Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

johnLem0nAvatar border
TS
johnLem0n
Curup, bagian dari bengkulu yang sedikit terlupakan
Thread ini dikopas dari thread ane di tetangga.emoticon-Blue Repost

Tujuan dari thread ini adalah untuk memperkenalkan Curup ke khalayak ramai dan menjdi sumber kalau ada agan2 yang mau ke curup (ane dulu nyari info tntang ni daerah agak susah soalnya) emoticon-Berduka (S)
Btw thread ini bakal fokus ke daerah curup dan sekitarnya. ane bukan asli dari daerah sini sih, tapi sekarang lagi kerja di mari. untuk yang mau meralat thread ini bila ada info yang keliru, sangat digalakkan. foto, gambar, atau informasi tambahan mengenai curup juga monggo di share untuk kebaikan bersama.

Curup

nah apa itu curup? curup adalah "kota" di sebelah timur bengkulu. masih satu provinsi sama bengkulu, tapi beda wilayah. jadi curup itu ada di kabupaten Rejang Lebong, berbatasan dengan kabupaten Kepahiang di daerah barat, kabupaten Lebong di utara, ama Lubuk Linggau (sumsel) di timur. jadi curup bisa dibilang perbatasan antara bengkulu dengan sumatra selatan.

Dari Bengkulu ke Curup.

jalan berliku:
Curup, bagian dari bengkulu yang sedikit terlupakan

waktu kmaren ke sini udah diperbaiki sih jalannya:
Curup, bagian dari bengkulu yang sedikit terlupakan

naah kalo udah ampe bunderan ini, brarti agan udah sampe kota curup nih:
Curup, bagian dari bengkulu yang sedikit terlupakan

bila sobat2 sekalian dari bengkulu ingin ke Curup, rute yang paling enak (paling enak, bukan paling cepat) adalah lewat kabupaten kepahiang. kalau lihat di google map, akan keliatan kalau cuma ada jalan lurus dari bengkulu ke curup. jangan percaya. kalian dibohongi sama google. jalan dari bengkulu ke curup cukup mbulek mbulek alias muter- muter. dengan rute yang belokannya bisa mendekati 180 derajat. walaupun tidak separah rute dari curup ke kabupaten lebong, tapi rute bengkulu curup bisa dibilang rawan. saat thread ini ditulis sedang ada perbaikan jalan sih di rute ini, jadi kalo sobat sekalian baca beberapa tahun lagi, mungkin jalannya udah bagus, meski masi muter2 kaya sirkuit balap f1.
jadi buat yang nggak kuat, disarankan bawa minyak angin ato obat penangkal mabok. dan yang suka mabok disarankan berhenti karena miras itu penyakit masyarakat.
kalo mau ke sini (kecuali sobat adalah atlet yang mau ke sini naek onta ato speda), disarankan naek travel.karena selain gak capek, supir travel yang biasa nyetir di jalanan berliku bengkulu-curup rata-rata udah apal rute belokan ama lobang2 di aspalannya. selama perjalanan sobat juga bisa melihat pemandangan berupa hutan hutan yang indah beserta monyet (iya monyet!) yang ada di kanan kiri agan. biasanya sih di satu sisi ada hutan, di sebelahnya lagi jurang/ tebing. maklum, rute ini motong bukit barisan ama hutan lindung milik pemerintah bengkulu. kalo mau naek motor juga bisa. tapi temen ane umumnya jatuh paling nggak sekali kalo liwat sini.
ane belum pernah liat angkutan umum yang liwat rute ini sih, jadi kalo ada yang punya informasi, silahkan di share.
lama perjalanan kira2 3-4 jam, tarif umum travel 60 ribu sekali jalan. mobil travel lmayan bagus. ada ac nya.


Kondisi Geografis

Curup itu seperti tengah2 nya telur ceplok. gara2 ni tempat dikelilingi ama bukit barisan. jadi tempat ini lebih cocok untuk jadi slogannya opera van java. soalnya mau liat ke timur gunung, mau liat ke barat gunung. tengah2 nya kota curup. hawanya dingin. kayak Londhon. ane belum pernah ke london sih, tapi dinginnya mungkin sama ama di sini. jadi, bawa jaket.
di curup ada Bukit Kaba. yang seneng Hiking bisa ke sana liat2 monyet ato apalah. ane sendiri sih blom pernah karna blom ada yg tmen ke sana.|

ada juga mata air panas di Suban Mas. nah ini faforit ane. jadi modelnya macem kolam renang, tapi ada dua. yang besar kolam air biasa, yang kecilan isinya air panas. dijamin seger gan.

nih ane kasi gambarnya
(gambar nyomot gogel soalnya ane gak punya kamera. ntar deh ya)

air terjun:
Curup, bagian dari bengkulu yang sedikit terlupakan

ini kolam suban mas nya. liat di blakangnya banyak hutan gan.
Curup, bagian dari bengkulu yang sedikit terlupakan

ini jalan mau ke suban nya, ntar nemu rumah kek gini. smacam rumah adat apa gmna gitu. tapi kbanyakan di sini rumahnya udah pake bata.
Curup, bagian dari bengkulu yang sedikit terlupakan

Kondisi Sosial
masyarakat campuran gan. mungkin karena banyak instansi2 pemerintah jadi pendatang juga banyak (terutama suku jawa). cewek2 nya gak usah ditanya. buening buening macam kacamata afghan. bneran. cowoknya lumayan sih, tapi ane masih lbih sneng cewek. putih2, manis2. sayangnya kalo mnurut ane agak galak. maklum pendatang jawa. emoticon-No Sara Please tapi hatinya baek kok. emoticon-Kiss

Kondisi Ekonomi (yang Kere perhatikan!)
ntar ane apdet lagi.

kalo berkenan ntar ane terusin..
Diubah oleh johnLem0n 12-07-2014 14:12
haqualovers
haqualovers memberi reputasi
1
10K
21
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.3KThread84KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.