kemonbrox
TS
kemonbrox
[SHARE] - Belanja di Alibaba


Halo gans, pasti uda pada tau donk situs Alibaba buatan Jack Ma, situs yang ditujukan untuk mempermudah supplier cari client dan mempermudah customer mencari supplier. Sejauh yang saya tau, situs Alibaba sendiri ada dua yaitu versi china (alibaba.com.cn) dan versi internasional (alibaba.com). Nah tujuannya dibuat thread ini biar agan-agan sekalian bisa share pengalaman dan tips belanja (atau jualan) di Alibaba, entah itu versi China atau versi internasional.

Sebenarnya udah ada thread ini, tapi beberapa info dari kaskuser jarang diupdate di page one, jadi saya coba bikin thread ini.

Okay mulai dari saya sendiri, kadang kalau cari barang saya prefer lewat alibaba.com.cn. Ini beberapa tips (dari sisi buyer) yang mudah-mudahan bisa bantu kaskuser lain.

Cara cari supplier
1. Cek udah berapa lama seller terverifikasi sebagai trusted seller.
Spoiler for Trusted Seller:

2. Contact ke suppliernya langsung untuk nanya soal produk. Bisa dengan telpon mereka langsung, telponnya gak mahal pake skype aja, saya pake yang bisa telpon 30 menit per bulan (hanya ke China) cuman kena 1 Euro per bulan. Bisa juga dengan chat sama seller melalui Wechat. Mereka mostly pada punya Wechat kok.

3. Cek shopnya seller, apakah sering diupdate. Menurut saya seller yang niat pasti sering update shopnya dengan item terbaru. Bahkan pemberitahuan libur pun ditulis gede-gede di atas.

4. Bandingin harganya dengan seller lain, kalau terlalu murah biasa saya gak berani coba, takut terlalu jelek kualitasnya. Pas bandingin harga juga musti teliti, karena harga yang di display setelah kita search satu barang itu harga dengan minimum pemesanan terbesar. misalnya :
Spoiler for harga:


5. Pembayaran menggunakan Alipay dalam Chinese Yuan/RMB. Cara ini relatif aman karena sistemnya uangnya ditaro di Alipay dulu, bukan langsung ke tangan seller. Setelah kita sebagai buyer udah terima barang, kita baru bisa confirm ke Alipay kalau barang sudah diterima dan uang bisa diteruskan ke seller. Uang yang dibayarkan termasuk ongkos kirim barang.

Cara kirim barang
Kalau saya prefer pake jasa ekspedisi yang khusus melayani import barang dari China ke Indonesia. Di Kaskus juga banyak kok yang promosi. Harganya kurang lebih sama. Jadi supplier kirim barang ke gudang ekspedisi, saya tinggal tunggu barang sampai di rumah deh. emoticon-Big Grin
Ekspedisi ini biasa ada bisa kirim by sea atau by air. Pengiriman by sea dihitung per meter kubik, masa pengiriman biasa 4-5 minggu. By air dihitung per kg, masa pengiriman biasa 7-10 hari.

Ekspedisi langganan saya :
Spoiler for ekspedisi:

Sementara yang di share itu dulu, kalau ada pertanyaan entar diupdate di page one.

Buat temen-temen lain yang udah pernah belanja di Alibaba, kalau mau share juga boleh yah emoticon-Smilie

Diubah oleh kemonbrox 02-10-2014 14:06
1
18.7K
114
Berikan Komentar
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Yuk bergabung agar dapat lebih banyak informasi yang dibagikan di Komunitas Entrepreneur Corner
Entrepreneur Corner
Entrepreneur Corner
icon
22KThread4.4KAnggota
Terlama
Berikan Komentar
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.