Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

afaf15Avatar border
TS
afaf15
Tradisi di Bulan Ramadhan
Tradisi di Bulan Ramadhan



Bulan Ramadhan udah mau abis tapi ane baru bikin Thread tentang Ramadhan emoticon-Ngakakemoticon-Hammer2 sebenarnya mau tulis dari sebelum puasa tapi karena ada hambatan jadi baru bisa sekarang emoticon-Sorryemoticon-Sorry


Alhamdulillah bulan ini ketemu lagi sama bulan Ramadhan emoticon-Mewek bisa sahur bareng keluarga walaupun sekarang sepi cuma ber4 >,< , bisa terawih lagi , bisa denger orang tadarusan dimesjid/langgar setiap malam, buka bareng sama keluarga besar dan juga buka bareng temen-temen sekolah atau temen yg sdh lama ga ketemu emoticon-Kiss


Di bulan puasa juga ada tradisi atau hal-hal yang ga ada/yang ga biasanya dilakuin dibulan yg lainnya . contohnya tuh ini nih :

1. Bangunin Orang Sahur

Tradisi di Bulan Ramadhan

Tradisi di Bulan Ramadhan


biasanya sih orang sekitar rumah bilangnya 'klenongan' gatau bahasa apaan, ini udah tradisi banget entah anak-anak, remaja, orang dewasa pada keliling sambil begendangan buat bangunin org kampung/org disekitarnya untuk sahur. dari umur ane masih balita yang takut sambil ngintip-ngintip dijendela gitu gara-gara ga ngerti kenapa ada orang begendangan keliling dipagi buta bolak balik sampai umur sekarang pun masih ada juga ini . kadang suka kesel sama mereka ,jam 1 atau 2an sudah begendangan .ganggu tidur bangettt .


2. Buka Bersama

Tradisi di Bulan Ramadhan


ini nih yang juga suatu tradisi , kadang hal ini bisa bikin bingung mau bukber dimana , tanggal berapa . kalau mau buka bareng siapa nya sih gampang . entah sama pacar (bagi yang punya wkwk) , sama temen, sama mantan juga boleee :3:3:3 biasanya sih di mesjid-mesjid juga ada ngadain buka bareng .



3. Ngabuburit

Tradisi di Bulan Ramadhan


mulai dulu sampai sekarang masih ga tau kenapa dinamain ngabuburit , yang jelas ngabuburit itu kegiatan yang dilakukan seseorang untuk menghabiskan waktunya menjelang waktu untuk berbuka puasa tiba, misalnya ngumpul sama temen-temen atau siapa aja entah itu mau nonton dvd bareng , ceritaan asal bukan gosip, ngemall ,ke pasar Ramadhan buat cari makanan buka puasa atau jalan kemana aja yg bikin ga terasa tiba-tiba udah mau buka puasa ajeeeee.


4. Solat Terawih


Tradisi di Bulan Ramadhan


entah ini cuman di mesjid deket rumah ane atau disetiap mesjid . ini pasti banget dan bisa ketebak setiap tahunnya. malam pertama solat terawih pasti mesjid penuh banget sampe tumpe tumpe deh wkwk . besoknya masih penuh tapi muat lah ga berdesakkan kaya hari pertama . habis itu seminggu kemudian udah mulai berkurang terus setengah bulannya berkurang lagi sampai seminggu menjelang lebaran cuman 2 shaf doangemoticon-Bingung (S)..emoticon-Sorry


5. Solat Subuh di Mesjid


kalau untuk kaum lelaki ini sih sudah biasa lah ya . nah ini yang dimaksut bagi kaum perempuan . yang biasanya solat di rumah jadi ikutan solat kemasjid. biasanya sih ane sama temen-temen deket rumah atau sepupu selalu janjian ya walaupun kadang sudah janjian tapi batal gara-gara salah satu nya ketiduran .

terus kalau sudah selesai solat pasti jalan-jalan kemana gitu jalan kaki doang atau main badminton atau main monopoli gitu , tapi ya sekarang udah galagi . makin begede makin malas ngelakuin kegiatan , apalagi ada sinetron CHSI emoticon-Ngakakemoticon-Malu (S)emoticon-Malu (S)


6. Tadarus


Tradisi di Bulan Ramadhan


bulan Ramadhan itu enaaaak aja gitu ngerasa aman aja hati sejuk . soalnya habis solat terawih sampai malam jam 11an kayaknya pasti dimesjid ada yang tadarus gitu . dan ga cuman 1 mesjid aja tpi ditiap mesjid tapi ya tergantung ditempat tinggal nya masing-masing lagi sih tp kalau ditempat ane disetiap ada mesjid pasti jd dari arah mana aja ada suara orang ngaji dari mesjid.

jadi inget dulu pernah mau ikutan tadarus di langgar deket rumah dianterin sama Papah tapi gajadi wkwk gara-gara sakit perut kedinginan ,soalnya waktu itu baju nya basah , jadi pulang dulu ganti baju tapi ga balik lagi gara-gara malas emoticon-Hammer2maaf ya teman-teman waktu itu ane phpin.



7. Mantengin Adzan Maghrib

Tradisi di Bulan Ramadhan



ngaku deh siapa yang beginiemoticon-Ngakak. kalau hari pertama itu masih ga kerasa laper atau hausnya , bahkan masih ga terasa kalau puasa , kadang-kadang masih aja latah mau makan/minum gitu mungkin udah temakan/teminum kalik.

nah kalau sudah pertengahan puasa atau dekat-dekat lebaran behhh itu terasa banget laper dan hausnya . terasa juga lemas nya . tp keep fighting qq.


8. USIL!

mau di BBM, Line, Twitter, Instagram atau di jejaring sosial mana aja pasti deh ada aja yang usil ditengah hari lagi panas-panasnya lagi haus atau lapar yang masang atau upload poto makanan atau minuman yang bikin ngiler mendadak. terus habis itu ada yang marah-marah,kesel,sebel atau biasa aja liat kelakuan orang usil itu wkwk.

Tradisi di Bulan Ramadhan


Tradisi di Bulan Ramadhan



nah itu tradisi yang ada di Bulan Ramadhan menurut ane . kalau ada yang kurang tradisinya silahkan ditambah gan emoticon-Kissemoticon-Kissdan harap dimaklumi kalau banyak kesalahan dii thread ini,karena ini thread pertama ane emoticon-Shakehand2


Tradisi di Bulan Ramadhan



boleh dibagi cendolnya kakaemoticon-Blue Guy Cendol (L)
boleh rate nya kakaemoticon-Rate 5 Star
Diubah oleh afaf15 23-07-2014 05:19
0
3K
20
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.3KThread84.3KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.