Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

lovemataAvatar border
TS
lovemata
Canggihnya Otak anggota KPU
JAKARTA, KOMPAS.com - Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tangerang Ramelan, mengatakan, jumlah suara calon presiden dan wakil presiden nomor urut satu di Tempat Pemungutan Suara 47 Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang, yang ditulis sebanyak 814 pada formulir C1, merupakan kesalahan teknis. Menurut Ramelan, hal itu terjadi karena kurangnya pemahaman standar prosedur operasional oleh petugas Kelompok Penyenggara Pemungutan Suara (KPPS) dan kesalahan teknis saat melakukan pemindaian (scan) form C1 di KPU.

"Saya sudah cek langsung, hal itu hanya kesalahan teknis saja. Saya juga sudah liat langsung form C1 dari PPS dan PPK, memang berbeda dengan yang di KPU," ujar Ramelan saat dihubungi Kompas.com, Minggu (13/7/2014).

Menurut Ramelan, kesalahan terjadi akibat kurangnya pemahaman SOP oleh panitia pemungutan suara. "Seharusnya, pada kolom isian angka di form C1, jika angkanya hanya satuan atau puluhan, pada kolom yang kosong tidak perlu ditulis angka nol. Cukup disilang saja, supaya tidak bisa diisi oleh orang lain," kata Ramelan.

Namun, menurut Ramelan, karena jumlah suara Prabowo di TPS 47 hanya 14, petugas mengisi kolom tersebut dengan angka 014. Angka nol tersebut, menurut Ramelan, yang memindai data di KPU menjadi angka 8. "Angka nol tersebut saat di-scan, terbaca menjadi angka 8, jadi itu hanya kesalahan teknis saja," kata Ramelan.Canggihnya Otak anggota KPU
Diubah oleh lovemata 13-07-2014 06:21
0
3.9K
54
Thread Digembok
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Pilih Capres & Caleg
Pilih Capres & CalegKASKUS Official
22.5KThread3.1KAnggota
Urutkan
Terlama
Thread Digembok
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.