themaruapeyAvatar border
TS
themaruapey
Dampak Debat Capres Terakhir, "Undecided Voters" Banyak ke Nomor Satu
sumber: http://nasional.kompas.com/read/2014....ke.Nomor.Satu
JAKARTA, KOMPAS.com - Pengamat politik Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Siti Zuhro menilai, acara debat kandidat sangat mempengaruhi persepsi 'undecided voters' (pemilih yang belum menentukan pilihan). Dampak dari debat kandidat terakhir, Sabtu lalu, boleh jadi banyak suara 'undecided voters' yang mengalir ke pasangan nomor urut satu. 

Mengapa demikian? Siti menjelaskan, suara 'undecided voters' mayoritas berada di perkotaan, bukan di pedesaan. Kebanyakan dari pemilih yang masih belum menentukan tersebut memiliki tingkat informasi soal politik serta memiliki independensi yang cukup baik.

"Tak tertutup kemungkinan arah dukungan paling banyak mengalir ke nomor satu. Sebab pasangan nomor urut dua lebih menguasai masyarakat pedesaan," ujar Siti, Minggu (6/7/2014) siang. 

Selain itu, koalisi partai-partai pendukung pasangan nomor urut satu memiliki basis lebih banyak di kawasan perkotaan ketimbang pedesaan. Dukungan tokoh, komunitas serta jaringan pasangan nomor urut satu bergerak efektif di perkotaan, bukan di pedesaan. 

Dalam survei LIPI sendiri, pasangan Joko Widodo-Jusuf Kalla unggul dengan angka 43 persen, sementara Prabowo Subianto-Hatta Rajasa mendapat 34 persen. Tingkat keterpilihan ini didasarkan pada pertanyaan penelitian, "Jika pemilihan presiden digelar pada hari ini, siapakah yang akan Anda pilih?"

Dari jumlah tersebut ada 23 persen responden yang belum menentukan pilihan. Penelitian yang dilakukan secara nasional tersebut dilakukan dari tanggal 5 Juni sampai 24 Juni 2014. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara tatap muka dengan sampel sebanyak 790 responden.
--------------------------
Saya kira orang dengan tingkat pendidikan yg cukup dan intelektualitas yang baik pasti sudah tau akan memilih mana ...
peguasaan data dan bidang jelas kentara sekali pada calon nomor 1 ... walaupun ada selip lidah soal adipura dan kalpataru yang belakangan dibesar-besarkan sedemikian rupa tapi tidak menghilangkan substansi debat.
Data-data empiris yg disampaikan kubu nomor 1 jelas menghantam kubu nomor 2 ... yang akhirnya memaksa kubu nomor 2 bermain pada wilayah tidak rasional dengan membawa hal2 yg tidak ada hubungannya dengan debat capres dan tampak sekali sisi lack of capability kubu nomor 2 pada sikap emosional kubu nomor 2
hantaman pada isu impor beras yg belakangan menjadi senjata makan tuan kepada kubu nomor 2 dan juga ketidakmengertian jokowi pada protokol kyoto serta blunder politik pada kebijakan kontrak freeport dan penjualan gas tangguh yang merugikan bangsa dan negara hampir2 membuat kubu nomor 2 tidak berkutik, bahkan Megawati pun tampak bermuka muram ketika disorot kamera ...
jadi cukup jelaslah, bagi anda yang cerdas pasti memilih nomor 1, namun bagi anda yang premanis dan penganut paham pokokeisme pasti ttp memilih nomor 2 ...
0
4.4K
66
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
670.3KThread40.5KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.