Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

mosquit0Avatar border
TS
mosquit0
Konflik Suez
Quote:


Konflik Suez

Latar Belakang Konflik

setelah berakhirnya PD 2, dalam rebutan pengaruh dunia, hubungan timur dan barat - blok AS dan Rusia - mencapai titik buruk, "perang dingin" yang panas berkobar dimana mana termasuk di timur tengah.

berbagai perang regional menyambung berakhirnya PD 2, di China pasukan Nasionalis keteteran dibawah tekanan pasukan Mao, di Vietnam Prancis mulai berdarah karena perlawanan gerilyawan Vo Nguyen Giap, di Indonesia semangat untuk merdeka diwarnai dengan berbagai pertempuran melawan Belanda yang mencoba kembali berkuasa sedangkan di timteng pada tahun 1948 negara Israel yang baru berdiri langsung terlibat dalam perang Arab-Israel.

semua perang tadi baik secara langsung maupun tak langsung juga menjadi ajang perebutan pengaruh antara blok barat dan blok timur baik dalam bentuk bantuan logistik maupun diplomatik untuk meraih sekutu baru bagi mereka.

di tengah semua kemelut tadi, pada tanggal 23 Juli 1952, kerajaan monarki Mesir yang dipimpin oleh raja Farouk berakhir dalam satu kudeta yang menjadikan Mesir menjadi republik, setelah revolusi tersebut muncullah seorang tokoh yang akan mencatatkan namanya dalam sejarah dunia. ia adalah Gamal Abdul Nasir.

pada tahun 1954 setelah mematahkan gerakan IM (Muslim Brotherhood) dan menjadi presiden resmi, Gamal Abdul Nasir memutuskan bersikap netral dan pada tahun 1955 ia juga hadir di KAA di Bandung yang mayoritas terdiri dari negara negara netral.

namun Gamal Abdul Nasir selanjutnya mulai mengkampanyekan dan mensponsori gerakan anti Israel dan mulai condong ke blok Sovyet dan Pakta Warsawa sehingga membikin blok barat geram melihat manuvernya tersebut, apalagi ia juga mengakui RRC sedang pihak barat mendukung Taiwan Nasionalis yang kalah perang.

berbagai ketidak enakan tersebut akhirnya berujung pada mundurnya negara negara barat yang sedianya akan membiayai bendungan Aswanyang berakibat Gamal Abdul Nasir mengambil langkah drastis dengan menutup terusan Suez,

sekali tembak 2 burung kena, barat akan payah dalam lalu lintas kapalnya dari Eropa ke Asia dan Israel akan menangis darah karena dari kanal tersebutlah semua barang keluar masuk negara tersebut diangkut melalui kapal, sebagai bonus, Gamal Abdul Nasir juga menutup pula Selat Tiran untuk memastikan hancurnya Israel.

dan gayungpun bersambut..

Quote:


Konflik Suez

Terusan Suez, Jalur Pelayaran Tersibuk di Dunia

Liputan6.com, Jakarta - Terusan Suez merupakan buah tangan terbesar yang pernah dibuat manusia. Terusan yang resmi beroperasi pada 1869 ini merupakan salah satu jalur pelayaran tersibuk di muka bumi ini.

Jalan pintas yang membelah Eropa (Mediteranian) dan Asia (Laut Merah) ini merupakan jalur vital terpenting di dunia. Melalui terusan Suez, kebutuhan energi Eropa dipasok dari lapangan-lapangan minyak di Timur Tengah.

Meski sangat penting bagi aktivitas perekonomian dunia, jalur penting ini sempat ditutup dua kali karena perang. Penutupan yang terbaru terjadi karena perang antara Israel dan negara-negara tetangga di Arab lainnya.

Pada 2007, terusan Suez mencetak pengiriman barang terbesar sebanyak 7.700 ton yang mengangkut lebih dari 318 ribu ton kargo. Jumlah tersebut setara dengan 7,5% dari total perdagangan dunia.

Setiap tahunnya, Terusan Suez mampu mencetak pendapatan hingga lebih dari US$ 5 miliar. Berikut ulasan mengenai Terusan Suez dan fungsinya bagi perekonomian dunia seperti dikutip dari World Atlas dan World Shipping Technology, Rabu (28/5/2014).

selengkapnya di http://bisnis.liputan6.com/read/2055...sibuk-di-dunia

Quote:




--------- emoticon-Ngacir
0
8.7K
9
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Sejarah & Xenology
Sejarah & XenologyKASKUS Official
6.5KThread10.6KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.