Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

8383KAvatar border
TS
8383K
Tingkatkan Kinerja Otak? Cobalah Bermain Game Non-action
Bermain video game di handphone dapat menawarkan hiburan tersendiri bagi seseorang. Pilihan permainan yang tepat dan tidak mengandung unsur kekerasan, diketahui bermanfaat meningkatkan kinerja otak.

Peneliti dari Nanyang Technological University di Singapura menemukan bahwa game mobile yang lebih santai dan non-action dapat meningkatkan kemampuan berpikir. Sebelumnya, telah banyak studi yang mempelajari tentang game yang mengandung unsur action atau kekerasan, sedangkan studi ini adalah yang pertama kali mempelajari tentang pengaruh game non-action terhadap otak.

"Kami juga memfokuskan penelitian terhadap game yang dimainkan melalui ponsel pintar (smartphone) dan bukan pada komputer atau game konsol," kata Michael D. Patterson, PhD, asisten profesor di Nanyang Technological University di Singapura, yang menulis studi tersebut, seperti ditulis Everyday Health, Kamis (14/3/2013).

Studi ini ingin menemukan implikasi tentang bagaimana orang menggunakan video game sebagai pelatihan. Artinya seseorang bebas memainkan game di mana pun, seperti saat menunggu bus dan tidak harus berkutat dengan komputer di dalam murah.

Peneliti membagi peserta penelitian secara acak untuk memilih permainan yang disukainya baik itu action atau non-action. Peserta yang memilih permainan non-action disediakan game yang mengandalkan memori dan bukan kecepatan reaksi, seperti 'The Sims 3' yang merupakan game simulasi kehidupan.

Peserta kemudian ditugaskan untuk bermain selama satu jam sehari, lima hari seminggu, selama satu bulan. Peneliti menemukan bahwa keterampilan berpikir masing-masing peserta didorong oleh pelatihan yang tergantung pada jenis permainan yang dipilihnya.

Berbeda dengan game 'action' yang membutuhkan reaksi cepat dan kewaspadaan visual yang lebih tinggi untuk melacak keberadaan musuh, game non-action seperti puzzle umumnya tidak memerlukan reaksi cepat. Oleh karena itu, game action dapat membuat seseorang mampu mengabaikan hal-hal di sekitarnya yang menurutnya sebagai gangguan atau pemecah konsentrasi permainan.

Sedangkan bermain game non-action justru dapat meningkatkan kemampuan untuk memilah gangguan tersebut tanpa memiliki efek negatif dari game action, termasuk agresivitas.

Sumber: [URL="http://health.detik..com/read/2013/03/14/130054/2193829/763/ingin-tingkatkan-kinerja-otak-cobalah-bermain-game-non-action?l992205755"]http://health.detik..com/read/2013/03/14/130054/2193829/763/ingin-tingkatkan-kinerja-otak-cobalah-bermain-game-non-action?l992205755[/URL]
0
2.5K
25
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.3KThread83.9KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.