hellzfireAvatar border
TS
hellzfire
[FR] Eropa - 12 Negara, 20+ kota dalam 30 hari
Halo kaskuser, saya mau share trip saya ke eropa bulan maret lalu selama kurang lebih sebulan.
Ini TR pertama saya di kaskus, jadi kalau ada kesalahan penulisan dan bahasa yg kurang terstruktur rapi mohon dimaklumi emoticon-Big Grin. Di FR ini jarang ada foto makanan karna biasanya kalau makan saya lupa terus untuk foto emoticon-Big Grin Lalu ada beberapa foto tiket yg baru saya foto dirumah sebagai pelengkap dokumentasi.
Karna trip ini lumayan lama, saya coba tulis sesingkat dan sepadat mungkin supaya tidak terlalu panjang & bosen mbacanya.
Berawal dari ajakan iseng sepupu untuk liburan sekitar pertengahan 2013 lalu, kita bingung waktu itu mau kemana. Lalu tercetus ide “gimana kalo ke eropa aja yuk?”. Sempat terpikir untuk ikut tour, tapi kami urungkan karna kayanya lebih asik & menantang kalau pergi tanpa tour.
Lalu dimulailah proses hunting tiket dll. kurang lebih skitar 6 bulan kami mulai mencari tiket yg paling pas sementara rute juga masih belum fix jadi kami masih benar2 bingung di awal. Baca sana-sini dan bertanya di berbagai macam forum travelling lokal & internasional.
Akhirnya kami sepakat dengan rute Madrid (sebagain point of entry di eropa) dan pulangnya dari London.
Rute di eropanya kira2 seperti ini :
Spoiler for rute:


Pilihan tiket akhirnya jatuh ke Qatar airways setelah membandingkan harga bbrp airlines yg ada saat itu, termasuk pertimbangan gimana kalo perginya dari Jakarta saja. Oh ya, saya kebetulan berdomisili di Australia, jadi smpet mikir kalo dari jkt kan lebih deket & nggak terlalu lama di pesawatnya.
ini tiketnya
Spoiler for tiket:

Kelar urusan tiket pesawat, selanjutnya tempat menginap. Untuk hotel, saya rata2 book dari booking.com dan memilih yg lokasinya dekat dengan main central station di tiap kota yg akan kami kunjungi. Pertimbangannya supaya tidak terlalu repot bolak-balik ke stasiun karna kami terus berpindah2 kota.
Saya juga booked bbrp hotel via accor website, karna ada harga promosi. Jeleknya semua yg dibook via accor hotel website harus bayar dimuka, dan tidak bisa di cancel/modified. Jadi harus 100% yakin akan menginap sebelum booked.
Yak tiket sudah ditangan, rute juga sudah fix.. sekarang gimana membagi mau berapa hari di 1 kota, naik apa dari kota 1 ke kota berikutnya, dll. Banyak teman2 yg beri saran untuk naik kereta karna system kereta di eropa reliable dan bagus. Dan juga pertimbangan waktu yg harus terbuang jika naik pesawat untuk pergi ke bandara-antri cek-in & drop bagasi-dll.
Jadilah saya memutuskan untuk naik kereta selama di eropa, dan lagi saya memang pecinta kereta sejak kecil. Saya naik pesawat hanya rute barcelona-nice dan nice-roma karna rute tsb lumayan jauh dan memakan waktu jika ditempuh dengan kereta. Kembali bingung apakah lebih baik ambil pass seperti eurail global pass ataukah ambil di bbrp negara saja. Akan jadi topic bahasan tersendiri dan panjang jika saya terus cerita soal kebingungan saya waktu itu, singkat cerita saya memutuskan untuk beli tiket kereta point-to point dari dan ke kota di setiap negara yg akan saya kunjungi, saya ambil swiss pass karna saya did the math dan lebih menguntungkan untuk ambil pass tersebut.
Akhirnya semua persiapan beres, sekarang apply visa. Saya apply UK visa terlebih dahulu karena memakan waktu lebih lama. Dari proses isi form online, lalu buat appointment untuk biometric finger-print, lalu kirim smua aplikasi ke british consulate di sydney yg akhirnya semua dokumen akan di-forward ke manila. Prosesnya skitar 14hari kerja. Setelah visa UK ditangan, saya apply schengen visa via kedutaan Italy. Cuma 2 hari kerja, & visa sudah bisa diambil.

Oke cukup basa-basinya, langsung ke hari keberangkatan.
Pesawat saya berangkat tgl 28 feb jam 23:55, kebetulan hari itu day-off saya. Sialnya seminggu sblum keberangkatan, mata kiri saya bermasalah :’(. Ada semacam infeksi dan setelah di refer ke spesialis & dilakukan bbrp test saya harus pakai 2 macam obat tetes mata setiap 4jam sekali. Dan salah 1 obat itu bikin pupil dilated (tetap membesar meski kena cahaya) dan membuat pandangan saya blur sbagai efek sampingnya. Apa boleh buat, show must go on eh? emoticon-Stick Out TongueDan salah 1 obat tetes mata yg buat blurred vision itu minta ampun susahnya didapet. Akhirnya saya dapat juga setelah ngabisin waktu seharian muter2 ke berbagai chemist emoticon-Hammer
Begitu sampai di airport saya langsung cek FIDS
Spoiler for display:

Konter check-in sudah dibuka, jadi saya dan rombongan langsung ke konter untuk drop bagasi.
Staff di counter check-in kelihatan bingung dengan visa yg kami punya. Si mbak bertanya ke kami mana visa untuk ke spain? Saya jelaskan kami apply schengen visa via kedutaan italy, dan di halaman sebelah visa di paspor kami ada keterangan negara2 schengen yg ditempel dari kedutaan italy. Si mbak ttp ragu, dia bolak-balik paspor saya dan ttp aja yg ditemuin hanya visa schengen dari italy dan visa UK.
Akhirnya dia panggil supervisor untuk konfirmasi & si supervisor buka buku besar yg entah apaan isinya.
Saya jelaskan lagi dan tunjukkan kertas keterangan tsb dan akhirnya dia ngangguk & bilang “ok! all’s good” Ya elah mass.. kaga percayaan amat si uda dijelasin berkali2 emoticon-Stick Out TongueMereka bingung karna australian kalo ke eropa nggak perlu pake visa. Bahkan salah 1 teman bule kerja saya bingung waktu saya cerita mau apply schengen visa. “nama apaan tuh??” emoticon-Hammer
Dari situ kita langsung ke imigrasi
Kami jalan terus ke gate sambil liat2 & mau beli camilan
Spoiler for foto:

Spoiler for foto:


Tiba di gate, pesawat sudah datang & sudah diminta boarding
Spoiler for tunggangan ke doha:

Diinformasikan penerbangan ini akan memakan waktu sekitar 13,5jam (alamakk!!!). Saya mati gaya karna mata burem, jadi saya memilih mencoba tidur selama perjalanan.
Spoiler for amenities:

Spoiler for safety instruction:

Spoiler for majalah:

Menuju adelaide
Spoiler for foto:

Didaerah sri lanka setelah kurang lebih terbang selama 9jam
Spoiler for foto:

Spoiler for foto:

Saya coba tidur tapi tidak nyenyak karna pramugari menawarkan makan & minum tiap bbrp jam sekali. Saya coba ntn film tapi mata kok nggak enak.. bangun dan jalan2 di ke depan-belakang bolak-balik. Lalu iseng cek sudah sampai mana
Spoiler for yess sedikit lagi:

Sesampainya di doha int’l, kami langsung dijemput bus untuk ke terminal transit.
Spoiler for bus:

Sesampainya di terminal langsung antri security check dan naik bus lagi dari gate ke pesawatnya.
Spoiler for tunggangan kedua:

Akhirnya setelah another 7.5jam terbang, sdkit lagi sampai
Spoiler for foto:

Welcome to madrid
Spoiler for foto:

Spoiler for foto:

Spoiler for arah keluar:

Disini saya baru sadar kalau obat tetes mata saya ketinggalan di seat pocket tempat duduk didepan saya! Langsung buru2 ke arah ramp tempat tadi kita keluar dari garbarata, eeh ternyata pintunya sudah dititip. Akhirnya saya ke information dan information menjelaskan kalau saya harus lapor ke counter qatar di terminal keberangkatan (beda terminal). Lalu saya ke conter cust service LAN air yg kebutulan ada didekat information untuk coba kontak dengan staff qatar terlebih dahulu unutk cek apakah obat saya bisa tolong diamankan terlebih dahulu.
Singkat cerita setelah menunggu hampir 1,5jam , obat tetes mata saya kembali emoticon-Big Grin
Lansung naik taksi dari airport ke hostel tempat kami nginep. Tarifnya flat €40.
Hostel kami lokasinya didekat puerta del sol. Namanya hostal biarritz
Kami dapat quadruple room harganya €85 untuk semalam.
Spoiler for view dari balkon:

Hari itu kami hanya jalan disekitar hostel dan makan paella (makanan khas spanyol] di restoran dkat kami menginap. Lalu isitirahat setelah hampir 24jam perjalanan dari rumah.
Jam 4 pagi saya sudah terbangun dan merasa segar (karna jetlag juga kayanya), akhirnya saya browsing2 dengan harapan bisa tidur lagi. perbedaan -10jam dengan melbourne benar2 terasa.
Jam 9 kami check-out dari hotel & menitipkan barang2 kami di resepsionis. Jalan2 sebentar di madrid sbelum berangkat ke barcelona jam 1540.
Spoiler for sol underground station:

Spoiler for foto:

Spoiler for jalanan agak basah karna hujan semalam:

Beli hop-on/off bus
Spoiler for ticket:

Spoiler for foto:

Spoiler for puerta de atocha station:

ini busnya
Spoiler for bus:

Spoiler for dalemnya:

Spoiler for informasi soal €500 notes:

Ketemu konvoi beginian
Spoiler for foto:

En konvoi segway
Spoiler for foto:

Mampir ke bernabeu dan jalan2 sebentar disana
Spoiler for foto:

Dari stadion naik bus lagi,turun di plaza mayor dan memutuskan jalan kaki balik ke hostel karna sudah tidak terlalu jauh. Bnyak atraksi disini
Spoiler for foto:

Spoiler for foto:

Spoiler for foto:

Kami makan siang dulu di restoran dekat hostel, 3 course menu & makanannya lumayan enak. Yg sempat difoto
Spoiler for paella:

Spoiler for pork steak:

Spoiler for bacon & egg+potato fries:

Setelah makan, lansgung balik hostel dan ambil barang untuk langsung ke stasiun. Sampai di sol underground station kami bertanya ke salah 1 staff bagaimana cara ke puerta de atocha. Ternyata kami bisa naik kereta gratis karna tiket kami mencakup lokal train untuk ke atocha. Jadi si mbak2 yg baik itu bantu print tiket ke atocha & kasitau dmana harus naik keretanya. Harga tiketnya €37,5 per orang, dibeli 3 bulan sebelumnya via renfe website.
Sampai di atocha langsung ke platfom
Spoiler for foto:

Spoiler for AVE high speed train:

Spoiler for gerbong kami:

Tempat duduknya
Spoiler for foto:

Spoiler for dalemannya:

Spoiler for ngebut:

Tempat taruh koper
Spoiler for foto:


Sampai di barcelona, langsung ke information nanya arah ke hotel & beli tiket T-10 yg bisa di share untuk kita ber-4. Jadi setiap naik public transport cukup validate 4x.
Spoiler for T10:

Kami menginap di casa graciahostel, lokasinya walking distance dari diagonal station. Karena sampai di hostel sudah malam, jadi setelah check-in kami hanya stay di hotel saja. Kami dinner pop-mie karna malas keluar. Lucunya pas makan, ada yg bertanya ke kita “where did u guys get that? Did they sell those here? Smells very nice..” ☺
tata604
tata604 memberi reputasi
1
24K
107
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Cerita Pejalan Mancanegara
Cerita Pejalan MancanegaraKASKUS Official
840Thread2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.