Kaskus

News

Pengaturan

Mode Malambeta
Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

unknownoneAvatar border
TS
unknownone
TNI AD Ungkap Identitas Tentara Pemeras TKI
SABTU, 26 JULI 2014

TNI AD Ungkap Identitas Tentara Pemeras TKI

TEMPO.CO, Jakarta: TNI Angkatan Darat mengungkap identitas anggotanya yang diduga memeras para tenaga kerja Indonesia di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten. Setelah diperiksa, tentara tersebut bernama Sersan Satu Rosidin. "Dia berdinas di Satuan Zeni Kodam Jaya," kata Kepala Dinas Penerengan TNI Angkatan Darat Brigadir Jenderal Andika Perkasa kepada Tempo, Sabtu malam, 26 Juli 2014. (Baca: KPK: Porter dan Cleaning Service Ikut Peras TKI )


Si tentara ditangkap dalam inspeksi mendadak oleh petugas gabungan dari Komisi Pemberantasan Korupsi dan Markas Besar Kepolisian, Sabtu dinihari. Si tentara diduga ikut memeras para tenaga kerja Indonesia yang baru pulang dari luar negeri.


Sejak ditangkap, tentara tersebut ditahan di Direktorat Reserse dan Kriminal Umum Polda Metro Jaya. Baru sore tadi sekitar pukul 16.30 WIB, Rosidin diserahkan ke Polisi Militer Kodam Jaya melalui berita acara serah terima tersangka dan barang bukti. "Saat ini dia menjalani pemeriksaan hukum di Polisi Militer Kodam Jaya," kata Andika. (Baca: 18 Orang Pemeras TKI Ditahan di Polda Metro Jaya).

Menurut Andika, Kepala Staf Angkatan Darat Letnan Jenderal Gatot Nurmantyo telah memerintahkan Panglima Kodam Jaya untuk segera mengusut tuntas dugaan pemerasan yang dilakukan Rosidin. Bahkan Gatot meminta pemberian sanksi hukum yang berat jika Rosidin terbukti bersalah. "Itu sudah komitmen Pak KSAD," kata Andika.

Sebelumnya Komisi Pemberantasan Korupsi melakukan inspeksi mendadak terkait dengan pemerasan tenaga kerja Indonesia di Terminal 2F Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Sabtu dinihari. Dalam sidak itu KPK menangkap 18 orang, yang di antaranya terdapat satu personel Tentara Nasional Indonesia dan satu personel Kepolisian. "Mereka diduga pemain lama. Di antaranya ada anggota TNI AD dan Polri," kata Ketua KPK Abraham Samad di Bandara Soekarno Hatta.

Inspeksi mendadak itu juga dihadiri oleh Wakil Ketua KPK Bambang Widjajanto, Adnan Pandu Praja, dan Zulkarnain. Turut mendampingi pimpinan KPK, Direktur Angkasa Pura Trisunoko dan Kepala Badan Reserse Kriminal Markas Besar Kepolisian Komisaris Jenderal Suhardi Alius.

Sidak itu berkaitan dengan pemerasan yang dilakukan terhadap para TKI. Salah satu caranya adalah dengan memaksa para TKI untuk menukarkan uangnya dengan paksaan dan biaya transportasi. "Seperti makan, tapi langsung ditagih dengan harga yang mencengangkan," kata Bambang Widjajanto.

INDRA WIJAYA

Source:
http://www.tempo.co/read/news/2014/0...ra-Pemeras-TKI

emoticon-Hot News emoticon-Hot News emoticon-Hot News
0
3.2K
19
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
KASKUS Official
676.5KThread46.1KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.