Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

chacha.sienaAvatar border
TS
chacha.siena
Prestasi Nyata JK di Pemerintahan. Prestasi Hatta Mana ???
Prestasi Nyata JK di Pemerintahan. Prestasi Hatta Mana ???

Liputan6.com, Jakarta - Drs. H. Muhammad Jusuf Kalla, lahir pada 15 Mei 1942 di Watampone, Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan. Jusuf Kala atau JK mengawali karirnya sebagai pengusaha.

Ia masuk dalam lingkaran pemerintah ketika diangkat sebagai Menteri Perindustrian di masa pemerintahan Abdurrahman Wahid (Gus Dur). JK juga dipercaya sebagai Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat di bawah pemerintahan Megawati Soekarnoputri.

JK lantas mengundurkan diri untuk maju sebagai calon wakil presiden, mendampingi calon presiden Susilo Bambang Yudhoyono. JK pun terpilih menjadi wakil presiden (wapres).

Saat ini, melalui Munas Palang Merah Indonesia ke XIX, Jusuf Kalla terpilih menjadi Ketua Umum Palang Merah Indonesia periode 2009-2014. Selain itu beliau juga terpilih sebagai Ketua Umum Pengurus Pusat Dewan Masjid Indonesia (DMI) periode 2012-2017 dalam Muktamar VI DMI di Jakarta.

Saat menjabat berbagai posisi di pemerintahan, banyak hal yang dikerjakan oleh JK. Berbagai prestasi tersebut antara lain:

1. Ketika terjadi kerusuhan di Ambon, JK tampil sebagai juru damai melalui pertemuan Malino I dan II , demikian juga kerusuhan di Poso, Sulawesi Tengah. (Saat itu JK menjabat sebagai Menko Kesra RI dalam Kabinet Gotong Royong).

2. Saat menjabat sebagai Wakil Presiden (wapres) RI, JK membawa kedamaian di Nanggroe Aceh Darussalam dengan mempertemukan RI dan GAM di Helsinki, Finlandia.

3. JK sebagai wapres pasang badan menurunkan subsidi Bahan Bakar Minyak (BBM) dan menggantinya melalui Program Bantuan Langsung Tunai (BLT) bagi rakyat miskin. Bahkan JK melakukan kenaikan harga BBM sebanyak dua kali dan dilakukan saat bulan puasa.

4. JK sukses melakukan program konversi minyak tanah ke gas.

5. JK menjaga stabilitas harga beras di pasar yang dapat dijangkau oleh masyarakat serta menyediakan beras bagi masyarakat serta menyediakan beras bagi masyarakat tak mampu (Raskin).

6. JK membangun 10.000 megawatt listrik untuk mengatasi pemadaman dengan menggunakan bahan bakar dari batubara.

7. JK mengangkat industri dalam negeri dengan penggunaan dan mengharuskan bawahannya memakai sepatu produksi Indonesia produksi Cibaduyut, Bandung. Ia malah memperbolehkan namanya digunakan secara gratis oleh seorang pengusaha sepatu Cibaduyut sebagai merek yakni "JK Collection."

8. JK membuat program Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dan program sekolah gratis bagi siswa SD dan SMP. BOS dimulai sejak Maret 2005 BOS dan merupakan dana kompensasi dinaikkannya harga bahan bakar minyak (BBM) yang bergulir sejak Maret lalu. Dengan BOS, siswa tak perlu bayar SPP lagi.

9. JK telah menaikkan gaji dan kesejahteraan para guru. JK juga meminta agar para guru yang kesejahteraannya meningkat hingga 2 kali lipat mengimbangi dengan pengabdian dan profesionalisme yang tinggi.

10. JK telah menaikkan gaji dan menyediakan gaji ke 13 bagi PNS, tentara dan pejabat negara. Alasannya saat itu, mereka butuh biaya untuk membayar uang sekolah putra-putri mereka pada bulan Juli.

Prestasi Hatta mana ??
0
10.5K
178
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672KThread41.7KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.