Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

alipuddinsAvatar border
TS
alipuddins
REDOMINASI RUPIAH
Redenominasi Rupiah Akan Berjalan Mulai 2017, Rp 1000 menjadi Rp 1
:-D
Rencana Bank Indonesia (BI) yang akan memberlakukanredenominasi mata uang rupiahdari Rp 1000 menjadi Rp 1 direncakanan berjalan pada 2017. Hal itu dipaparkan Direktur Direktorat Kebijakan Moneter BI Perry Warjiyo.
Bank Indonesia (BI) tampaknya tidak ingin program redenominasi ini kandas. Pihaknya sudah merancang bahwa program ini akan bisa terlaksana di 2017 mendatang.
“Rancangan undang-undang (RUU) Redenominasi sudah masuk program legislasi nasional (prolegnas) di 2013. Diharapkan bisa disahkan dalam setahun, masa transisi tiga tahun dan bisa dimulai pada 2017 mendatang,” kata Perry di Jakarta, akhir pekan lalu seperti yang dilansir kompas.co m.
Perry menjelaskan bahwa dalam kajiannya selama ini, nominal 1 sen akan menjadi nilai nominal terkecil. Berarti hanya Rp 100 lama yang nantinya akan menjadi 1 sen.
“Satu sen akan menjadi nominal terkecil,” tambahnya.
Saat ini, program redenominasi hanya bergantung pada persetujuan DPR. Jika DPR mampu menyelesaikan Undang-undang Redenominasi tersebut dalam setahun, maka target pelaksanaannya juga tidak akan molor, yaitu di 2017, dengan masa transisi selama tiga tahun (2014-2016).
Senada dengan Perry, Ketua Himpunan Bank-bank Negara (Himbara) Gatot M Suwondo yakin jika redenominasi bisa diterima masyarakat. Dengan catatan, sejauh sosialisasi dilakukan dengan baik dan benar.
“Sepanjang sosialisasinya benar, saya rasa akan lebih mudah diterima,” katanya.
Menurutnya, masyarakat akan bisa menerima jika sosialisanya sudah dilakukan dengan baik karena redenominasi tersebut tidak mengurangi nilai mata uang hanya mengurangi angka nol di belakangnya saja.
Sedangkan untuk menghindari kegagalan dari redenominasi ini, pemerintah pun sudah menyiapkan antisipasi. langkah antisipasi kegagalan itu belajar dari kebijakan pemerintah tahun 1950 dan 1959 berupa sanering (pemotongan uang) dan tahun 1965 berupa redenominasi yang sempat gagal. Menurut Kemenkeu, ketiganya bisa dikatakan tidak sukses dan mereka akan meyakinkan pada tahun 2013 nanti yang akan dilaksanakan itu sudah benar dan tepat.
0
902
4
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Perencanaan Keuangan
Perencanaan KeuanganKASKUS Official
9.2KThread6KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.