Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

Reg.Leader.JawaAvatar border
TS
Reg.Leader.Jawa
[Bertahanlah Pak ] Jokowi di Mata Kyai Lokal Solo






JOKOWI DIMATA KYAI LOKAL SOLO


Berawal dari seringnya mendapat pertanyaan dari teman-teman alumni Pondok Langitan, perihal sosok JOKOWI, bagaimana keislamannya dan kiprah dia sewaktu menjadi Wali Kota Solo. Pertanyaan tersebut ada mungkin karena seringnya kampanye hitam yang mereka terima, baik melalui SMS, transkip pembicaraan, media cetak maupun di sosial media. Awalnya saya jawab, “menurutku, sepengetahuanku….” Tapi jawaban seperti itu, bagiku sendiri juga tidak afdhol, kurang begitu shohih, tsiqoh, aku iki lho sopo?

Kemudian saya berinisiatif untuk mendapatkan info tentang JOKOWI dari sumber yang tsiqoh, yang tahu dan kenal dekat dengan JOKOWI, dan yang aku tahu adalah KH. Abdul Kareem, seorang hafidzul Qur’an dan juga Pengasuh Pondok Pesantren Az-Zayyady, Laweyan, Solo. Untuk masyarakat Solo dan sekitarnya pasti tahu siapa beliau. Beliau juga sahabat sekaligus mentor JOKOWI.
Spoiler for Keislaman Jokowi:

Spoiler for Di Isukan Kafir:

Spoiler for Jokowi Tidak sebagus santri-santri lainnya:

Spoiler for Kepemimpinan Jokowi:

Spoiler for Penutupan Lokalisasi dan pemindahan PKL:

Spoiler for Tarawih dan sholat Idul fitri di Lodji Gandrung:

Hal-hal seperti itu tentu tidak pernah kita dengar dari mulut JOKOWI sendiri, yang kita dengar hanyalah pembelaan, “Saya Islam, dan saya meyakini kebenaran Islam saya.” Dan pembelaan diri JOKOWI bahwa dirinya dari keluarga muslim yang baik, yang juga telah melakukan rukun Islam kelima, itu juga baru kita dengar setelah begitu gencarnya fitnah yang meragukan keislaman dia selama PILPRES 2014 ini.

Selama Pilkada Jakarta, dua tahun lalu, JOKOWI membiarkan fitnah-fitnah itu bagai angin lalu, Islamku yo Islamku, lapo dipamer-pamerke… mungkin seperti itu pikirnya. Padahal sekarang yang lagi naik daun adalah “Akulah yang paling Islam, Akulah yang paling benar” yang lain KW.

Pak Kyai Dul Kareem, memang tidak semahsyur para masyayih maupun para mursyid, tapi beliau adalah orang yang ikhlas, dan juga salah satu tokoh yang nasehatnya didengar JOKOWI. Dan JOKOWI pun tidak pernah menarik Pak Dul Kareem dalam ranah politik dia.

“Gus Kareem, saya minta dikawal sampai saya selesai, tapi Panjenengan hanya bisa menasehati kulo atau memberi usul, tidak bisa merubah kebijakan saya dalam hal pemerintahan. Kalo dalam hal wudhu, atau sholat, atau ibadah kulo yang salah, kulo menawi mboten nurut Jenengan, kulo monggo Jenengan sampluk, itu perkataan Jokowi sendiri ketika dia menjadi Wali Kota Solo, begitu itu sosok Pak Jokowi Gus, tegas, semua bawahannya pasti tahu itu.” Akhir cerita PakDul Kareem, Allohu Yarham.

Terlepas dari penuturan diatas, JOKOWI juga mempunyai banyak kekurangan, dalam pemerintahannya maupun perilaku. Dan itu kalau ditulis bisa jauh berlampir-lampir, beredisi-edisi, sebab mengurai kekurangan orang lain tidak akan habisnya. JOKOWI hanyalah manusia biasa. Tapi aku hanya mengfokuskan diri menjawab pertanyaan teman-temanku selama ini.
Wallohu a’lam bisshowab.

Spoiler for Penulis:


Spoiler for Sumber:



Quote:



Diubah oleh Reg.Leader.Jawa 08-07-2014 07:44
0
6.2K
60
Thread Digembok
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Pilih Capres & Caleg
Pilih Capres & CalegKASKUS Official
22.5KThread3.1KAnggota
Terlama
Thread Digembok
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.