Kaskus

Female

Pengaturan

Mode Malambeta
Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

user666Avatar border
TS
user666
Sebuah cerita perjalanan sebuah pernikahan
Mau curhat… tapi ga begitu bisa nulis. Dan cerita nya sampe mana2..

Sy suami 38th dan istri 37th kami sudah menikah sejak tahun 1999, dan mempunyai 3 anak. Sy wiraswasta dan istri pns. Perjalanan pernikahan km mungkin tidak semulus dengan sebagian orang normal. Dan km menikah atas dasar cinta kasih dan tujuan yg sama, membentuk sebuah keluarga yg bahagia. Waktu menikah km belum mempunyai pekerjaan tetap, km ada usaha tetapi hanya cukup untuk hidup saja. Tahun 2005-2006 hidup km mulai membaik, istri di terima pns, sy jg sdh mulai berkembang usahanya. Anak km yg terahkir lahir th 2006.

Kehidupan km meskipun banyak kendala soal keuangan, sy dan istri tetap merasakan bahagia. Apalagi stlh th 2006, km bisa punya apa yg km impikan semua, dan sy selalu aware, jgn sampai apa yg sudah kita raih akan hilang. Sy selalu menjaga kebersihan hati sy, cinta dgn keluarga, setia, dsb dsb.
Sampai di rentang tahun 2010 akhir dan sampai skr, usaha sy mulai turun, turun dan bangkrut, aset dan semua habis masih meninggalkan hutang. Akibat bangkrut dengan alasan ga jelas dan faktor mungkin “luck” yg terus menurun menghabisakan semua yg sy punya. Kl buat sy jumlah nya sangat2 besar. Sy tipe org yg selalu belajar, koreksi, apa yg salah yg sy lakukan. Ada bbrp org pintar, bilang, kl sy suka berzinah [th 2012] sy mendapat info itu, dan lsg sy klarifikasikan, kl sblm nikah/pacaran dgn istri sy, sy ga pernah melakukan sama sekali. Waktu itu sy dan istri berpikir itu akibat dari anak buah kepercayaan sy yg sering main wanita, beristri lbh dr 1 dsb.

Sampai sy tdk percaya diri lagi untuk mulai usaha dan bangkit, sy bangun rasa percaya diri tersebut, krn kewajiban dan jln msh pjg, sy bangkit perlahan. Akhir th 2012 sy merencanakan usaha dan sampai skr msh proses utk perijinan yg tinggal sedikit.

Di tengah th 2013, wkt itu pagi, istri sy akan berangkat dinas keluar kota dan menunjukan sms dari anak kami, dgn memberikan hp nya utk sy baca, msh dia disamping sy, setelah sy baca sy kembali ke inbox, sy liat ada sms yg ada bunyi “say” sayang.. sy baca sekilas dan sy lsg kembalikan ke istri lg. Dia berangkat tugas utk 3 hari, sy berpikir, sms apa ya tadi?? Sejak pacaran istri ga pernah sembunyikan hp hp selalu bisa sy pegang/baca/dsb, tp km selama ini tidak pernah saling curiga atau baca sms, baca email, selalu ada privasi, begitu jg hp sy.

Segera sy liat backup dr hp dia, semua hp sy yg selalu buatkan backup, dan disaat sy backup sy ga pernah bc/buka isinya. Sy mendapat aplikasi utk extrak backup, sehingga sy bisa baca semua sms yg keluar msk sesuai rentang wkt yg sy backup. Sangat mengejutkan utk membacanya, hati sy terasa terbakar, ternyata sejak th 2009 dia menjalin hubungan dgn laki2 pns yg sudah berkeluarga juga. Dan hubungan mereka ternyata sangat sudah jauh. Semua rata2 mrk lakukan saat jam kerja, sms,telp, bahkan utk ml. Di saat ada tugas keluar kota, mrk usahakan utk wkt yg sama dan bisa tdr di hotel berdua. Sempat juga mrk ke sebuah pulau wisata yg sy sendiri jg blm pernah pergi kesana dgn istri sy. Laki2 tersebut tinggal sendiri, krn istri dan anaknya diluar kota, pulang seminggu sekali. Jadi dia bebas utk bw istri sy kerumah dia. Saat sy di luar kota utk melakukan pekerjaan sy, krn rentang wkt 2008-2011 sy sering luar kota, paling ga 2 bln sekali sy keluar kota dgn durasi 1-2mg.

Sy tunggu dia pulang dr dinasnya, stlh sampai rmh baru sy tanyain, dan pertama ga ngaku, selang dia berpikir akhirnya dia cerita semua. Semua yg dia lakukan dia ceritakan dan berbagai penyesalan,permintaan maaf dan apapun dia lakukan..

Dia ga bisa kasih alasan kenapa dia melakukan itu, krn mmg selama ini km bahagia, dlm melewati semua kehidupan km. Dia jg ga berubah setelah ada selingkuhan nya tersebut, dulu hari2 dirumah seperti biasa. Krn semua dia lakukan wkt jam kerja/dinas, di rmh ya sempet sms/telp dr laki2 tsb tp tanpa mengurangi kewajiban dia di rmh.
Sy dgn laki2 tsb jg kenal, istri sy yg kenalkan wkt th 2009 dia dtg ke rmh krn ada hal pekerjaan, sejak saat itu sy kenal. Dan di th 2013 km jg ada bbrp kali bertemu ngobrol2 panjang bertiga.

Perasaan sy wkt sy tahu dsb, udh ga bisa dilukis kan dgn kata2, cinta,penyesalan,sedih,terpukul,sangat merasa dikhianati dsb. Dan secara ga langsung akibat dr perzinahan dia membuat usaha sy berantakan. Anak2 sy bagaimana, dsb dsb…

Selang bbrp hari, sy panggil istri dan laki2 tersebut, dan laki2 tersbut jg kaget, dan ga bisa dilukiskan dgn kata2 bgmn dia menyesali dan siap menghadapi apa yg akan sy lakukan dgn dia. Wkt itu sy srh bikin surat pengakuan dan pernyataan utk tidak hubungan dgn istri sy lagi. Sebenernya di pns ada hukumnya dgn kelakuan mrk tsb, dgn gampang sy bisa menjatuhkan mrk. Tetapi apakah sy akan puas jika mereka jatuh, sy berusaha bijaksana dan tidak mencampurkan emosi dlm mengambil suatu keputusan. Mmg sangat berat utk sy melakukan hal tersebut dan mejalankannya.

Sudah 2bln hari terus berjalan, istri jg sangat terpukul dan meminta maaf yg ta kunjung henti, dari pertama sy mmg sudah memaafkan istri dan dia, kalo maaf sih udah, sy sekarang berusaha menerima kenyataan yg sudah terjadi dan tidak bisa sy rubah, ibarat kalah sebelum berperang, tiba2 dihadapkan situasi yg sy harus bisa menerima tanpa sy bisa berbuat apa2, itu yang terberat.

Sebagai gambaran, sy bad boys, dgn segala apa yg saya punya, sy punya prinsip, selama pacaran/blm menikah sy ga pernah ksh hati sy ke wanita. Dan setelah menikah, sy kasih hati, hidup, cinta, pengorbanan, sabar dan apa yg sy punya utk istri dan anak2 sy tanpa perpaling dgn yg lain. Sejak pacaran dan nikah dgn istri sy selalu setia sampe saat ini, krn ada org yg sy cintai di hidup sy.
Utk istri sy, hmmmm kl liat dia ga bakal org menilai dan mikir dia bisa selingkuh, wajahnya lugu, sabar, penyayang, well educated [s3] rajin beribadah, dan wanita karir yg baik. Banyak kelebihan dia.

Untuk rmh tangga, ga ada masalah yg berarti, sblmya hanya masalah normal, pekerjaan dsb. Ga ada pihak yg ga puas, baik istri maupun sy, dari mslh kebiasaan, romantis, selalu ada wkt utk km berdua, km selalu bisa mengatasi kebosanan utk pernikahan dan seks. Dan jujur km selalu puas dgn keadaan kami, bahkan overall kepuasaan sangat diatas rata2. Buat istri sy ibarat udh naik merc pengan naik angkot, padahal dulu kita juga naik angkot.
Ga tahu, sy juga bingung liat keadaan ini, sy hanya mencoba utk starting over again, seperti yg dia minta, sy akan bagaimana kedepan jg semua tergantung istri sy. Yg terberat adalah melupakan, melihat/merasa orang yg sangat kita cintai mencintai org lain, dulu…

Bilang cinta itu mudah, utk mencintai pasangan kita selamanya setiap hari itu yg tidak mudah, tapi bila cinta tetap akan bisa kita lakukan. Love will lead u back kata taylor dayne…

Buat sy mungkin bahagia sepertinya hmmmmmm, susah, hidup sy cm sm dia, misal ada yg lebih dari istri sy dan bisa jln dgn sy membina rmh tangga baru, sy rasa mungkin sy blm bisa bahagia. Karena buat saya, sampai saat ini masih idealis nikah cm hanya sekali.. Dan anak2 juga akan lebih bahagia bila sama papa dan mama kandungnya.

Segini dulu, ntar dilanjut.

Ya itu pengalama pribadi sy, mohon saran2 dr temen2 disini, bila ada masukan dan pengalaman mungkin bisa jadi pertimbangan sy. Maaf bila tulisannya acak2an ga pernah nulis di forum, silent reader aja hehehe….

Thank's
tata604
tata604 memberi reputasi
1
11.6K
36
Thread Digembok
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Wedding & Family
Wedding & Family
KASKUS Official
8.9KThread11.1KAnggota
Urutkan
Terlama
Thread Digembok
Ikuti KASKUS di
© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.