Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

EvansALAvatar border
TS
EvansAL
Lakukan Hal Ini Pada Motor Agan, Supaya Tak Mudah Dicuri Seperti Saya
[*spoiler="Pertama-tama"]Maaf kalo semisal ini post REPSOL gan, tetapi ane yakin ini gak REPSOL kok. Ane ngepost ini tidak lain & tidak bukan, cuma ingin berbagi ilmu, supaya kejadian serupa tak menimpa agan-sekalian. Makasih[*/spoiler]

Pencurian kendaraan bermotor, sepertinya sudah marak terjadi pada zaman sekarang. Makin lama, makin banyak orang yang 'cerdas' menciptakan cara mujarab untuk melakukan tindakan tak terpuji ini.

Lakukan Hal Ini Pada Motor Agan, Supaya Tak Mudah Dicuri Seperti Saya


Oleh sebab itu, ada baiknya lakukan hal-hal berikut untuk anda & motor anda, supaya tak mudah dicuri, beragam modus pencurian sudah banyak yang terungkap, agar anda tak menjadi KORBAN BERIKUTNYA ada baiknya browsing & cari tahu seperti apa saja jenis modus tersebut.

[*spoiler="Sedikit curhat"]Pengalaman telah mengajarkan saya tentang arti penting sebuah kedisiplinan hidup. Disiplin agar tak teledor, dalam segala hal, salah satunya adalah disiplin agar tak teledor memarkirkan kendaraan. kehilangan motor sangat pahit saya rasakan, tak terasa, sudah hampir 6 bulan lamanya kejadian menyakitkan hati itu berlalu.. Ahh sudahlah, pedih rasanya kalau mengingat hal itu.

Salah saya memang, tapi yang berlalu biarlah berlalu, toh harta masih bisa dicari emoticon-Smilie[*/spoiler]

Karena itu, saya di sini akan coba memberikan beberapa tips trik untuk anda bagaimana caranya menjaga motor agan-agan semua agar tak terjadi hal-hal yang tak diinginkan, yang pernah menimpa saya ini. Beberapa cara yang saya anggap mujarab, diantaranya:

1. KUNCI STANG MOTOR

Hal kecil yang sering kali diabaikan, tetapi memiliki dampak yang sangat fatal. Inilah salah satu kecerobohan saya waktu itu, yaitu lupa mengunci stang motor. Akibatnya, kurang lebih 10menitan saya tinggal motor tersebut untuk menunaikan sholat maghrib di salah satu masjid di 'kampung' saya, motor saya pun raib, hilang ntah kemana.

Nah, buat agan-agan. Kalau sedang berhenti di suatu tempat, agaknya tak lupa untuk mengunci stang motor sebelum di tinggal. TERLEBIH kalau tempat itu adalah tempat asing yang belum pernah agan kunjungi sebelumnya/tempat yang cukup sepi untuk orang beraktifitas/parkiran yang sedikit 'antah berantah' di suatu keramaian. emoticon-Smilie

Hal tersebut sama saja menyerahkan dengan cuma-cuma harta kita pada pelaku kejahatan. Apalagi jika anda punya kebiasaan menyimpan STNK bahkan BPKB di dalam jok motor. Wah, itu sudah pasti tindakan konyol yang bisa bikin maling tersenyum.

BTW, katanya kunci stang motor yang paling sulit buat dibobol itu adalah motor sport, kemudian disusul motor bebek, dan terakhir motor matic (kata orang-orang disekitar ane, kalau motor matic katanya emang paling mudah dibobol)

2. BILA PERLU, PASANG GEMBOK DI CAKRAM DEPAN MOTOR & DISELA-SELA GEAR RANTAI

Jika agan meninggalkan motor agan cukup lama di suatu tempat, apalagi tempat terbuka yang sedikit mencurigakan, lebih baik pasang saja gembok di bagian cakram depan motor agan. Mungkin satu gembok bisa saja dijebol maling, tapi jika kita pasang dua gembok pasti maling bakal mikir-mikir juga. Dia tak akan ambil resiko terlalu lama membobol kunci-kunci yang kita pasang. Lakukan jika bermanfaat

3. TEMPELKAN STIKER "PENGENAL" DI BODY MOTOR AGAN
Ini nih, salah satu cara yang DISARANKANabang-abang deller motor, sayangnya saya menanyakan hal tersebut terlambat, saya menanyakan ketika motor sudah raib.

Jenis cutting stiker sangat disarankan supaya maling juga berfikir enam kali bagaimana repotnya membersihkan stiker-stiker itu nantinya. Inilah yang terjadi pada salah satu anggota klub motor di kota saya (abang deller itu cerita).

Sebelum saya pernah ada satu kejadian curanmor, motor yang dicuri adalah salah satu motor dari sebuah klub motor terbesar di kota saya. Kejadian itu dilaporkanlah kepada pihak yang berwenang, setelah kejadian pula, seluruh anggota klub motor lain di kasih tau (di sms) oleh ketua klub motor tersebut, dikasih tahu ciri-ciri motor tersebut, agar kalau di jalan bisa sambil bantu cari.

Dalam 3 jam (kalau tidak salah), motor tersebut ditemukan ketika sang pencuri mendorong motor tersebut di tepi jalan untuk pergi ke sebuah bengkel, salah satu PENYEBAB motor tersebut di temukan, adalah karna terdapat SEBUAH STIKER khas milik salah satu klub motor (yang motornya hilang itu). Karena lupa menghapus stiker tersebut kali ya? hahaha, tapi katanya stiker itu emang sudah buat dihilangkan, walau hilang pasti meninggalkan bekas!

padahal plat nomer kendaraan sudah diganti.

4. KALAU BISA, GABUNG MENJADI ANGGOTA KLUB MOTOR

Ini adalah saran lanjutan oleh abang-abang deller tadi, yaitu ikut gabung menjadi anggota klub motor. Tujuannya? Selain menambah jaringan pertemanan yang positif, kalau ada masalah seperti tadi, informasinya bisa langsung disebar luas ke klub motor lain. Itu keuntungan menjadi anggota klub motor, INGAT! Klub motor, bukan geng motor yaa. Beda lhoo

5. PARKIRKAN MOTOR DENGAN STANDAR TENGAH & STANDAR SAMPING BIARKAN DALAM POSISI MENGGANTUNG

Jangan lupa, hal ini patut dilakukan jika perlu (atau memang harus). Hal ini akan sedikit menambah waktu ‘kerepotan’ si maling pada saat beraksi. Ingat, maling motor biasanya akan memilih mangsa yang paling cepat dan mudah digondol.

6. KALAU AMAN, KAITKAN & KUNCI HELM DI PENGAIT YANG TERSEDIA PADA JOK MOTOR

Kalau tipe bebek biasanya pengait helm ada di dalam ujung jok bagian depan (kiri kanan). Keberadaan helm yang terkunci dalam jok akan membuat maling berpikir dua kali sebelum bertindak. Dia tentu tidak mau repot menyingkirkan helm-helm yang terkait di dalam jok. Mending cari motor lainnya saja.

Tapi cara ini dapat menimbulkan masalah baru, yaitu helm kita yang hilang digondol maling emoticon-Bingung (S) . Karena helm yang saya gantung di jok motor, pernah sekali hilang ketika sholat jum'at di MASJID YANG SAMA DENGAN HILANGNYA MOTOR SAYA (namun, duluan HELM hilang dari MOTORNYA.. tapi helm hilang ketika saya pakai motor bebek, sedangkan motor saya yang hilang itu motor sport V-Ixion new emoticon-Sorry )

7. KASIH MOTOR ANDA ALARM

ini nih yang patut dicoba, yaitu kasih motor anda alarm yang berbunyi ketika ada suatu hal 'asing' terjadi pada motor anda. Kan kalau alarm itu nyaring suaranya, nah ini nih yang bikin maling kelabakan kalau aksinya gagal. Kalau anda beruntung, tuh maling bisa digebukin sama warga sekitar yang 'mengetahui aksinya'.

8. IKATKAN TALI/KAIN MERAH PADA SALAH SATU BAGIAN MOTOR ANDA

Dan ini adalah cara terakhir yang saya coba sarankan untuk anda. Yaitu ikat tali/kain merah pada motor anda! Kalau di daerah saya sih, tali merah yang diikat pada motor itu disinyalir bahwa motornya sudah dikasih 'KIBANG'.

Apa itu kibang? bisa dibilang kibang itu adalah kekuatan gaib yang telah diisi pada suatu objek, agar kalau ada orang yang ingin mengambil objek tersebut bisa terkena sesuatu hal aneh. Seperti: tak bisa bergerak dari tempat ia mengambil objek tersebut tanpa izin sampai tuannya datang, atau bisa juga akan mendapat penyakit aneh, seperti kepanasan sepanjang hari dan sebagainya.

Ikatkan tali merah pada bagian yang sedikit tersembunyi di motor anda, tetapi masih bisa terlihat dari luar. BUATLAH PENCURI TAKUT! Kita harus lebih licik lagi dari si pencuri emoticon-Smilie

TAMBAHAN

Segitu dulu gan postingan saya kali ini, kalau ada tips trik lainnya mengenai cara mengamankan kendaraan motor dari pencurian ini, bisa di post pada kotak komentar. Insya Allah kalau terbaca, akan saya munculkan di PEJWAN emoticon-Smilie

Jadi ingat pesan bang napi rct*. Kejahatan terjadi bukan hanya karena niat pelakunya, tetapi juga karena ada kesempatan. INI SANGAT BENER GAN! Ane sadar, ane teledor waktu itu emoticon-Mewek
0
40.2K
31
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Kendaraan Roda 2
Kendaraan Roda 2KASKUS Official
19.1KThread9.4KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.