Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

lefuzionAvatar border
TS
lefuzion
Pengalaman buruk belanja di bhinneka.com

Misi gan ane mau sharing sedikit mengenai pengalaman ane belanja di bhinneka.com baru2 ini, mungkin bisa dijadikan pertimbangan bagi agan2 disini sebelum belanja di bhinneka.com. Info ini ane sharing apa adanya tanpa dibumbui cerita lain yang dibuat2 dan ane harapkan bisa menjadi bahan perbaikan bagi bhinneka.com kedepannya.

Sebenarnya ini bukan pertama kalinya ane belanja di bhinneka.com, ane sudah beberapa kali belanja di bhinneka.com namun hanya sebatas pembelian barang dengan nilai hrg yang ngga seberapa (tinta printer, mouse, dll). Baru kali ini aja ane coba beli barang dengan nilai harga yang lumayan yakni berupa laptop. Dan jujur aja ini pengalaman online shopping ane yang paling buruk!



Laptop yang ane beli Lenovo Thinkpad Yoga dengan harga Rp 17.500.000,- dibeli hari Senin, 28 April 2014 tiba di tempat ane 2 hari kemudian, Rabu, 30 April 2014. Setibanya laptop tersebut yang pertama kali ane cek adalah kondisi screen, terus terang aja sebelumnya ane sudah 2 kali kedapatan unit yang cacat screennya (dead pixel), tapi ini pembelian dari toko yang berbeda. Unit ketiga, awalnya ane agak ragu membeli laptop ini lagi secara online, tapi setelah mendengar penjelasan dari Bpk Hari (cs bhinneka) bahwa setiap pembelian laptop akan dilakukan pemeriksaan unit (QC) dulu sebelum dikirim, akhirnya ane putuskan untuk membeli unit ini dari bhinneka. Setelah unit tiba ternyata kondisinya ngga jauh beda dari unit2 sebelumnya, cacat screen juga, tidak berupa dead pixel tapi warna kekuning2an di pojok kanan atas (bukan screen light bleed).





Yang jadi pertanyaan, saat QC di bhinneka itu sebenarnya pemeriksaannya meliputi apa saja sih? kenapa masalah seperti ini akhirnya lolos juga ke customer? yang pada akhirnya membuang2 waktu dan energi si customer.

Melihat kondisi unit tersebut ane segera call ke cs bhinneka.com untuk melaporkan masalah ini, oleh cs yg melayani disampaikan bahwa laporan ane telah dicatat dan disarankan untuk menunggu email dari dia mengenai prosedur pengembalian unitnya. Ane tunggu sampe sore ngga ada kabarnya, sekitar jam 4 sore ane tlp lagi diterima pak rifky bag. service, anehnya menurut pak rifky belum ada laporan masuk mengenai ini. Akhirnya ane harus ceritakan ulang lagi problemnya dan ane kirimkan foto screen yang bermasalah tersebut. Sekitar 30 menit kemudian ane dihubungi lagi oleh pak rifky dan diminta untuk mengirim kembali unit tersebut ke service centre bhinneka dan diberi no id service (techlog): LM140400L5. Sore itu ane langsung kirim balik laptopnya menggunakan jne yes dengan no resi: DPSB900072037414



2 hari kemudian, Jumat, 2 Mei 2014 sekitar jam 5 sore ane call ke bag. service diterima oleh pak sugiyono dikatakan barang masih belum masuk. Disaat yang bersamaan ane titip pesan ke pak sugiyono, “minta tolong kalau laptop saya tiba malam ini supaya bisa di prioritaskan proses pemeriksaannya” ane ceritain juga pengalaman ane yang sudah 2 kali kedapatan unit cacat. Respon dari pak sugiyono, "baik pak begitu laptop bapak tiba kami akan dahului proses penggantiannya, saya sudah titip pesan juga ke engineer2 disini".

Hari Sabtu, 3 Mei 2014 pagi hari ane coba trace no resi jne pengiriman kemarin, shock ane gan, ternyata barang sudah diterima sejak jumat kemarin pukul 11:58 diterima oleh Bpk Budi (ktnya salah satu engineer disana). Tidak berselang lama ane langsung aja call bag service bhinneka, kebetulan diterima org yang sama, pak sugiyono. Ane pura2 ngga tau aja kalau sebenarnya ane sdh sempat trace pengiriman kmrn.



Berikut kurang lebih pembicaraannya:

Ane: "Pak ini krishna pemilik thinkpad yoga yang tlp kemarin"

Sugiyono: "Maaf pak saya tidak/kurang ingat kita banyak handle customer bisa minta id servicenya pak?"

Ok ane kasi no id nya. Setelah menunggu beberapa saat, dia mengatakan barangnya masih belum masuk. Langsung aja emosi ane melonjak gan.

Ane: "Pak saya sudah trace lewat website jne, status barangnya itu sudah delivered dan diterima oleh bhinneka sama bpk budi kemarin siang"

dengan enaknya dia merespon..

Sugiyono: "mungkin sudah tiba di jakarta tapi masih di kantor jne pak belum diantar ke bhinneka, kan kemari kita sempat cek sama2 status resinya"

Ane: Coba lebih serius lagi dong ngeceknya disana!"

beberapa menit kemudian dia balik..

Sugiyono: "Betul pak ternyata sudah diterima oleh bpk budi sejak kemarin tapi hari ini sabtu engineernya tidak ada pak, paling senin baru bisa ditangani pak"

Ane: "Sudah tau gitu kenapa kemarin ngga langsung diproses pak?! kan saya sudah titip pesen kemarin supaya jangan lama2 saya butuh banget sama laptop ini"

Sugiyono: "Iya karena kemarin yang menerima pak budi dan dia tidak info ke saya, kerjaan saya juga banyak pak customer kita tidak cuman satu ini, saya tidak mungkin setiap jam cek penerimaan barang pak"

Ane: "Pak pernah denger istilah customer adalah raja kan? kok yang saya rasakan saat ini ngga mencerminkan itu ya?"

Sugiyono: "Silahkan pak kalau bapak merasa demikian yang pasti saya sudah berusaha maksimal"

Ane: "Terus gimana dengan laptop saya pak kapan prosesnya selesai?"

dengan entengnya dia menjawab…

Sugiyono: "Paling 3 hari lagi pak"

Ane: “Waduh kok ribet juga ya mau retur barang, di online store lain saya ngga ada masalah tuh refund prosesnya cepat apalagi cuman tukar unit”

Sugiyono: “Iya memang di bhinneka beda pak kita..”

langsung ane potong aja …

Ane: “Betul pak beda, lebih ribet!”

Kalau dihitung berapa hari waktu ane yang terbuang: 2 hari untuk beli brgnya sampe barang tiba + 1 hari untuk kirim balik + 1 hari untuk komplain mengenai status penerimaan brg yg ngga jelas + 3 hari untuk pemeriksaan apakah brg layak ditukar atau tidak + 2 hari lagi untuk pengiriman kembali ke tempat ane. Total: 9 hari! kalo ditambah libur tgl 1 mei kemarin + hari minggu jadi 11 hari gan waktu ane yang terbuang! itupun kalau unit penggantinya nanti ngga bermasalah lagi.

Kalau begini pelayanan “Indonesia’s No.1 Online Store” gimana yg No.2 atau No.3 nya ya..?
Diubah oleh lefuzion 03-05-2014 12:30
0
20K
33
Thread Digembok
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Surat Pembaca
Surat PembacaKASKUS Official
13KThread2KAnggota
Terlama
Thread Digembok
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.