Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Jalan-jalan dari St. Ps.Minggu ke St. Jakarta Kota naik kereta [pic]

hanottamaAvatar border
TS
hanottama
Jalan-jalan dari St. Ps.Minggu ke St. Jakarta Kota naik kereta [pic]
KASKUSER emoticon-I Love Indonesia (S) emoticon-I Love Kaskus (S)

Halo agan-agan,
sore itu kondisi cuaca enak banget, tapi rasanya malas kalau cuma ada dirumah, mikir-mikir kemana ya pengan jalan-jalan. muncul ide ketika di kamar ane yang ada di lantai 2 terdengar sayup-sayup suara peringatan palang pintu kereta api (ngiuunngg.. ngiuunng..) begitu kira2, rumah ane gak jauh dari palang pintu kereta api. akhirnya ane iseng jalan aja sendirian cuma buat ngabisin waktu karena juga lagi Puasa skalian ngabuburit. waktu itu sekitaran jam 3 sore, hari sabtu.
langsung ane berbegas ke Stasiun kereta api Pasar minggu (Jaksel), stasiun yang paling deket dari rumah ane. kali ini ane gak bawa mobil atau motor, ane naik angkutan umum

sesampainya di Stasiun Pasar minggu, ini penampakan di Loket pembelian Tiket Keretanya :
Spoiler for pic:


antrian lumayan panjang gan, gatau ada apaan. ini aja harinya sabtu, gak kebayang kalau pagi atau sore, pokoknya jam2nya yang crowded orang mau berangkat kerja atau pulang kerja. lumayan lah antrinya disini sampe kira2 5-7 menit, soalnya loketnya juga dikit yang dibuka.

setelah membeli tiket, langsung jalan lewatin sini gan, untuk menuju ke Peron kereta (tempat naik keretanya) :
Spoiler for pic:


ini cukup baik buat pelayanan pelanggan, ada securitynya, trus ada gatenya, tanpa pemegang tiket elektronik, gate gak akan bisa berputar, jadi kita gak bisa lewat tanpa menempelkan tiket elektronik kita berupa kartu gitu ke benda itu gan. security nya juga suka membantu kalau ada kesusahan atau alatnya rusak. ini bagus. pelayanan dari Commuterline ini patut di acungi jempol. semua rapi, bersih (ada Cleaning Service nya), dan teratur. security juga di tugaskan untuk mengusir kalau ada pedagang kaki lima atau pengamen2 gitu. jadi kenyamanan pelanggan/penumpang terjamin (ada sistem Quality Control)

penampakannya lagi :
Spoiler for pic:


desainnya minimalis tapi baguslah, terkesan modern, gak kalah kayak diluar negeri gitu gan. kayaknya di semua stasiun, konsep designnya sama. dibuat dari bahan aluminium dan Kaca, menyerupai bentuk halte busway emoticon-Big Grinanyway, stasiun Ps.Minggu ini tergolong stasiun yang lumayan gede, soalnya ada 4 jalur/4 peron di stasiun ini gan. di depan stasiun ini juga langsung berhadapan dengan pasar minggu nya sendiri yang gede banget dan sebelah pasarnya ada Terminal Bus Pasar Minggu, kebayang kan Crowdednya di luar... emoticon-Ngakak (S)

sesampainya di Peronnya :
Spoiler for pic:


bersih banget dan gak ada sampah sama sekali gan. ini peningkatan banget dari tahun tahun sebelumnya, dimana stasiun Pasar minggu dulunya di sesaki oleh pedagang dan pengamen, sampah dimana-mana, pokoknya dulu terkesan gaknyaman dan jorok, bikin males naik kreta, mending pake motor atau kendaraan moda transportasi lainnya. ane juga kemarin ngeliat ada beberapa cleaning service yang sapu2in dan bersih2in.

beberapa saat kemudian datang kereta menuju ke Bogor (bukan tujuan ane) :
Spoiler for pic:


ane foto bagian belakangnya :
Spoiler for pic:


keretanya bagus diliat dari luar, gak ada coret2an, gak ada orang2 yang naik di atap, penumpang naik juga pada tertib, antri dan saling menghargai sesama penumpang. ini kereta buatan Jepang, Indonesia membeli kereta Bekas ini dari Jepang gan, kereta ini di Jepang juga dipakai untuk moda transportasi massa persis seperti yang ada di Jabodetabek ini. kereta menggunakan tenaga listrik utk pengoperasiannya jadi ramah lingkungan, gak ada polusi sama sekali, suara kereta juga jadinya Alus banget, gak berisik di dalam gerbongnya/kabinnya. jalannya juga cukup cepat, makanya kereta sekarang sampai ada Jadwal kedatangannya, karena bisa di prediksi dari jarak sekian, kecepatan rata-rata sekian, bisa sampe berapa menit/jam, dengan kondisi Rel yang baik dan lancar, di pelihara oleh pihak commuterline terus secara berkala, supaya perjalanan aman dan lancar, kereta juga jadi optimal pengoperasiannya, menghasilkan kenyamanan pada para pengguna moda transportasi jenis ini. emoticon-thumbsup

sambil nunggu kereta ane datang yang tujuan akhirnya stasiun Jakarta kota, ane jalan2 sampe ke ujung bagian peron buat liat2 kondisi stasiun ini secara keseluruhan. nyaman gan sekarang naik kereta dari sini. ane ngerasa aman walaupun kondisi saat itu sepi stasiunnya.

akhirnya kereta datang dan ane langsung naik :
Spoiler for pic:


dalamnya gak begitu rame penumpang, mungkin ini hari sabtu kali ya, dan udah sore jam 3an, jadi ya bgini kondisi dalamnya.
nah, untuk bagian dalam ini, terdapat beberapa security yang ane liat, menjaga keamanan dan ketertiban para penumpang. lantai juga sangat bersih dan hampir gak ada sampah2, ane juga kayaknya liat deh ada cleaning service di atas kereta ini. untuk kenyaman, ane duduk di bangku yang terasa cukup empuk dan enak, AC juga cukup dingin, ya kayak AC di Busway gitulah, mungkin suhunya Antara 24-25 derajat celcius. kereta yang ane naikin ini hampir sama modelnya sama kereta yang gambar diatas tadi, cuma ini beda modelnya aja. rata-rata, kereta jabodetabek sekarang itu modelnya sama untuk cabin dalamnya. tempat duduk berhadapan 1 baris dan ruangan yang lebih luas untuk para penumpang yang naik dengan berdiri. sistem ini dibuat agar bisa menampung lebih banyak penumpang dalam kereta ini. kereta yang ane naikin ini berangkat dari Stasiun Bogor dan tujuan akhir di stasiun Jakarta Kota.

kira-kira 45 menit, ane sampai di stasiun Jakarta kota :
Spoiler for pic:


ini penampakan kereta yang ane naikin gan. bagus keretanya emoticon-Belo
kalau ente perhatiin itu masinisnya turun dari kereta gan, kayaknya mau laporan kalau dia sudah sampai di stasiun ini (jaket item, pake tas, pake topi, sepatu pantopel). kereta ini, jalannya ngebut juga gan, ane perkirakan kecepatannya bisa 60-85 km/jam. selama perjalanan dari stasiun Pasar minggu ke Jakarta kota. untuk ke stasiun jakarta kota ini, kereta juga melewati jalan/rel Levitation (layang), lewatin stasiun gambir dll, trus relnya turun, sampai di stasiun jakarta kota yang ada di darat (bukan stasiun layang).

nah, beberapa penampakan stasiun Jakarta Kota sebagai berikut :
Spoiler for pic:


dari foto diatas keliatan, beberapa fasilitas Restoran seperti A&W, J.Co, ada juga KFC, 711 dan lain lain di stasiun kota ini. enak kalau mau jajan-jajan. modern lah. juga ada Gate otomatis, jadi yang bisa masuk ke dalam peron, harus pakai tiket elektronik dan di tempelin ke gate, supaya bisa lewat. security banyak banget jagain disini gan, untuk mebantu dan jagain kalau ada pengamen atau pedagang asongan biar ga bisa masuk. kondisi peron jadi steril, khusus penumpang aja yang bisa masuk.

stasiun jakarta kota :
Spoiler for pic:


stasiun ini masih menjaga ke aslian desainnya, dari jaman Belanda dulu, mungkin udah ratusan tahun. dipugar cuma di cat dan diperbaiki kalau ada yang rontok-rontok atau bocor atapnya. ane seneng liatin arsitektur dan bentuknya, kesannya Eropa banget stasiun ini. stasiun ini, adalah pemberhentian terakir, dari kereta yang berangkat dari Bogor, Depok dan lainnya. stasiun cukup ramai gan, sampe ada orang-orang yang duduk dibawah. entah nunggu kreta atau antrian tiket emoticon-Cape d... (S). gak ada tukang asongan, gak ada pedangang kaki lima juga. banyak security dan cleaning service, sehingga kenyamanan penumpang cukup terjaga, kondisi juga tertib dan aman walaupun rame.

nah, setiap harinya, khususnya hari kerja (weekdays) banyak banget orang-orang yang pakai moda transportasi kereta listrik ini, jumlah penumpangnya sampai jutaan setiap harinya dengan berbagai tujuan (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi). ane cukup salut atas perubahan yang cukup baik dan signifikan dari tahun-tahun sebelumnya, yang dulunya bisa dibilang semrawut, sekarang udah beda banget. tertib, aman, bersih, nyaman dan mudah. kereta juga udah banyak banget armadanya/rangkaiannya, jadi gak usah kawatir kalau kereta penuh, tinggal tunggu kereta selanjutnya aja yang agak sepi. jeda waktu gak begitu lama antara perjalanan kereta 1 dan lainnya (jeda 10 - 15 menit).

cerita jalan-jalan ane cukup sampai segitu gan, setelah itu ane langsung balik lagi emoticon-Ngakak (S) ane suka nulis-nulis hal yang simpel tapi seru dibaca dan ditambah dengan foto-fotonya. mudah-mudahan bisa menjadi manfaat dan pengetahuan baru bagi agan sekalian emoticon-Malu (S) dengan tulisan yang simpel ini ane mau coba membuka mata melihat lingkungan dan kehidupan yang ada di Indonesia ini, ada yang bisa menjadi motivasi dan inspirasi buat kita, seprti contohnya perkembangan Comuterline yang ada di Jabodetabek ini. Manajemen yang baik, Manusia-manusia yang bekerja dengan baik, penuh dedikasi dan kreatifitas hanya demi memberikan pelayanan kepada para pengguna Jasanya, agar mereka puas dan nyaman, menjadi pelanggan setia. mudah-mudah2an perkembangan transportasi Indonesia bisa lebih maju lagi emoticon-I Love Indonesia (S) , jangan kalah sama negara tetangga!

salam Kaskuser,

emoticon-Toast emoticon-Rate 5 Star

emoticon-I Love Indonesia (S) emoticon-I Love Indonesia (S) emoticon-I Love Indonesia (S)
emoticon-I Love Kaskus (S) emoticon-I Love Kaskus (S) emoticon-I Love Kaskus (S)
Diubah oleh hanottama 15-08-2014 07:24
0
11K
97
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.1KThread83.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.