Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

syngates7xAvatar border
TS
syngates7x
[info] macam-macam pisang yang unik gan..
Assalamualaikum wr. wb




selamat pagi agak siang gan/sist emoticon-Kiss
disini ane mau share, tentang pisang-pisang yang unik gan emoticon-Matabelo

maaf sebelumnya kalo acak-acakan dan berbau emoticon-Blue Repost

oke gan, langsung ajaa....

pertamaxx


Pisang tongkalangit, pisangnya unik gan.. buahnya tumbuh keatas, nggak kebawah emoticon-Matabelo


Pisang ini berasal dari Ambon. Tidak seperti halnya pisang yang sering kita jumpai sehari-hari. Pisang yang satu ini memiliki keunikan dan ciri khas yang membuat orang penasaran ingin mengetahui bagaimana bentuk asli dan rasa pisang tongkalangit ini.

Mengapa pisang ini dinamakan pisang tongkalangit? Penamaan tongkalangit bukan berarti pisang ini bertetangga dengan langit yang diatasnya. Namun karena pisang ini memiliki bunga yang unik, yaitu pertumbuhannya mengarah tegak keatas menghadap langit. Sehingga saat bunga mulai berkembang dan menjadi buah secara seluruhnya, pisang pun juga akan tumbuh besar dengan tankai dan buah menghadap ke atas.

Pisang tongkalangit memiliki ukuran yang sangat besar yang berbeda dengan pisang lainnya yaitu panjangnya 17-23 centimeter, berat sekitar 250-300 gram. Ukuran tersebut sangat bisa menjadi pilihan untuk mengganjal perut anda yang sedang lapar meskipun hanya memakan 2 atau 3 pisang. Tinggi tumbuhan pun beragam, yaitu antara 5-7 meter sesuai dengan tingkat kesuburan tanah. Pisang tongka ini adalah pisang yang tumbuh dengan spesifik, dan selama ini hanya bisa tumbuh subur di Pulau Ambon, Sapurua, Haruku, Nusalaut dan Seram. Apabila pisang ini ditanam di luar daerah persebarannya biasanya tidak bisa tumbuh subur, bahkan bisa mati. Pisang ini akan tumbuh subur pada tanah dengan tekstur liat dengan topografi standar dan bergelombang dengan ketinggian 0-400 meter di atas permukaan laut dan kemiringan 4-15 persen serta tingkat keasaman tanah sekitar 4,5-7,3. Sedangkan untuk umur panen yakni 7 bulan setelah berbunga dengan warna buah ketika sudah masak yakni merah-orange.

Pisang tongkalangait tidak hanya bisa digunakan untuk mengganjal perut yang lapar. Menurut penuturan orang Ambon, pisang ini memiliki khasiat untuk memberikan energi yang ekstra bagi orang yang memakannya, terutama untuk para lelaki. Untuk pengolahannya, pisang ini diolah menjadi tepung pisang yang kemudian digunakan untuk membuat berbagai jenis olahan makanan, seperti cake, keripik pisang, dan masih banyak lainnya. Pisang dan olahannya sangat populer di Ambon, bahkan menjadi makanan oleh-oleh khas bagi pengunjung yang datang ke Ambon. Banyak orang yang datang ke Ambon tidak hanya untuk berlibur tetapi juga datang dengan tujuan untuk ingin menikmati pisang tongkalangit dan olahan"nya. Untuk harganya relatif murah dan dijamin tidak akan menguras isi dompet anda. Harganya berkisar antara 15 sampai 20 ribu /kipas. Menarik untuk dicoba kan?
sumber

keduaxx

pisang paling panjang tandan'nya gan.. emoticon-Matabelo


Ini benar-benar unik dan langka. Pohon pisang yang dimiliki oleh Untung (50) Warga RT 31 Kelurahan Payo Lebar, Kota Jambi terbilang tidak lumrah.

Pohon dengan tinggi sekitar 7 meter dan ditanam di depan rumahnya tersebut mempunyai tandan sepanjang empat meter. Jauh dari ukuran tandan pisang kebanyakan.

Tribun Jambi/Bandot Arywono Pisang ini tandannya setinggi 4 meter
Tandan pisang jenis pisang seribu ini menjuntai hingga hampir menyentuh tanah.

"Pohon ini sudah dua kali ini berbuah seperti ini, bahkan sebelum ini tandannya sampai menyentuh tanah," kata Untung yang merupakan pegawai di SDN 15 Kota Jambi, Jumat (22/7/2011).

Dikatakannya umur pohon pisang tersebut sudah hampir setahun sejak pertama kali ia tanam.
sumber

ketigaxx

pohon pisang yang bercabang gan... emoticon-Matabelo


Menurut Saring, awalnya pohon pisang tumbuh dengan normal. Namun semakin hari semakin terlihat keanehannya, dimana bagian batang pohon terbelah menjadi bercabang dua.

Keanehannya semakin menghebohkan warga ketika memasuki fase berbuah. Lantaran, dari dua cabang batang pohon itu terlihat ada enam jantung (bakal buah) yang mulai tumbuh, hingga akhirnya muncul buah.

Setiap hari warga yang melihat selalu mengatakan pohon pisang aneh. Menyadari keanehan itu, Saring sebagai pemilik semakin serius merawatnya, dan dia tidak akan menjualnya.

Ketika buah mulai tumbuh besar, warga semakin banyak yang penasaran ingin melihat keanehan tersebut. Bahkan, pohon pisang yang ditanam Saring itu sudah mempunyai bibit baru dengan jumlah cukup banyak.

“Sudah banyak warga yang mau membeli bibitnya, mereka ingin menanam keturunan pohon pisang aneh ini. Warga dari luar Kota Banjar juga ada yang sengaja datang ke sini. Tapi untuk sekarang saya belum mau menjualnya,” tutur Saring, saat ditemui HR, Selasa (22/10).

Roni, salah seorang warga sekitar, mengatakan, pohon pisang milik tetangganya itu sudah mulai terlihat aneh sejak dua bulanan. “Makanya setiap hari di depan rumah Bapak Saring ada saja orang yang melihat-lihat pohon pisang itu, karena tumbuhnya beda dengan pohon pisang seperti kebanyakan,” kata Ron
sumber

keempatxx

pisang dengan tandan terbanyak gan.. emoticon-Matabelo


banyak banget kan gan tandan'nya? coba ente bayangi misal semua pisang udah mateng? emoticon-Bingung (S)
sumber

kelimaaa

pisang terbesar gann emoticon-Matabelo


Ada sebuah pisang hasil hibrida yang diberi nama Rhino Horn Plantain. Pisang jenis ini, panjangnya bisa mencapai 60 cm, sedangkan pisang pada umumnya hanya mencapai 32 cm. Meski ukurannya yang sangat panjang dan terlihat mengerikan, tapi buah pisang hibrida ini memiliki rasa yang lezat ketika langsung dimakan ataupun setelah digoreng terlebih dahulu. besar banget yaa gan, makan 1 aja pasti dah gak muat perut ane gan emoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
sumber

keenammmm

pisang yang warnanya pinkk gann emoticon-Kiss


Berapa banyak warna pisang, tahukah Anda? Kita sering menemukanpisang hijau, kuning, emas, dan kehijauan merah. Dan fakta bahwa menemukan pisang merah muda, mungkin sedikit aneh dan unik.

tapi memang sebenarnya.TentangTanaman PisangPinkPink Pisang Pohon adalah pohon kecil, tumbuh hanya sekitar 4 sampai 5 meter. Tidak seperti kebanyakan pohon pisang, buah-buahan Pink Banana Tree ditutupi dengan rambut beludru, keren kan gan??? emoticon-Matabelo
sumber

terakhirrr

pisang nano-nano gan emoticon-Ngakak


SUKABUMI-Warga Kampung Cilubang RT 04/11 Desa Hegarmanah Kecamatan Cicantayan geger dengan munculnya pohon nangka di kebun milik Sirojudin. Percaya atau tidak, tapi faktanya nangka ini berbuah pisang dan rasa pisangnya seperti durian.
Sontak penemuan ini, membuat warga sekitar penasaran dan berbondong-bondong menyaksikan serta merasakan rasa buah pisang dari pohon nangka ini.
Menurut Sirojudin, keanehan pohon nangka miliknya ini saat pohon nangka ini berbuah. Saat buah nangka ini tumbuh lama kelamaan tak wajar dengan berbuah pisang. Nah, saat matang buang nangka berbentuk pisang ini rasanya seperti buah durian. "Pohon nangka ini untuk kedua kalinya berbuah pisang dengan rasa durian. Bagi saya merupakan anugrah Allah SWT," kata Sirojudin kepada Radar, kemarin.

Sebagian warga menduga buang nangka langka ini terjadi sebagai hasil persilangan tak sengaja antara pohon nangka dan pohon pisang, serta durian. Sebab, pohon nangka berbuah pisang tersebut ditumbuhi pisang yang jaraknya berdekatan.
Pantauan wartawan koran ini, karena banyaknya warga yang melihat nangka langka itu, Sirojudin bakal memasang kotak amal di kebunnya. "Hasil infaq dari warga ini, Insya Allah digunakan untuk pembangunan sarana keagamaan," terangnya. WE-O-WE banget gann emoticon-Matabelo
sumber

oke gan, cukup segitu dulu trit ane. .jika bermanfaat, bisa dong kasih ane emoticon-Toastdan emoticon-Rate 5 Star
jangan lupa komeng juga gan emoticon-Kissemoticon-Kissemoticon-Kissemoticon-Kissemoticon-Kissemoticon-Kissemoticon-Kiss
1
16.3K
38
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.2KThread83.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.