Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • 10 Hewan yang berhasil menorehkan namanya di Guiness World Record

mrkhasbanyAvatar border
TS
mrkhasbany
10 Hewan yang berhasil menorehkan namanya di Guiness World Record
emoticon-Maaf AganwatiAssalamualikum Warrahmatulahiwabaraktuemoticon-Maaf Agan
Selamat Pagi, Siang, sore, dan Malam Gan dan Agan wati semua. Apakabar hari ini? Semoga segalanya berjalan dengan baik gan dan kita selalu dilimpahkan rasa syukur di hati kita. Amiin.

10 Hewan yang berhasil menorehkan namanya di Guiness World Record

Oke agan dan aganwati, ini adalah thread saya yang kedua. Dan di thread yang kedua ini, sesuai dengan gambar di atas, saya akan membahas mengenai dunia binatang, lebih khususnya yaitu binatang yang pernah mendapatkan Guinness World Record gan.
Semoga thread yang saya buat ini dapat menambah khazanah pengetahuan umum agan dan aganwati sekalian. And if you find my thread is informative, please emoticon-Rate 5 Star


Apa itu Guiness World Record? Mungkin sebagian dari agan dan aganwati di sini sudah tahu apaitu Guinness World Record,. Nah, bagi yang belum tahu, disini saya kan jelaskan secara sekilas apa itu Guiness World Record.

Guiness World record adalah sebuah perusahaan atau organisai atau lembaga yang pertamakali didirikan oleh Norris dan Ross McWhirter atas rekomendasi Christopher Chataway pada bulan Agustus 1954.
Spoiler for Guinness World Record Logo:


Perusahaan ini memiliki tugas utama untuk mencatat segala sesuatu yang “paling” yang pernah terjadi di muka buni ini. Apakah itu sesuatu yang paling aneh, paling tinggi, paling dalam, atau yang lainnya. Sesuatu yang masuk dalam kreteria pencatatan Guiness World Record pun tidak hanya terbatas pada manusia saja, tetapi juga hewan, tumbuhan, atau benda mati.

Apabila sesorang atau benda dinobatkan sebagai sebagai pemegang rekor dalam Guiness World Record, maka orang atau benda tersebut layak mendapatkan sertifikat. Kumpulan-kumpulan pemegan rekor pun nantinya akan dicatat rapi di dalam buku yang berjudul “Guiness World Record Book”.
Spoiler for Guinness World Record's Certificate :


Oke, sekian pengenalan Guiness World record, semoga dapat memberi gambaran secara umum. Oke gan, seperti yang tercantum di paragraph atas, pemegang Guiness World Record tidak hanya terbatas pada manusia juga, tetapi juga dapat berupa tanaman, hewan, atau benda mati. Nah, dalam thread ini, saya kan memberikan daftar 10 hewan yang berhasil menorehkan namanya di World guinness record. Hewan apa sajakah itu? Well, lets check it out gan!

1. Anjing dengan lidah terpanjang(The longest tongue)

Rekor anjing dengan lidah terpanjang ini dipegang oleh seekor anjing yang bernama Brandy, gan. Brandy adalah seekor anjing dari kalangan boxer yaitu jenis anjing yang memiliki tubuh pendek dan gemuk dan banyak dikembang biakan di Jerman ini memiliki bulu yang pendek.

Oke, lanjut, Brandy yang hidup besama pemiliknya yang bernama John Scheid di St. Clair Shores, Michigan, USA ini memiliki lidah sepanjang 17 inchi gan atau 43 cm. Lidah ini berukuran sangat panjang gan buat Anjing. Dan karena ukurannya ini gan, Brandy kesulitan untuk menutup mulutnya
Brandy sendiri ditemukan oleh John Scheid di sebuah peternakan pada tahun 1995. Brandy yang pada saat itu masih berukuran sangat kecil terlihat terlantar, dan John memutuskan untuk mengambil dan merawatnyanya.

Kisah sedihnya gan, pada 8 september 2002, Anjing ini harus di ahiri hidupnya secara medis (Euthanasia) karena penyakit pada perutnya yang parah.
Spoiler for Anjing dengan lidah terpanang:


2. Anjing dengan mulut terlebar

Anjing adalah binatang yang suka menangkap benda yang kita lemparkan. Salah satunya bola. Anjing akan langsung mengejar bola yang kita lemparkan dan mengambilnya.

Anjing yang mengambil satu bola dengan mulutnya itu biasa gan. Dua bula dengan mulutnya juga biasa gan. Kenapa biasa? Karena seekor anjing yang bernama Augie di Texas, USA bisa menampung 5 bola tenis sekaligus di mulutnya pada saat yang bersamaan gan.

Anjing yang dipelihara oleh keluarga Miller ini membuat rekornya pada tanggal 6 juli 2003. Bisa dibayangkan gan 5 bola tenis sekaligus di mulut. Ane aja 5 bola bakso dimulut udah ngap-ngapan. emoticon-Ngakak
Spoiler for Aning dengan mulut terlebar:


3. Kucing Terpanjang

Kucing adalh binaang rumahan yang telah menjadi hewan peliharaan berabad-abad lalu. Kucing yang masih satu keluarga dengan harimau ini memiliki ukuran rata-rata 30 cm.

Tetapi hal berbeda terjadi dengan seekor kucing yang bernama Mymains Stewart Gilligan. Kucing yang dipelihara oleh pasangan Robin Hendrickson and Erik Brandsness ini memili ukuran panjang tubuh diatas rata-rata.

Panjang tubuh Mymains ini adalah 48,5 inch atau 123 cm. Atas panjang tubuhnya yang sama dengan anak SD ini, maka kucing ini dinobatkan sebagai kucing terpanjang oleh Guiness World Record pada tanggal 28 Agustus 2010.
Spoiler for Kucing Terpanang:



4. Kelinci dengan telinga terpanjang


Binatang lainnya yang berhasil menyabet guiness world record adalah kelinci gan. Kelinci yang dimaksud disini adalah kelinci yang memiliki telinga terpanjang. Bila biasanya ukuran telingga kelinci tidak lebih dari 30cm, lain halnya dengan kelinci yang satu ini.

Kelinci yang bernama Nipper’s Geronimo ini gan, berhasil menorehkan namanya di buku guiness world saat sedang mengikuti kontes American Rabbit Breeders Association National Show di Wichita, Kansas pada 1 November tahun 2003 silam.

Kelinci yang dipelihara oleh pasangan Waymon dan Margaret Nipper ini memiliki telinga yang berukuran 31,125 inch atau setara 79 cm. WOW, hamper satu meter gan. Dan lebar telingganya sendiri adalah 7,25 inch atau 18,4 cm. Kelinci ini sendiri lahir pada tanggal 10 May 2003. Kabar dukanya gan, kelinci ini telah berpulang pada tahun 2006emoticon-Berduka (S), dan belum ada yang mengalahkan rekornya hingga sekarang.
Spoiler for Kelinci dengan telinga terpanang:


5. Spesies Kupu-Kupu Terbesar

Untuk hewan yang berikut ini bukan hewan peliharaan gan. Kategorinyya adalah spesies. Kupu-kupu adalah hewan yang memiliki sayap yang indah dan penuh corak dan warna gan.

Sayap kupu-kupu yang berjumlah dua pasang tersebut pada umumnya memiliki ukuran yang kecil dan lebarnya tidak sampai melebihi telapak tangan. Tetapi ternyata ada salah satu spesies kupu-kupu yang memiliki sayap terbesar dan terlebar.

Spesies kupu-kupu tersebut adalah spesies Queen Alexandra’s Birdwing. Spesies kupu-kupu ini berasal dari daratan Asia Tenggara yaitu tepatnya Papua New Guinea. Kupu-kupu ini memiliki ukuran sayap yang mencapai 11 inch atau sekitar 28 cm dengan berat tubuhnya yang bisa mencapai 25gram. Dan karena ukuran sayapnya itu, maka spesies kupu-kupu ini masuk dalam Guiness World Record sebagai kupu kupu dengan sayap terbesar dan terlebar.

For your information gan, Spesies kupu-kupu ini sudah masuk kategori terancam punah gan karena perusakan lahan hutan untuk membentuk perkebunan kelapa sawit di daerah asalnya . Dan ternyata kupu-kupu ini juga hidup di daerah Indonesia. Di Indonesia sendiri kupu-kupu ini sering dipanggil “kupu-kupu gajah”.
Spoiler for Kupu kupu dengan sayap terlebar:


6. Spesies Burung Terkecil

Setelah membahas hewan yang “besar-besar”, sekarang giliran hewan “terkecil’ untuk dibahas. Dan untuk hewan terkecil kali ini saya akan mengaitkannya dengan burung.

Burung adalah hewan yang masih satu keluarga dengan ayam. Burung yang pada umumnya memiliki Kemampuan untuk terbang, mempunyai ukuran yang bervariasi mulai dari kecil, sedang dan besar.

Tahukah agan apakah burung terkecil di dunia? Ya, kalo jawaban agan adalah bee Humingbird maka jawaban agan benar sekali. Bee hummingbird adalah spesies burung yang ditetapkan oleh Guiness World record sebagai burung terkecil di dunia.

Burung yang memiliki nama ilmiah Mellisuga Hellenae ini mempunyai ukuran tubuh 2-2,24 inch atau sekitar 5-6cm. Burung yang banyak menempati hutan di negara Kuba ini memiliki berat hanya 1,6-2gram dan ini dipercaya sebagai berat badan teringan dari hewan berdarah panas.
Spoiler for Bee Hummingbird:



7. Ular Terpanjang yang pernah tertangkap manusia


Rekor ular terpanjang telah diberikan pihak Guiness World Record kepada seekor ular phyton yang bernama Medusa. Ular yang berada di kota Kansas, Missouri, USA ini memili panjang 25 kaki 2 inch atau bila dikonversikan ke ukuran meter, maka panjang ular ini adalah 7,67 meter.

Ular yang memiliki nama seperti dewi ular dalam mitologi yunani ini menorehkan namanya di buku guiness world record pada tanggal 12 Oktober 2011. Ular yang telah berumur 10 tahun ini memerlukan 15 orang untuk mengangkatnya, ini dikarenakan berat Medusa yang mencapai 158, 8 kg.

Makanan Medusa pun tak tanggung-tanggung, Medusa dapat melahap habis seekor usa dengan berat 18kg dalam satu kali makan.

For your Information,sebenarnya pada tahun 1912, di Sulawesi pernah ditemukan ular dengan ukuran 10 meter, tetapi tidak ada yang berhasil menangkapnya hidup-hidup. Itulah mengapa Medusa, yang walaupun ukurannya lebih pendk, tetpa dinobatkan sebagai ular terpanjang yang berhasil ditangkap hidup-hidup.

Medusa sendiri sekarang ditempatkan di “The Edge of Hell Haunted House’ di kota Kansas. “The Edge of Hell Haunted House’ sendir adalah tempat pertunjukan yang menyuguhkan berbagaimacam atraksi menarik. Menurut pawangnya, Medusa dapat mendengkur ketika dia senang dan mendesis ketika dia marah.
Spoiler for Ular Terpanjang :


8. Kucing Terkecil

Apabila di atas telah dibahas tentang kucing terpanjang yang pernah hidup, maka kali ini akan di bahas tentang kucing terkecil yang pernah hidup. Percayakah agan kalu ada kucing yang seukuran hamster? Kalo agan belum percaya, mungkin agan harus berkenalan dengan Mr. Peebles.

Siapakah Mr. Peebles? Mr. Peebles adalah seekor kucing yang hidup di daerah Illinois, Amerika Serikat. Kucing ini dinobatkan oleh World guiness Record sebagai kucing terkecil karena panjang tubuhnya yang tidak lebih dari 6 inch, dan berat yang tidak lebih dari 3 pons.

Pemilik Mr.peeble, Dr. Donna Sassman, bahwa dia melihat kucing tersebut ketika dia sedang memberikan vaksin ke sebuah rumah. Pada saat itu dia bertanya kepada pemilik kucing apakah dia bisa membawa pulang kucing tersebut dan merawat. Pemilik kucing oun berkata “Silahkan, asal kau bisa menangkapnya?” dan Dr. Donna Sassman berhasil menangkapnya.

Ukuran Mr. Peebles yang sangan kecil ini menurut seorang dokter hewan dikarenakan kerusakan genetic pada tubuh kucing tersebut. Untuk menjaga berat badan kucing ini, pemiliknya memberi makan empat kali sehari, minimal.
Spoiler for Mr Peebles:


9. Ikan yang hidup di tempat terdalam yang berhasil di tangkap.

Laut adalah kosistem terluas yang ada di muka bumi ini. Bentang luasnya adalah dua per tiga dari ukuran luas bumi. Selain di darat, ekosistem mahluk hidup juga berada di laut. Laut di muka bumi inimemiliki kedalaman rata rata 2,65 mil. Walaupun, pastinya, ada bebrapa lautan yang lebih dangkal dan lebih dalam dari ukuran tersebut.

Kehidupan laut dapat disaksikan langsung oleh para penyelam. Mahluk hidup seperti kerang, anemone, ikan atau rumput lau dapat kita saksikan. Lantas, bagaimana dengan kehidupan di bagian laut yang terdalam? Apakah masih terdapat kehidupan atau hanya diisi oleh aliran air?

Sejarah mencatat terdapat jenis ikan yang hidup di tempat terdalam yang berhasil dijangkau manusia. Ikan tersebut adalah ikan “crusk eel”. World guiness record mencatat bahwa ini adalah ikan yang hidup ditempat terdalam sampai saat ini.Ikan ini hidup di kedalaman 8370 meter di bawah permukaan laut.

Ikan yang memiliki nama ilmiah Abyssobrotula galatheae ini berhasil di tangkap di Puerto Rico Trench.
Spoiler for Crusk Eel:


10. Domba Termahal

Pada Augustus 2009, seeokor domba di daerah Lanark, Skotlandia berhasil menorehkan namanya di buku Guiness World Record. Domba ini menorehkan namanya dalam kategori domba termahal yang pernah terjual.

Domba yang bernama Deveronvale Perfection ini berhasil dijual dengan harga $369.000, atau apabila dikonversikan ke rupiah maka harganya Rp. 4.185.721.189 . Harga yang amat sangat fantastis. Harga yang amat memungkinkan untuk membangun 10 ternak domba.

Adalah Jimmy douglas, seooran peternak domba yang membeli domba tersebut pada gelaran acara Scootish National Texel Sale. Kita pasti bertanya apakah immy Douglas tidak merugi karena membelanjakan jumalah uang yang begitu banyak hanya untuk seekor domba perah?
Ini adalah jawaban Jimmi Douglas “Most people would see it as a ridiculous price for a sheep but, for a sheep breeder, it is an investment,"
Atau dalam bahasa Indonesia dia berujar gini gan “Banyak orang akan menggangap harga domba ini tidak masuk akal, tapi bagiku harga tersebut untuk seeokor domba perah adalah sebuah investasi”

Dan, ternya benar gan, Domba yang dibeli oleh jimmy Douglas telah mengantarkannya sebagai seorang Milyuner gan. Pundi-pundi uang yang berhasil dia kumpulkan dari penjualan susu dan keturunan-keturan domba ini telah mengantarkannya menjadi orang yang memiliki jutaan dollar.

For your information gan,sperma dari Deveronvale Perfection juga laku keras. Sperma dari domba in dijual di Cina dengan harga 300.000 yuan untuk 1 dosis sperma. Bila di konversikan kedalam rupiah 300.000 yuan setara dengan Rp.560.772.517. Amazing,benar-benar tidak rugi Jimmy Douglas. Investasi yang menggiurkan.
Spoiler for Domba Termahal:


Oke agan dan aganwati, sekian thread saya mengenai 10 hewan yang berhasil menorehkan namanya di Guinees World Record. Semoga informasi yang diberikan bermanfaat dan menambah khazanah pengetahuan umum agan dan agan wati. Ahirkata, thankyou for coming and reading.
Mari sayangi mahluk hidup di sekitar kita, sebagai bentuk rasa syukur kita terhada Tuhan Yang Maha Esa.
emoticon-KetupatWassalmualaikum Wr.Wb.emoticon-Ketupat





References


Spoiler for References:

Diubah oleh mrkhasbany 13-07-2014 06:37
0
7.2K
26
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.3KThread84KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.