Kaskus

Entertainment

Pengaturan

Mode Malambeta
Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Aneh Tapi Nyata: 2 Sungai di Polandia Ini Saling Memotong Tapi Aliran Gak Nyampur

stephangAvatar border
TS
stephang
Aneh Tapi Nyata: 2 Sungai di Polandia Ini Saling Memotong Tapi Aliran Gak Nyampur
Fenomena hidrologi ini unik, yaitu pertemuan dua buah sungai yang saling berpotongan dan saling bersilang, namun aliran airnya tak bersatu. Padahal kedua sungai tersebut sudah saling memotong dan saling bertemu. Ini terjadi di pinggiran kota Wagrowiec, di Polandia.
Sungai tersebut bernama Welna dan Nielba. Kedua sungai itu sudah saling berpotongan, bahkan hampir tegak lurus satu sama lainnya, tapi pada kenyataannya aliran kedua sungai tersebut tidak membaur atau bercampur satu sama lainnya. Mengapa hal aneh tersebut bisa terjadi?
Tampak persimpangan sungai Weena dan Nielba dari atas.
Ternyata hal tersebut bisa terjadi kerena pada saat kedua sungai bertemu satu sama lainnya, kedua aliran air di sungai itu akan saling bergerak memutar seperti whirpool atau pusaran.
Kemudian masing-masing aliran air sungainya kembali mengalir keluar dari dasar sungai itu sendiri, namun tetap secara terpisah.
Namun yang perlu diingat dalam fenomena ini adalah kecepatan masing-masing sungai harus sesuai datu dengan lainnya.
Awalnya persimpangan tersebut diciptakan secara artificial pada tahun 1830 selama pekerjaan rekayasa pengairan. Keunikan tersebut hanya dapat terjadi pada daerah yang datar, dan level air tidak bisa turun terlalu rendah.
Tampak aliran sungai Nielba yang airnya mengalir dari kiri atas ke kanan bawah, dan sungai Weena yang airnya mengalir dari kanan atas ke kiri bawah. Anehnya kedua aliran sungai ini tetap berjalan sesuai aliran sungainya masing-masing dan kemungkinan airnya bercampur hanya 10 persen.
Fenomena hidrografi unik antara sungai Nielba dan Welna ini adalah satu-satunya yang terjadi di Eropa dari hanya dua yang ada di dunia!
Hasil dari penelitian telah menunjukan bahwa campuran yang mungkin terjadi pada kedua air sungai di perpotongan itu hanya 10 persen.
Hal ini sudah ditetapkan dengan menganalisis air bagi beberapa makhluk hidup yang menghuni kedua sungai tersebut.
Bahkan perbedaan makhluk hidup di kedua sungai tersebut tetap ditemukan 2,4 kilometer setelah persimpangan sungai. Dan sungai Nielba akhirnya mengalir ke sungai Welna di dekat danau Legowskie.
Terlihat papan informasi untuk turis yang menerangkan bahwa kedua aliran air di sungai Weena dan Nielba saling mengalir pada alirannya masing-masing dan tidak bercampur diantara keduanya.
Daerah kedua sungai ini berada bernama Wagrowiec, yang terletak di tengah-tengah wilayah Paluki yang bersejarah dalam hal daerah yang kaya akan konten hidrologi.
Dari jaringan hidrografi sepanjang aliran di sungai Welna, yang paling menonjol tersebut ada di sekitar Wagrowiec.
Di kala dahulu yaitu pada abad ke-19, pemerintah kota memutuskan untuk mengatur perairan dari sungai Welna tersebut untuk keperluan irigasi di daerah itu
Spoiler for fotonya:


Spoiler for fotonya 2:


Spoiler for fotonya 3:


Spoiler for sumbernye:
Diubah oleh stephang 29-11-2014 15:49
0
4.1K
21
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
KASKUS Official
924.4KThread88.3KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.