Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

Mirzha1806Avatar border
TS
Mirzha1806
[BERITA] Mahasiswa Muslim di Tiongkok Juga Dilarang Berpuasa
[BERITA] Mahasiswa Muslim di Tiongkok Juga Dilarang Berpuasa
Jakarta - Menyusul pelarangan puasa di provinsi Xinjian, Tiongkok banyak umat muslim yang mengeluhkan kebijakan tersebut. Juga para mahasiswa di daerah tersebut yang menyatakan mereka dipaksa untuk makan dan akan dihukum jika berpuasa.

Hal tersebut diungkapkan oleh tiga mahasiswa di Kashgar Normal University di Xinjian yang tidak mau diungkapkan identitasnya. Mereka menyatakan telah dipaksa menyantap makanan bersana tim professor untuk memastikan mereka tidak berpuasa. Bagi yang menolak aturan tersebut berisiko dihukum oleh pihak berwajb.

“Jika ingin mempunyai hidup yang normal di sini, maka sebaiknya Anda tidak berpuasa,” tutur salah satu pelajar kepada BBC (14/07/2014).

Xinjiang adalah rumah bagi kaum minoritas Uighur yang sebagian besar penganut Islam. Larangan puasa ini dilakukan oleh Beijing setelah serangkaian serangan kaum ekstrimis Islam dan penyerangan teroris di luar negri.

Pada Kamis (10/07/2014) pengadilan di Xinjiang mengantar 32 orang ke penjara karena mengunduh atau mengirimkan video 'violen terror'. Banyak masyarak Uighurs menyatakan kekerasan ini dipicu oleh penekanan pemerintah Beijing terhadap kebudayaan dan kepercayaan mereka.

Ketiga mahasiswa juga menyatakan berpuasa dilarang di semua Universitas di seluruh kawasan Xinjiang. Beberapa departemen pemerintah juga menerapkan larang puasa, bahkan satu rumah sakit pemerintah memberi surat perintah pada staff agar tidak berpuasa.

Sebagai langkah propaganda, koran yang dijalankan oleh pemerintah Xinjiang menyiarkan berita mengenai masalah kesehatan berpuasa. Ini bukan pertama kalinya pemerintah Tiongkok melarang puasa di Xinjiang. Tapi dengan meningkatnya kekerasan di daerah tersebut bisa memicu ketegangan diantara masyarakat.

Ketiga mahasiswa tersebut menyatakan kaum Uighurs yang menolak makan akan menerima peringatan resmi. Hal ini bisa berpengaruh besar pada prospek karir masa depan mereka, di beberapa kasus ada mahasiswa yang tidak diberi surat kelulusan.

[link] http://m.detik.com/food/read/2014/07/14/134524/2636366/294/mahasiswa-muslim-di-tiongkok-juga-dilarang-berpuasa[/link]
Diubah oleh Mirzha1806 14-07-2014 07:29
0
984
8
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.8KThread41.5KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.