Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

loveBMTHAvatar border
TS
loveBMTH
KEINDAHAN PANTAI BANYU TIBO DIPACITAN
PANTAI BANYU TIBO PACITAN


KEINDAHAN PANTAI BANYU TIBO DIPACITAN


Pantai Banyu Tibo merupakan pantai yang sangat unik dan indah. Pantai ini terletak di desa Widoro kecamatan Donorejo, Pacitan, Jawa Timur. Lokasi pantai yang masih lumayan tersembunyi ini belum terlalu diketahui oleh para traveler. Nama Banyu Tibo sendiri diambil dari bahasa jawa yang artinya “air jatuh” karena ada sungai kecil yang bermuara di pantai yang jatuh dari atas membentuk air terjun kecil. Belum banyak yang mengetahui keberadaan pantai yang eksotik ini, bahkan oleh orang Pacitan sendiri saking terpencilnya. Pantai Banyu tibo merupakan pantai yang memiliki eksotisme tersendiri. Di pantai ini kita dapat menikmati pesona air terjun kecil yang langsung jatuh ke pantai. Jadi sebuah muara sungai yang tidak bercampur antara air asin dan air tawar. Selain itu karang di sekitarnya juga tergolong unik, mirip dengan ukiran kayu. Selain itu terdapat bukit yang kita bisa mendaki dan memandang landscape pantai.

Keindahan Pantai Banyu Tibo

Air sungai yang mengalir dari pegunungan begitu jernih dan jatuh langsung ke Pantai Selatan. Duduklah di atas karang dan nikmati keindahan panorama alam yang begitu memukau. Jika anda cukup bernyali, anda bisa turun ke pantai yang berpasir putih halus sambil menikmati guyuran air terjun yang begitu segar. Namun, anda harus berhati-hati jika laut mulai pasang karena ombak pantai selatan yang begitu besar. Jika anda membawa alat dokumentasi yang mumpuni, anda bisa menaiki bukit kecil di sisi kiri air terjun untuk mendapatkan panorama pantai banyu tibo yang sangat mengagumkan. Keindahan air laut yang begitu biru serta gugusan karang nan indah ditambah dengan guyuran air terjun seakan membius anda untuk berlama-lama menikmati tempat ini.
Salah satu kelebihan pantai ini adalah belum banyak orang yang mengetahui kecantikan pantai banyu tibo. Bahkan saat musim liburan sewaktu saya dan teman saya sampai jam 9 pagi belum ada pengunjung yang kesini. Jadi, silahkan berteriak atau berpose sepuasnya untuk berfoto karena serasa pantai ini milik pribadi. Bila anda belum puas untuk bersenang senang, anda bisa menuju ke Pantai Klayar yang letaknya sekitar tujuh kilometer. Pantai Klayar sudah lama dikelola dan sudah cukup terkenal, sehingga anda akan menemukan 2 pantai yang perawan dan pantai yang ramai dalam satu lokasi. Sungguh sangat menyenangkan bukan untuk mengisi waktu liburan anda.
Fasilitas Pantai Banyu Tibo

Sepertinya pantai ini baru dibuka sebagai tempat wisata andalan Kabupaten Pacitan, sehingga belum ada fasilitas yang memadai disini. Pantai banyu tibo masih sangat sepi, biasanya hanya ada beberapa para nelayan yang beraktivitas disana. Fasilitas yang tersedia yaitu gubug semi permanen untuk tempat berteduh milik para nelayan serta toilet untuk keperluan MCK dan beberapa warung penjaja makanan. Untuk masuk juga tidak akan dikenakan biaya loket ataupun biaya parkir. Waktu musim liburan ada beberapa penduduk yang menawarkan jasa sebagai tukang parkir jadi anda bisa leluasa menikmati pantai ini tanpa takut mengawasi kendaraan anda. Untuk fasilitas yang lengkap silahkan menuju Pantai Klayar yang lokasi tidak jauh dari Pantai Banyu Tibo. Di sana anda bisa menemukan banyak penjual makanan dan minuman, toilet, serta mushola untuk sholat.

Transportasi dan Akses Menuju Pantai Banyu Tibo

Pantai Banyu Tibo terletak sekitar daerah perbatasan Pacitan dengan Wonogiri atau perbatasan Provinsi Jawa Timur dengan Provinsi Jawa Tengah. Jaraknya kurang lebih sekitar 110 km dari kota Solo. Untuk mencapai pantai banyu tibo, anda bisa menggunakan sarana kendaraan umum maupun pribadi. Menggunakan kendaraan umum dari solo, anda harus naik bus menuju Pracimantoro, saya sarankan agar anda lewat jalan yang melalui Gua Gong, karena jalan itu merupakan satu-satunya jalan yang cukup baik jika anda berasal dari Kota solo atau Kota Jogja. Dari Gua Gong anda terus saja mengikuti petunjuk menuju pantai klayar, jika telah sampai di pertigaan pasar desa widoro, anda pilih jalan yang menuju ke kanan sejauh kurang lebih 6km lagi anda akan sampai di pantai banyu tibo. Anda akan menjumpai papan petunjuk Pantai Buyutan terlebih dahulu, silahkan anda teruskan beberapa kilometer lagi sampai menemukan papan petunjuk Pantai Banyu Tibo. Bila anda menggunakan kendaraan pribadi, anda bisa membawa motor sampai ke bibir pantai, dan bila anda membawa mobil, anda bisa parkirkan di desa terakhir sekitar 1 km dari pantai atau bisa membawa masuk kendaraan ke dekat pantai. Namun, anda akan kesulitan untuk balik arahnya atau berpapasan dengan mobil lain karena jalannya yang belum cukup lebar untuk berpapasan dua mobil.


KEINDAHAN PANTAI BANYU TIBO DIPACITAN


VIDEO

0
3.8K
8
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Lounge Pictures
Lounge PicturesKASKUS Official
69KThread11.1KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.