Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

deganfanAvatar border
TS
deganfan
Lima Alasan Mengapa Pilpres RI Patut Diperhitungkan!
Five reasons why Indonesia's presidential election matters

RI yang dulu mengalami kediktatoran, sekarang berkembang menjadi negara demokrasi terbesar ketiga di dunia, dimana negara dengan 90% yang beragama muslim ini sedang melangkah maju dengan pemilihan presiden secara langsung.

Lima Alasan Mengapa Pilpres RI Patut Diperhitungkan!

187 juta penduduk Indonesia akan ambil bagian dalam pemilihan langsung yang akan menggantikan presiden terpilih dengan presiden baru.

1. Mega Democracy
Indonesia adalah negara demokrasi terbesar ketiga di dunia, dengan 187 juta pemilih, termasuk 67 juta pemilih pertama kali. The incumbent, Susilo Bambang Yudhoyono, adalah presiden keempat sejak jatuhnya mantan penguasa otoriter Suharto pada tahun 1998 - dan yang pertama dipilih secara langsung. Setelah melayani maksimum dua periode lima tahun, Yudhoyono dibatasi UU untuk meraih jabatan ketiga. Ini adalah pertama kalinya kekuasaan akan diserahkan dari satu presiden yang dipilih langsung ke yang lain.

Lima Alasan Mengapa Pilpres RI Patut Diperhitungkan!

2. Healthy Economy
Indonesia adalah ekonomi yang semakin penting. Lumpuh oleh krisis keuangan Asia tahun 1998, sekarang adalah ekonomi terbesar Asia Tenggara, anggota G20 dan salah satu yang terbaik ekonomi berkinerja secara global. Diperhitungkan dalam Mint (Mexico, Indonesia, Nigeria dan Turki), sebuah kelompok baru ekonomi pasar yang berkembang, perekonomian Indonesia diproyeksikan menjadi yang terbesar ketujuh secara global pada tahun 2030. Selama beberapa tahun terakhir, negara telah kembali ke investment grade, dan berkelanjutan yang kuat dalam pertumbuhan sepanjang resesi global, terutama di bagian konsumsi domestik yang sehat. Pertumbuhan PDB diperkirakan menjadi 5,7% tahun ini dan meningkat lebih lanjut pada tahun 2015. Namun, sekitar 32 juta rakyat Indonesia masih hidup di bawah garis kemiskinan dan potensi ekonomi negara dipegang oleh kembali oleh tingginya tingkat korupsi dan kendala infrastruktur.

Lima Alasan Mengapa Pilpres RI Patut Diperhitungkan!

3. Dynamic society.
Sementara kudeta militer merusak stabilitas politik Thailand, dan sistem kuasi satu partai-aturan di Malaysia dan Singapura yang menyiratkan demokrasi setengah hati, transisi demokrasi di Indonesia sebagian besar telah dipuji sebagai kisah sukses. Sejak jatuhnya Soeharto, yang nepotis dan korup selama 32 tahun berkuasa, Indonesia telah berpindah dari pemerintahan terpusat dalam demokrasi yang riuh dan bebas. Jual beli suara dan "politik uang" telah dirusak sebagian orang, tetapi pemilihan negara itu sebagian besar bebas dan adil dan negara memiliki masyarakat sipil yang dinamis dan salah satu pers yang paling bergairah dan penting di Asia.

Dalam parlemen yang didominasi oleh orang-orang yang bangkit untuk menonjol selama era Soeharto, korupsi tetap menjadi masalah besar. Tetapi tubuh anti-korupsi negara itu, KPK, telah membuat keuntungan yang luar biasa. The "graftbusters" telah dipenjarakan beberapa politisi dan tokoh profil tinggi dalam beberapa tahun terakhir, hanya minggu ini menempatkan Akil Mochtar, mantan Ketua MK, di balik jeruji besi seumur hidup.

Lima Alasan Mengapa Pilpres RI Patut Diperhitungkan!

4. Moderate islam
Dengan jumlah penduduk 240 juta orang, 90% di antaranya adalah Muslim, sering mengangkat, bersama Turki, sebagai contoh kompatibilitas demokrasi dan Islam. Meskipun Timur Tengah dapat menjadi pusat gravitasi bagi dunia Islam, Indonesia memiliki lebih banyak Muslim dari itu seluruh wilayah. Sejak jatuhnya Suharto, ketika kedua kebebasan politik dan agama yang dibatasi, demokrasi dan Islam telah berkembang pesat. Muslim di Indonesia didominasi mempraktikkan bentuk moderat dari Islam, dan selama beberapa tahun terakhir pemerintah telah bekerja keras untuk melumpuhkan kelompok-kelompok ekstremis, seperti mereka yang berada dibalik pemboman Bali tahun 2002. Konstitusi Indonesia melindungi kebebasan beragama tetapi di bawah Yudhoyono - yang termasuk koalisi partai berbasis Islam - intoleransi agama terhadap umat Kristen, Muslim Syiah dan Ahmadiyah telah meningkat.

Lima Alasan Mengapa Pilpres RI Patut Diperhitungkan!


5. National unity
Siap untuk memainkan peran yang lebih besar di panggung global, politik dan ekonomi, Indonesia membutuhkan pemimpin yang dapat menyatukan salah satu negara yang paling beragam. Ini adalah sebuah negara yang membentang di lebih dari 17.000 pulau, dengan ratusan kelompok etnis dan bahasa -. Telah memelihara kesatuan dengan baik sejak berdirinya pada tahun 1945. Dalam dunia global yang dilanda perpecahan, separatisme dan break-up, RI berdiri sebagai contoh manfaat kebersamaan. Kedua kandidat terkemuka memiliki benang nasionalis yang kuat. Siapapun menang, dunia mungkin akan menghadapi Indonesia yang lebih kuat dan tegas, setelah 9 Juli.

http://www.theguardian.com/world/201...ection-matters
0
1.8K
12
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.4KThread84.4KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.