Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

obor2000Avatar border
TS
obor2000
Pemain Biola Listrik (Electric) ikut gabung yuk....
Biola Listrik (Electric) oleh pembuat biola listrik Yamaha disebut Silent Violin karena untuk dimainkan dan untuk didengarkan perlu amplifier dan efek2 suara diperlukan karena biola ini tidak menggunakan rongga dari body biola sebagai "pengeras" suaranya sehingga kalau dimainkan tanpa amplifier, suaranya kecil sekali.

Biola jenis ini menggunakan Piezoelectric sebagai transducer nya. Tugasnya adalah merubah getaran dari bridge menjadi bentuk listrik. Hasil suara dari piezoelectric ini sangat melengking pada nada2 tingginya sehingga membuat telinga menjadi tidak nyaman, oleh karena itu diperlukan efek2 suara seperti pada efek2 suara gitar listrik.

Biasanya biola listrik ini digunakan bersama band, karena suara peralatan band keras2 dan melalui amplifier, sehingga bila menggunakan biola akustik perlu microphone, akan tetapi bila menggunakan mic bisa terjadi feedback. Selain itu bila memainkan biola listrik, kita bisa "menuangkan" perasaan kita ke suara biolanya.

Demikianlah sekilas mengenai biola listrik. Saat ini banyak pemain2 biola yang bergabung dengan band menggunakan biola listrik ini tapi melalui mic atau transducer yang bisa mengakibatkan feedback, jadi lebih baik gunakanlah biola elektrik bila ingin bermain dengan kelompok band atau ingin bermain solo diiringi oleh musik seperti orgen.

Penggunaan dari efek2 gitar bisa disambungkan ke biola elektrik ini dan disinilah kesulitannya dalam hal settingnya. Kalau settingnya kebanyakan treble akan menyebabkan sakit telinga jadi perlu men set equalizernya utuk mengurangi treblenya. Kita perlu juga mengatur mid treble dan mid bassnya selain treble dan bass nya akan tetapi tidak semudah itu karena tombol gain pada mixer menentukan suara yang empuk.

Mari kita lanjutkan diskusi ini dan menukar pengalaman....
Diubah oleh obor2000 18-01-2014 03:57
0
13.1K
17
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Help, Tips & Tutorial Music
Help, Tips & Tutorial MusicKASKUS Official
3.9KThread2KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.