Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

3L33T3Avatar border
TS
3L33T3
(Indonesia SIAGA 2) "Kenapa Wiranto Tdk Tetapkan Keadaan Darurat Saat Rusuh Mei 1998?
JAKARTA, KOMPAS.com — Mayjen TNI (Purn) Haryadi Darmawan bercerita saat ia meminta mantan Panglima ABRI Jenderal (Purn) Wiranto mengeluarkan pernyataan Indonesia dalam keadaan darurat yang tidak ditanggapi oleh Wiranto. Imbasnya, banyak yang bertindak sendiri-sendiri untuk mempertahankan keamanan.

Akibatnya, menyalahkan mantan Danjen Kopassus Prabowo Subianto bukan tindakan kesatria.

"Saya bersama tiga orang menghadap Pangab, 'Pak Wiranto, ini keadaan sudah tidak dapat dikendalikan lagi'. Saat itu kami meminta supaya dinyatakan keadaan darurat," tutur Haryadi di Hotel Intercontinental, Jakarta Pusat, Senin (23/6/2014).

Haryadi yang ketika itu menjabat Staf Khusus Kemenhan menyebutkan, di angkatan itu sendiri sudah ada fraksi-fraksi yang pro dan kontra. Atas dasar itulah ia meminta pernyataan keadaan darurat atau setidaknya siaga satu. Menurut Haryadi, dengan kondisi darurat, pimpinan keamanan dapat ditangani oleh satu tangan.

Sebenarnya Presiden saat itu, yakni Soeharto, sudah mengeluarkan keputusan kepada Wiranto, sebagai Pangab, untuk segera mengambil tindakan.

"Ternyata pada waktu saya dengan tiga orang menghadap beliau, Wiranto menjawab, 'Wah tidak bisa, itu inkonstitusional'. Betapa terkejutnya saya," papar Haryadi yang pernah menjabat sebagai KSAD ini.

Haryadi kaget, dalam keadaan situasi kacau-balau seperti itu, Pangab dengan memegang komando panglima tertinggi mengatakan bahwa keputusan darurat adalah inkonstitusional. Maka, saat itu, Haryadi dan ketiga temannya keluar dari ruangan Wiranto dengan keadaan marah.

Haryadi kemudian bertanya-tanya siapa sebenarnya pemegang kewenangan kekuasaan. Setelah itu, demonstrasi pun bertambah parah. Penjarahan dan pemerkosaan di mana-mana dan memakan banyak korban.

Haryadi mengatakan, tidak ada yang bertanggung jawab pada saat itu. Akhirnya, muncul tindakan-tindakan tanpa perintah dari siapa pun. Menurut Haryadi, hal ini bisa dimengerti karena saat itu keadaan tidak menentu.

"Setiap orang itu bertindak sendiri-sendiri. Dalam keadaan chaos ini, penguasa yang mempunyai kewajiban mempertahankan keamanan telah mengabaikan dan membiarkan keadaan ini," sambung Haryadi.

Imbas dari kekacauan tersebut adalah pihak-pihak yang mempermasalahkan hanya pada satu atau dua orang.

"Kemudian DKP hanya menyalahi Prabowo, itu bukan tindakan yang kesatria," sebut Haryadi yang juga mantan Ketua ILUNI UI ini.

SOURCE CODE

Indonesia SIAGA 2, SIAGA dari CAPRES NO 2..

SIAPA KESATRIA DAN SIAPA PEMICU KEHANCURAN BANGSA?

Ini tanggung jawab BERSAMA.. Jangan biarkan INDONESIA hancur karena "CIVIL WAR" jika rakyat salah MEMILIH PEMIMPIN..

Mari kita berpikir jernih.. Siapa sebetulnya pelanggar HAM dan siapa korban pembunuhan karakter 98?
Siapa kepala BIN saat munir terbunuh? siapa presidennya? ya benar am hendropriyono di era megawati berapa banyak kerusuhan terjadi pada saat megawati memerintah? berapa banyak pertumpahan darah sesama bangsa terjadi? berapa banyak rakyat menjadi korban "CIVIL WAR" ala HENDROPRIYONO???

Bagi hendropriyono nyawa rakyat tidak penting, kekuasaan yang terpenting, bila perlu pecah belah dan ciptakan chaos untuk melegitimasi kekuasaan.

Kenapa hendropriyono, wiranto, sutiyoso begitu ketakutan jika PRABOWO SUBIANTO menjadi presiden? Ada apakah gerangan? ada apa dibalik semua ini? Ada apa sehingga hendropriyono dan wiranto membabi buta menyerang PRABOWO SUBIANTO? ada kejadian KHUSUS apa pada 98?

PRABOWO SUBIANTO adalah seorang NEGARAWAN sejati, beliau rela BERTANGGUNG JAWAB atas kesalahan anak buahnya (mana ada pemimpin mau menanggung kesalahan anak buahnya?), beliau rela diam selama ini, dan lihat KEBENARAN berpihak pada yg JUJUR dan memiliki RASA CINTA tanah air dan NASIONALISME bagai batu karang. Sekian lama PRABOWO SUBIANTO diserang dari berbagai pihak, selama ini pula NAMANYA BERSINAR, tegak tak tergoyahkan, ALAM SEMESTA rupanya lebih tau mana benar mana salah..

SAAT pemimpin seperti PRABOWO SUBIANTO ini didatangkan TUHAN sebagai sebagai sebuah pilihan terbaik BANGSA, kenapa kalian BERPALING??? RAPATKAN barisan, BENTUK pertahanan, bela PEMIMPINMU, Kobarkan semangatmu, teriaklah LANTANG "PEMIMPIN YANG KITA TUNGGU TELAH TIBA" bela dia hingga titik darahmu yang penghabisan, hingga napasmu yang terakhir.. jangan GOYAH.. KABARKAN ke SELURUH PELOSOK NEGERI.. PEMIMPIN INDONESIA yang kita tunggu telah TIBA.. PRABOWO SUBIANTO pembawa kemakmuran dan kedaulatan tanah air.. yang tak pernah goyah saat COBAAN dan TANTANGAN datang menghadang.. Yang berani BERTANGGUNG JAWAB.. Berani MENANGGUNG BEBAN BERAT demi NASIONALISME dan CINTA TANAH AIR..

Lalu dimana KALIAN??? PALINGKAN wajahmu kesini.. PEMIMPINMU telah datang.. SAMBUT dan DUKUNG dia MENUJU KEJAYAAN INDONESIA.. Sambut dan KUMANDANGKAN nyanyian kebangsaan dan kebanggaan INDONESIA RAYA.. PRABOWO SUBIANTO pemimpin yang telah lama kita tunggu AKHIRNYA TIBA untuk KEJAYAAN INDONESIA...

Look at your young men fighting
Look at your women crying
Look at your young men dying
The way they've always done before

Look at the hate we're breeding
Look at the fear we're feeding
Look at the lives we're leading
The way we've always done before[/B
]
[B]
GNR - Peruvian General - mind.hack@yahoo.com


***** Pasangan NO 2 : 35%

Quote:
0
6.5K
51
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672KThread41.7KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.