Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

reynal.adhaAvatar border
TS
reynal.adha
Istilah2 Pada Jersey Sepak Bola yg perlu diketahui
Sebelum agan membeli jersey, sebaiknya agan harus tau istilah tentang jersey agar agan tidak salah pilih dan kecewa.
Berikut Ini merupakan jenis2 jersey :

1. Jersey KW Tanpa Brand/Jersey pinggir jalan
Banyak dijual di pinggir jalan, pasar, dll. Harga berkisar mulai dari 10rb-50rb. Jersey KW ini dibuat tanpa brand apparel/logo adidas/nike/umbro, dll. Karena semakin membaiknya kondisi keuangan warga kelas menengah, kini jersey ini ditinggalkan dan sekarang dipakai oleh kalangan menengah kebawah sampai kalangan bawah dan anak-anak.

2. Jersey KW Dengan Brand/Jersey KW Thailand
Kini jersey ini makin banyak penjualnya dan memang sedang menjadi trend di Indonesia. Harga berkisar mulai 100rb-250rb. Jersey KW kualitas terbaik memang buatan Thailand, maka sekarang jersey KW Thailand sedang laku keras. Jersey ini dibagi menjadi beberapa grade, tapi yang paling dikenal adalah KW AAA dan KW ORI. KW AAA dibuat seadanya, warna lebih gelap, benang yang digunakan kurang bagus, dan sablonnya juga kurang bagus. Sementara KW ORI atau GRADE ORI dibuat dengan detail yang sangat menyerupai Original, bahan yang digunakan lebih bagus, warna lebih terang, dan sablonnya juga lebih bagus.

3. Jersey Original
Jersey original juga mempunyai beberapa grade/tingkat, ini dia :

a. Jersey supporter(Fans version)
Jersey ini biasa dijual di toko resmi apparel dan merupakan jersey paling mudah dicari. Harga berkisar antara 500-600rb. Di Indonesia masih jarang ada yang punya jersey ini karena dinilai mahal dan tidak ada bedanya dengan jersey KW. Untuk adidas jersey supporternya biasa disebut jersey climacool dan untuk nike sama saja dengan jersey pemain yaitu dri-fit, perbedaan jersey nike supporter dengan yang dipakai pemain adalah jersey pemain ada T-rubber di bahu, laser cut hole di tubuh sebelah kiri dan kanan, logo nike dan logo klub sablon bukan bordir, dan bahan yang digunakan lebih tipis dari jersey supporter.

b. Jersey player issue/Jersey yang dipakai pemain dilapangan
Jersey ini terbilang langka dan harganya mahal sekali, tapi jersey player issue KW lebih mudah ditemukan dan lebih murah. Untuk nike jersey ini berharga sekitar 800-rb1jt. Sementara jersey player issue adidas lebih dikenal dengan jersey Techfit. Perbedaan jersey Techfit dengan Climacool hanya jersey techfit ketat, memiliki karet, tiga garis di lengan dibuat dengan sablon bukan bordir, dan diklaim dapat meningkatkan speed, power, lompatan, dll. Harganya sekitar 1-2jt sekaligus dapat box khusus.

c. Jersey match worn/Jersey bekas dipakai pemain
Jersey ini merupakan kasta tertinggi dan Tentunya toko manapun tidak menjual jersey ini. Cara mendapatkannya ialah dengan keberuntungan saat pemain melemparkan jerseynya ke tribun atau membeli dari orang yang memilikinya. Harga jersey ini bisa sampai ratusan juta apalagi jika jersey itu milik pemain terkenal kelas dunia. Andik Vermansyah saja yang mendapatkan jersey David Beckham membandrolnya dengan rumah mewah. Tentu sebuah kebanggaan besar jika mampu memiliki jersey ini apalagi bekas pemain terkenal, siap-siap saja didatangi kolektor yang akan menawarkan harga yang bikin ngiler.

Berikut ini adalah istilah jersey yg agan harus ketahui sebelum agan membeli jersey :

Lextra = Bahan font/patch yg terbuat dari beludru, sebenernya ini salah kaprah, Lextra itu nama supplier, sekarang namanya udah ganti jadi Sencilia, tapi tetep kebanyakan orang manggilnya Lextra.. sama kasusnya kaya Aqua

PU/Poly = bahan font/patch yang terbuat dari polyflex

Velvet = Bahan untuk font terbuat dari beludru

FLOCK = bahannya ky velvet,tp lbh keras (untuk font)

Formotion = jenis jersey yang dipakai oleh para pemain setingkat diatas replica version

Replica = jersey yang dibuat ulang dan kualitasnya sedikit lebih jelek daripada asli

Techfit = jersey dgn tipe player spec yg modelnya fit di badan (ketat)

Patch : tempelan di lengan jersey,biasanya buat suatu kejuaraan

Pulls : Ketika ada bagian dari jersey yg ketarik, sehingga benangnya nongol, biasanya berupa garis memanjang..........

bobbles : ketika ada bagian dari jersey yang semodel "bruntusan", cacat kain yang berupa bulatan2 kecil, hence, the name bobbles --> bubbles.

mint : permen/rokok rasa menthol.......... eh salah, ketika kondisi kaen amat sangat mulus (2nd), malah hampir seperti baru.

krack : font retak karna termakan usia,,biasanya lebih sering terjadi pada font jenis velvet..

PRINTED : jersey dibagian sponsornya hanya berupa print tipis bukan velvet dan poly

EMBOSSED: jersey yg bagian sponsornya bermaterial velvet (timbul)

Starball/Starbol: Patch Bundar Bintang-bintang untuk UEFA Champions League

Embroidery: Tulisan detail pertandingan tersebut biasanya jahitan/sablon. Untuk posisi tulisan ada yang melingkar di sekitar logo klub, dibawah logo klub, atau di antara logo klub dengan sponsor.

COA = Certificate of Authenticity ----> Jersey yang ditandatangani harus ada ini sebagai bukti otentik keasliannya

PI = Player Issue/Player Spec

MW = Match Worn alias baju bekas dipake oleh pemain langsung

BNWT = Brand New With Tag => artinya jersey nya baru, masih komplit dgn tag, namun demikian kondisi ga brarti selalu 100% mint, karena ada kalanya ada noda, atau ada pulls, dsb

BNWOT = Brand New Without Tag => artinya jerseynya baru, tapi tag nya gak ada

BNIB = Brand New In Bag => artinya jersey baru, masih komplit dgn tag & plastik/bag, namu seperti diatas, masih ada kemungkinan gak 100% mint

Jersey Cente / Centenary = jersey untuk memperingati 100 tahun suatu klub.

Reversible: jersey-nya bisa dipake bolak-balik (ga' seperti kebanyakan baju biasa, jersey kaya' gini bisa dipakai walaopun ''dalemannya'' yg diperlihatkan)

Sekian thread dari ane,maaf gan blm ada pict nya , maklum newbie.jika agan merasa terbantu dengan adanya thread ane mohon Rate nya ya gan.Istilah2 Pada Jersey Sepak Bola yg perlu diketahui
0
20.5K
8
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.3KThread84.1KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.