Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

minpinAvatar border
TS
minpin
Menkominfo: Teknologi CDMA Sudah Ketinggalan Zaman!


Liputan6.com, Jakarta 4G LTE (Long Term Evolution) menjadi teknologi telekomunikasi termutakhir yang dimanfaatkan banyak negara maju di dunia. Indonesia dikabarkan tengah mempersiapkan diri mengadopsi teknologi internet super cepat tersebut.

Salah satu teknologi yang akan digusur untuk membawa 4G LTE ke Indonesia adalah CDMA. Pemerintah menganggap teknologi komunikasi yang diberi lisensi Fixed Wireless Access (FWA) itu sudah lawas dan usang.

"CDMA itu sudah out of date, teknologinya ketinggalan zaman. Kita harus pakai teknologi yang lebih baru untuk masyarakat," kata Tifatul Sembiring, Menteri Komunikasi dan Informatika saat dijumpai tim Tekno Liputan6.com di Jakarta.

Sebagai langkah persiapan, Kementerian Kominfo sedang melihat berbagai pertimbangan sebelum menentukan frekuensi mana yang akan dijadikan lokasi digelarnya 4G. Ketika teknologi itu hadir, maka penyelenggara layanan komunikasi berbasis CDMA dan GSM bisa ikut masuk sebagai pemain 4G.

Tifatul mengaku, pihaknya sedang mempersiapkan pemakaian 4G LTE di Tanah Air. Rancangan aturan yang mengatur penyelenggaraan 4G LTE diklaim oleh menteri hobi pantun itu sedang disiapkan.

Patut diketahui, Indonesia sudah memiliki penyedia layanan telekomunikasi yang menyediakan layanan 4G LTE. Memakai frekuensi 2.300 Mhz, PT Internux menjadi operator 4G pertama di Indonesia yang melayani pelanggan di area Jabodetabek dan sekitarnya.
(Iskandar)

Sumber

Kalo menurut ane, CDMA itu masih banyak pengembangannya, cm operatornya doang terbelakang kita, pake kuota2 segala.

EVDO Rev 0 (Evolution-Data Optimized) generasi pertama dari EVDO. Kecepatan Download hanya up to 2 Mbps dalam lingkungan mobile. EVDO Rev A adalah perkembangan dari EVDO Rev O. Kecepatan mengunduh dan menggunggahnya semakin tinggi. EVDO Rev A sudah memungkinkan penggunanya untuk mengakses layanan telepon seperti suara dan videocall. Layanan ini dengan memanfaatkan jaringan IP (Internet Protocol). Karena itu, pemakaian jakur suara tidak akan berpengaruh pada kecepatan akses data.

EVDO Rev B perkembangan lanjutan dari EVDO Rev A. Jaringan EVDO Rev B merupakan bagian pengembangan CDMA2000. Di jaringan ini memungkinkan pengguna untuk mengakses konten multimedia. Dan tingkat kecepatan yang lebih tinggi dibanding dengan generasi sebelumnya.Teknologi EVDO sudah banyak diadopsi oleh provider di Indonesia. Salah satunya adalah Smartfren. Modem USB Smartfren tersedia dalam EVDO rev.A dengan kecepatan download up to3.1Mbps dan kecepatan upload up to 1.8 Mbps. Sedangkan EVDO Rev. B memiliki kecepatan download up to 14.7Mbps dan upload up to 5.4 Mbps.

sumber

INTERNET CEPET BUAT APAAAAA!!!!


BUAT MINDAHIN INI




Spoiler for "Singkat kata":
Diubah oleh minpin 24-07-2014 07:44
viniest
viniest memberi reputasi
1
10.2K
119
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671KThread40.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.