Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

bigdaudAvatar border
TS
bigdaud
[BENTO = BOWO?] Siapakah Sosok "BENTO" Di Lagu IWAN FALS?


Jakarta, Sayangi.com - Namaku Bento rumah real estate. Mobilku banyak harta berlimpah. Orang memanggilku boss eksekutif.
Tokoh papan atas, atas segalanya..Asyik.

Anda tentu sudah tak asing dengan lirik lagu karya musisi legendaris Iwan Fals yang satu ini. Tak hanya asyik didengarkan, lirik lagunya pun rupanya memiliki cerita tersendiri tentang seorang Bento.

Bento, tokoh rekaan pada lagu dengan judul yang sama dari album Swami (1989) ini mengisahkan seorang yang tampan, berkuasa nan kaya raya. Namun Bento ternyata licik, dia memanfaatkan kekuasaannya untuk menumpuk kekayaan, menipu dan menerima upeti. Dalam kesehariannya, Bento menutupi keburukannya dengan selalu bicara soal moral dan keadilan.

Namun tahukah Anda siapakah sosok nama Bento dalam lagu tersebut?

Dalam tayangan sebuah acara talk show di stasiun televisi lokal pada Rabu (9/4/2014) semalam, pria bernama asli Virgiawan Listanto (52) ini mengungkapkan siapakah Bento sebenarnya.

"Bento itu sebenarnya nama ayam saya. Saya punya ayam dulu, ayam aduan, campuran bangkok dan apa gitu. Tapi karena dadanya pernah kelindes sama motor agak patah di kiri, kemudian saya pelihara sampai besar. Lalu saya namakan dia Bento, dan saya suka sekali," ungkap Iwan seraya disambut tawa para penonton.

Lebih lanjut Iwan bercerita bahwa Bento dibeberapa daerah di Indonesia bukan hanya nama, namun juga istilah-istilah.

"Namun rupanya macam-macam arti Bento itu, di Jawa Timur bento itu artinya bodoh. Tapi pernah saya dengar itu di daerah Riau, bento itu adalah alat penangkap ikan di sawah. Lalu pernah saya ke suatu pesantren dimana pak Kiyai bikin pesantren dengan nama Bento. Ketika saya tanyakan apa Bento itu, pak Kiyai bilang itu singkatan dari Benar-benar Tobat," tutur Iwan Fals yang lagi-lagi disambut tawa renyah penonton.

"Tapi sesungguhnya dari saya sendiri, Bento itu nama ayam saya. Itu waktu saya pelihara ayam waktu jaman saya masih tinggal di Condet," tegas Iwan seraya tertawa.

Ketika ditanya sang pembawa acara mengenai siapa representasi sosok Bento di tengah hingar bingar politik sekarang, Iwan Fals mengatakan "Nggak lah, saya nggak mikir sejauh itu, biar masyarakat sendiri yang menafsirkan siapa sosok itu." (SIS)

Sumber: http://www.sayangi.com/gayahidup1/selebriti/read/21324/siapakah-sosok-bento-di-lagu-iwan-fals

Quote:


Ane pernah ngobrol sama temen ane yang crew tetapnya Iwan Fals gan,dia pernah cerita kalo lagu BENTO ini sebenernya diciptain buat Bowo.


Lagu ini diciptain pas Bowo lagi ngebangun kerajaan Premanismenya (Debt Collector,Perebutan Lahan Tanah Sengketa,Backing Judi dan Ormas2 Preman pemeras toko2) di Tanahabang lewat HERCULES dan daerah Kota/Glodok dan Jakarta Barat.

Selain itu kata temen ane BENTO itu merupakan singkatan "BENTENG SOEHARTO" yaitu Bowo yang merupakan pelindung sang mertua kesayangan.

Sayang banget Bang Iwan memilih untuk tidak menjadi jurkam Jokowi walaupun mendukung Jokowi.

Padahal masih banyak orang2 diluar sana yang tidak tahu masa lalu Bowo bagaimana.
Diubah oleh bigdaud 06-07-2014 10:14
lupis.manis
gpandita
gpandita dan lupis.manis memberi reputasi
2
93.1K
100
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671KThread40.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.