Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Berlaku Adil Kepada Quraish Syihab ( Pembenci Quraish Shihab Masuk )

abdulazis2014Avatar border
TS
abdulazis2014
Berlaku Adil Kepada Quraish Syihab ( Pembenci Quraish Shihab Masuk )
Assalaamu 'alaykum warrahmatullaahi wabarakaatuh. Bismillaahirrahmaanirrahiimi.



Tanggal 15 Juli 2014 adalah hari yg sangat melelahkan bagi diri saya. Sungguh sangat menguras tenaga pikiran dalam memahami suatu isu yang berkenaan dengan video tayangan dari Metro TV pada acara Tafsir Al Misbah. Kurang lebih video yang membuat geger tsb adalah video seperti diatas.

Pada hari ini juga isu mengenai video tsb sudah beredar di WA yang di share oleh teman-teman kuliahan di Stiddi Al Hikmah. Hampir semua teman-teman sekelas di kuliahan mengatakan bahwa Quraish Shihab telah berbuat salah dengan mengatakan bahwa "tidak benar nabi muhammad dijamin surga".

Saking penasaran, saya coba membuat tulisan percakapan dari yg tayangan video tsb dan seperti inilah bentuk percakapan dari Qurasih Shihab dalam menjawab pertanyaan dari presenternya.

"Tidak benar bahwa nabi Muhammad sudah mendapat jaminan surga. Surga itu hak prerogatif Allah. Memang kita yakin bahwa beliau akan masuk surga. Kenapa saya katakan begitu ? Pernah ada sahabat nabi dikenal orang baik terus teman-teman disekitarnya berkata 'kau akan masuk surga'. Nabi dengar dan bersabda 'siapa yang berkata begitu tadi ? Tidak seorang pun masuk surga karena amalnya............".

Perbincangan di WA pun berlanjut dan hampir semua teman-teman sekelas yang tergabung dalam grup WA menyatakan bahwa QS sudah salah dengan menyelisihi akidah ahlus sunnah wal jamaah. Kalau dilihat didalam handout perkuliahan mata kuliah Aqidah 2 dalam bab Surga dan Neraka dikatakan bahwa sebenarnya Rasul semasa di dunia sudah mendapatkan berita bahwa beliau dan para sahabat nya akan dijanjika surga. Bahkan bukan cuma rasul dan sahabat-sahabat saja, namun kalau menilik dari semua hadits pada bahasan akidah, sebenarnya muslim / penganut islam itu sudah dijanjikan masuk surga dengan melalui yg namanya "pencucian" melalui neraka terlebih dahulu. Hadits yg berbicara mengenai hal ini ada didalam shahih Bukhori dari riwayat Abu Sa'id Al Khudri yang berbicara mengenai tahdziibul mu'miniina wa tanqiyatuhum qobla dukhuulu.

Nah kembali ke permasalahan QS, apakah benar beliau mengatakan bahwa tidak benar rasul itu sudah mendapat jaminan surga ?, Saya pribadi ketika melihat teks percakapan dari QS sebenarnya sudah bisa menyimpulkan bahwa sebenarnya yg QS bicarakan adalah mengenai suatu amalan yang tidak seorang pun bahkan sekalipun dia adalah nabi yang bisa memasukan dirinya kepada surga.

Disaat teman2 berfokus dalam melihat awal percakapan QS pasti akan selalu terpaku pada ucapan "tidak benar nabi Muhammad sudah mendapat jaminan surga". Namun saya dengan mudahnya memahami bahwa makna yg dituju oleh QS adalah berbicara mengenai amal.

Ya,,,kuncinya dari percakapan beliau sebenarnya berbicara mengenai amal. Sebanyak apapun amal yang dilakukan oleh seorang muslim tidak bisa menjamin dirinya masuk ke dalam surga sebab yg menyebabkan seseorang masuk surga itu bukan karena amal, namun karena rahmat Allah.

QS sebenarnya mengajak bicara mengenai suatu hadits dari riwayat bukhori no 5673 pada kitabul mardho pada bab tamanni al mariidhil maut , ketika saya buka didalam kitab Shahih Bukhori Ma'a Kasyfil Musykil Lil Imam Ibnu Jauzi itu ada didalam jilid ke - 4 halaman 47.

Arti dari hadits tsb adalah kurang lebih seperti ini, "Tidaklah seseorang itu dimasukan kedalam surga karena amalannya, berkata para sahabat, "bagaimana dengan anda wahai rasul ?. Tidak, tidak juga aku, kecuali Allah telah melimpahkan kepadaku fadhilah dan rahmat-Nya. Maka berlaku luruslah, dan mendekatlah dan janganlah salah seorang dari kalian mengharap kepada mati. Jika dia orang baik semoga bisa menambah amal baiknya. Dan jika dia orang buruk semoga bisa menjadikannya bertobat."

Dan berikut adalah sanggahan dari QS dalam web pribadinya yg meminta klarifikasi terhadap ucapannya.

"Kepada yang meminta klarifikasi langsung, berikut jawaban saya:
Uraian tersebut dalam konteks penjelasan bahwa amal bukanlah sebab masuk surga, walau saya sampaikan juga bahwa kita yakin bahwa Rasulullah akan begini (masuk surga). Penjelasan saya berdasar hadist a.l.:
لا يدخل احدكم الجنة بعمله قيل حتى انت يا رسول الله قال حتى
انا الا ان يتغمدني الله برحمنه
“Tidak seorang pun masuk surga karena amalnya. Sahabat bertanya “Engkau pun tidak?”, beliau menjawab “Saya pun tidak, kecuali berkat rahmat Allah kepadaku.”
Ini karena amal baik bukan sebab masuk surga tapi itu hak prerogatif Allah.
Uraian di atas bukan berarti tidak ada jaminan dari Allah bahwa Rasul tidak masuk surga, saya jelaskan juga di episode yang sama bahwa Allah menjamin dengan sumpah-Nya bahwa Rasulullah SAW akan diberikan anugerah-Nya sampa beliau puas, yang kita pahami sebagai Surga dan apapun yang beliau kehendaki. Wa la sawfa yu’thika rabbuka fa tharda. Itu yang saya jelaskan tapi sebagian dipelintir, dikutip sepotong dan di luar konteksnya. Silakan menyimak ulang penjelasan saya di episode tersebut. Mudah-mudahan yg menyebarkan hanya karena tidak mengerti dan bukan bermaksud memfitnah." [M. Quraish Shihab] link

Kesimpulannya adalah QS sebenarnya tidaklah salah2 banget, namun memang harus diakui bahwa bahasa yang beliau gunakan itu sedikit njelimet butuh pengamatan yg jeli. Terbukti pula dengan banyaknya yg salah paham dan hanya yg terfokus pada perkataan "Tidak benar bahwa nabi Muhammad sudah mendapat jaminan surga."

Diambil dari web seseorang. sumber

Update......website yg membicarakan pak qs secara tidak berimbang, serampangan dan penuh kebencian.

Spoiler for VOA:


Spoiler for Jadi HOT TREAD,,,,Alhamdulillaah:


Spoiler for Nasehat Untuk VOA-ISLAM. COM:


Spoiler for Seorang muslim mesti berbuat adil sekalipun kepada orang kafir.:


Alhamdulillaah saya sudah baca komen2 dari agan2 semua dan matur nuwun juga ada yg memberi abu gosok dan cendol bahkan yg ngelempat bata juga saya ucapkan terima kasih.......Saya sebenarnya heran, yang saya angkat dibicarakan disini adalah mengenai tayangan di video Metro TV yg bicara mengenai tidak benar nabi sudah dijamin surga.....lantas kenapa ada yg komen mengenai jilbab ya ???......Apakah perlu saya katakan orang yg komen tsb adalah orang yg bodoh. ???
Diubah oleh abdulazis2014 17-07-2014 22:48
0
137.7K
1.5K
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.6KThread85.2KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.