Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Sekilas Game yang sudah 10 Tahun "meracuni" gamers Simulasi Football Management

PupoeAvatar border
TS
Pupoe
Sekilas Game yang sudah 10 Tahun "meracuni" gamers Simulasi Football Management
Halo agan agan,
Ini thread ane yang udah lama ane niatin untuk post di kaskus. Sebuah game yang sudah 10 tahun ini menemani ane dari jaman kuliah ampe dah kerja ini. Game tersebut bernama : FOOTBALL MANAGER .

Jangan lupa dikasih emoticon-Rate 5 Star dulu gan biar banyak FMlovers yang ikut nimbrung


Cekidot !

Tak bisa dipungkiri, sampai tulisan ini dibuat. Edisi Football Manager masih menjadi pemimpin terdepan di genre football management simulation. Ditambah dengan pensiunnya sang saingan (yang paling mendekati dari sisi popularitas : FIFA Manager emoticon-Berduka (S)), makin sedikitlah pilihan para gamers di genre games ini. Nah, Mari kita ulas sedikit game yang katanya bertanggung jawab pada 35 kasus perceraian di Inggris pada tahun 2012 Sumber
Bisa dibilang, hampir tidak ada game dengan genre yang sama yang mampu menyaingi keperkasaan Football Manager. Di setiap tahun edisi baru Football Manager diterbitkan,hampir tidak ada developer selain Sport Interactive yang berani untuk ikut terjun di genre ini. Yah, mungkin ada Eidos yang meneruskan seri CM, tapi berhenti di CM11 (dan itu pun hanya untuk Apple iOS).

Sedikit Sejarah :
Football Manager seperti yang kita biasa mainkan ini, kita ketahui bersama adalah pengembangan dari franchise Champhionship Manager. Hasil kolaborasi Eidos dan Sports interactive yang akhirnya pecah kongsi pada tahun 2004, Para sesepuh FMLovers pasti ingat pada tahun tersebut, terbit dua game dengan genre yang sama bernama CM 5 dan Football Manager 2005.
Btw, sebelum kita berbicara jauh ke depan. Ada yang tahu bahwa sebenarnya game dengan judul Football Manager sendiri sudah ada tahun 1982 ? Walau bisa dibilang hampir nggak ada hubungannya sama sekali dengan versi FM yang kita kenal sekarang.

FM Jadul : 1982
Spoiler for jadul 1:

Spoiler for Jadul 2:

Spoiler for Jadul 3:

Yup, judulnya memang sama tapi ini beda, dibuat jauh sebelum kebanyakan FMlovers lahir. Yang akhirnya dibeli hak untuk memakai judul tersebut oleh pihak SIGames untuk meneruskan engine yang dikembangkan bersama Eidos sebelumnya, dan menjadi Football Manager seperti yang kita kenal selama ini. Maka, kesempatan ini kita ngomong yg versi Sports Interactive aja ya. (FM 2005 ke atas).

Jika kita membicarakan apa yang membuat game ini begitu membekas kesannya saat kita bermain, tentunya kita semua setuju dengan database klub dan pemain yang bisa dibilang sangat besar dan detail. Kurang lebih ada 51 negara, 117 liga, serta banyaknya data pemain dan staff yang bermain di klubnya masing masing, disajikan sesuai aktual dan detail. Hal ini ditambah juga dengan banyaknya informasi yang sebenarnya kecil tetapi malah semakin menguatkan kesan kita atas kedekatannya dengan dunia nyata. Seperti profil klub dan pemain, sampai data tanggal lahir, tinggi dan berat juga tidak luput menjadi data yang dimasukkan ke game ini. Setiap edisi makin meningkatkan kedekatannya di dunia nyata seperti sistem transfer dan negosiasi yang terus berevolusi, mulai diperkenalkannya sistem agen, dan mulai diberlakukan Financial Fair Play makin menarik imajinasi kita sebagai seorang Manager Klub sepakbola, layaknya di dunia nyata.
Saat ini, Football Manager series sudah sampai ke edisi 10nya, yang mana sudah bertanggung jawab pada kecanduan agan-agan sekalian pada dunia ini. Mari kita nostalgia sedikit.

FOOTBALL MANAGER 2005
Spoiler for FM 2005:


FOOTBALL MANAGER 2006
Spoiler for FM 2006:


FOOTBALL MANAGER 2007
Spoiler for FM 2007:


FOOTBALL MANAGER 2008
Spoiler for FM 2008:


FOOTBALL MANAGER 2009
Spoiler for FM 2009:


FOOTBALL MANAGER 2010
Spoiler for FM 2010:


FOOTBALL MANAGER 2011
Spoiler for FM 2011:


FOOTBALL MANAGER 2012
Spoiler for FM 12:


FOOTBALL MANAGER 2013
Spoiler for FM13:


FOOTBALL MANAGER 2014
Spoiler for FM14:


Demikian agan-agan, ane yakin banyak agan-agan yang juga pecandu FM disini, semoga bisa menghibur dan membuat tersenyum agan-agan sambil mengingat masa masa bahagia dimana rela tidak tidur demi mengantarkan klubnya menjadi juara Champhions.

Bagaimana cerita agan-agan ? (btw, masih misteri apakah ada aganwati yang ikut maen game ini emoticon-Matabelo)

Oh iya, agan-agan juga bisa berkunjung ke thread kita di
Spoiler for @idfm FM14 Thread:


Berhubung banyak yang nanyain Screenshot, nih ane comot dari first pagenya thread @idfm
Post #3 thread @idfm

Sumber :
Blog ane
Mbah Wiki
Pengalaman pribadi emoticon-Malu (S)
Diubah oleh Pupoe 10-01-2014 08:31
0
14.5K
151
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923KThread83.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.