Jeans yang Kepanjangan
31-07-2014 11:02
baru tau kalo kek gtu namanya cuffing gan :cendol
0 0
0
Cuffing style untuk Mengatasi Celana Jeans yang Kepanjangan
31-07-2014 11:03
biasanya gw nerapin yg poin 1, 2, dan 4. tergantung tebal dan panjang celana denim yg dipake emoticon-Embarrassment
0 0
0
Cuffing style untuk Mengatasi Celana Jeans yang Kepanjangan
31-07-2014 11:03
Ane kalo kepanjangan celana nya ane tarik lagi aja ke atas emoticon-Ngakak (S)
0 0
0
Cuffing style untuk Mengatasi Celana Jeans yang Kepanjangan
31-07-2014 11:05
Quote:Original Posted By PatiGeni
Ninggalin jejak dl Gan

monggo gan emoticon-Smilie

Quote:Original Posted By Kizuhaku
Ane senengnya di stack emoticon-Big Grin

nah stack boleh juga gan, best your choice gan emoticon-2 Jempol

Quote:Original Posted By rosi1303
Kalo ane lebih milih ngelipet celana ke dalem gan, kalo keluar kaya orang abis wudhu emoticon-Ngakak
btw nice thread emoticon-thumbsup

ya kalau gak selvedge, mending kedalem gan emoticon-Malu (S)

Quote:Original Posted By kucingpalsu
ane baru tahu gan ngelipet denim namanya cuffing, ternyata banyak juga ya tehniknya. Kalo ane mh jarang dilipet, kalo dilipet juga palingan di lipet keluar dua kali, kalo cuma sekali suka lepas lagi lipetannya

Iya gan, buat perpaduan denim selvage dan sepatu emoticon-Smilie

Quote:Original Posted By hamdi18
Wah tnyta ada ilmu nya ya.
Ane suka pke cuff beginian


siip semoga bermanfaat gan
0 0
0
Cuffing style untuk Mengatasi Celana Jeans yang Kepanjangan
31-07-2014 11:07
Bagus klo pake sepatu, klo pake sendal jepit kayak yang mau ke aer ya gan
0 0
0
Cuffing style untuk Mengatasi Celana Jeans yang Kepanjangan
31-07-2014 11:07
boljug nihh
0 0
0
Cuffing style untuk Mengatasi Celana Jeans yang Kepanjangan
31-07-2014 11:07
ane kurang suka kalo dilipat2 gan emoticon-Hammer2
0 0
0
Cuffing style untuk Mengatasi Celana Jeans yang Kepanjangan
31-07-2014 11:07
Ane main gulung gan emoticon-Cool
0 0
0
Cuffing style untuk Mengatasi Celana Jeans yang Kepanjangan
31-07-2014 11:08
Bagi2 ilmu ni gan..mantab emoticon-Jempol
0 0
0
Cuffing style untuk Mengatasi Celana Jeans yang Kepanjangan
31-07-2014 11:09
ane mah asal lipat aja, yg penting pas emoticon-Ngakak (S)
0 0
0
Cuffing style untuk Mengatasi Celana Jeans yang Kepanjangan
31-07-2014 11:09
ane biasanya pake yg double cuff gan emoticon-Cool
0 0
0
Halaman 7 dari 42
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia