Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

MrThinkerAvatar border
TS
MrThinker
10 Cara Simpel Meningkatkan Kemampuan Otak


Pernahkah kita memikirkan tentang otak kita sendiri? Pernahkah kita berhenti untuk takjub terhadap kekuatan otak kita yang luarbiasa dan sangat pintar ini? Atau minimal sesekali merawat otak kita secara teratur dari waktu ke waktu?

Jika kita termasuk golongan yang mayoritas, maka tentu jawabannya pasti "Tidak". emoticon-Cape d... (S)

Ternyata, kita hanya menggunakan tidak lebih dari 10% kemampuan otak kita sendiri, dan kita sama sekali tidak pernah terpikirkan untuk melatihnya dari sekarang.Dulu, para ilmuan menyatakan bahwa kita terjebak dengan kemampuan otak kita yang sama sejak lahir! Beruntungnya asumsi tersebut tidak berlaku lagi.

neuroplasticity- sebuah teori yang menyatakan bahwa otak kita dapat berubah.


Maknanya, jika kita tidak begitu ahli dalam satu hal, tidak apa - apa. Kita bisa menjadi ahli dalam hal tersebut dengan berlatih.

Analoginya, otak kita itu adalah otot. kita perlu melatihnya secara teratur.

Untungnya, kita tidak perlu menjadi jutawan untuk meningkatkan kapasitas otak kita sendiri.

Yang kita butuhkan adalah menyisihkan sedikit waktu untuk melatih otak kita secara teratur.


Jadi, apa yang bisa kita lakukan?

Di bawah ini adalah 10 cara untuk meningkatkan kekuatan dan kecerdasan otak kita:

1. Lakukan Sesuatu Hal Yang Baru

Ketika kita mengalami pengalaman yang baru, sebenarnya kita sedang mengstimulasi otak kita. Jangan terpaku pada rutinitas kegiatan yang sama - cara satu satunya untuk mengubah struktur otak kita adalah dengan melakukan hal yang baru. Kegiatan yang baru menciptakan jalur jalur neural baru, yang artinya meningkatkan kecerdasan kita. Contohnya, kita bisa pergi ke kantor lewat rute yang lain, atau mencoba resep baru buat makan malam, atau senam gaya baru - kombinasikan.



2. Olahraga Teratur

Terbukti, bahwa dengan melakukan olahraga teratur dapat membantu meningkatkan fungsi otak dan memperbanyak neurogenesis. Berarti, bahwa setiap kita berolahraga, kita menciptakan sel-sel otak baru! Bangun dari kursi dan bergeraklah!



3. Latih Ingatan

Seberapa sering kita dengar orang - orang berkata "Saya ingin memiliki ingatan yang lebih baik", dan kemudian tak seorang pun berusaha untuk mewujudkannya. Jika kita mendisiplinkan diri untuk mengingat nomer HP atau nomer nomer penting lainnya (passport, kartu kredit, asuransi, SIM), kita akan melihat peningkatan signifikan pada ingatan kita.



4. Miliki Sifat Rasa Ingin Tau

Daripada hanya sekedar menerima kenyataan sesuatu apa adanya, cobalah untuk mencari tau tentang sesuatu, produk, layanan yang sering kita jumpai sehari - hari. Dengan memiliki sifat rasa ingin tau dan bertanya tentang segala hal, kita memaksa otak kita untuk berinovasi dan membuat ide ide baru cemerlang. Sifat rasa ingin tau mungkin dapat membunuh seekor kucing, tapi yang lebih penting dari itu, sifat ini telah menciptakan hal hal penting lainnya seperti listrik dan komputer.



5. Berfikir Positif

Stres dan Kekawatiran dapat membunuh sel sel neuron yang ada di otak dan dapat menghentikan pembentukan neuron baru. Penelitian telah menunjukkan bahwa berfikir positif dapat mempercepat pembentukan sel - sel otak dan secara drastis mengurangi stress dan kekawatiran. Coba dan buang perasaan perasaan negatif dan ganti dengan hal hal yang positif.



6. Makan Sehat

Pola makan memiliki peran besar terhadap fungsi otak. Otak kita mengkonsumsi 20% dari semua nutrisi dan oksigen yang kita konsumsi - jadi ingatlah untuk memberi makan otak kita dengan makanan makanan sehat! (seperti buah buahan segar, sayur, dan OMEGA 3 yang terdapat pada ikan).



7. Baca Buku

Kegiatan membaca dapat melepaskan tekanan dan stress karena ia merupakan bentuk pelarian. Penelitian menunjukkan bahwa menggunakan imajinasi adalah cara terbaik untuk melatih otak karena kita memaksa pikiran kita untuk menggambarkan apa yang kita imajinasikan. Membaca adalah cara terbaik untuk memicu imajinasi.



8. Tidur Cukup

Tidur seperti sebuah obat anti-racun bagi otak. Ketika tidur, badan kita melakukan pembentukan sel dan membuang racun racun yang terbentuk seharian. Tidurlah di antara jam 9 malam sampai tengah malam untuk mendapatkan manfaat tidur paling efektif.



9. Singkirkan GPS

Navigasi Satelit mungkin memberikan kemudahan untuk kita, tetapi juga membuat otak kita malas dan tidak efisien secara bersamaan. Kembalilah ke jaman kuno, gunakan peta mulai sekarang dan seterusnya. (Cara ini adalah untuk melatih otak kita memahami jalur penghubung antar tempat).



10. Haramkan Kalkulator

Ingat, ketika sekolah, kita diajarkan untuk menggunakan otak kita untuk menyelesaikan soal penjumlahan dan perkalian sederhana?! Sungguh mencengangkan bahwa kita sekarang bergantung pada HP atau laptop hanya untuk melakukan perhitungan sederhana. Pertahankan untuk tidak selalu bergantung pada alat - alat tersebut - dan gunakan alat yang dianugrahkan kepada kita sejak lahir - yaitu otak kita!


Jangan Lupa Rate, Share Twitter, Facebook dan Komentarnya ya, Juragan !!!

emoticon-Shakehand2emoticon-2 Jempol emoticon-Shakehand2



SUMBER
Diubah oleh MrThinker 19-07-2014 05:22
0
2.4K
15
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923KThread83.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.