Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

rayougiAvatar border
TS
rayougi
Program Pencitraan yg GAGAL
Solo - PT KAI memutuskan untuk mengandangkan railbus Batara Kresna jurusan Solo - Wonogiri. Selain karena adanya problem teknis, biaya operasional KA yang telah lama mangkrak tersebut sangat tinggi.

Pendapatan dari tiket penumpang tidak mencukupi untuk menutup biaya operasional. PT KAI menganggap proyek railbus tersebut sebagai proyek gagal yang dibuat tanpa perencanaan matang.

"Kalau tidak ada PSO (public service obligations -red) ya tiketnya harus dijual dengan harga normal. Kalau harga normal mahal sekali Rp. 30 ribu hingga Rp 40 ribu per seat. Apa laku?", ujar Dirut PT KAI, Ignasius Jonan, kepada wartawan di Solo, Sabtu (5/7/2014).

Jonan juga menegaskan tidak akan ada kereta kereta pengganti tersebut. Jonan justru menanyakan tujuan awal dibuatnya kereta api tersebut. Dia bahkan menilai proyek pengadaan railbus tersebut kurang perencanaan.

"Coba deh tanya yang bikin, kenapa dulu ada railbus. Dulu itu bikinnya dipikir apa nggak operasinya? Tanyakan yang bikin. Waktu itu saya belum adadi PT KAI," kata Jonan.

PT KAI menghentikan operasional railbus Batara Kresna karena biaya operasinal yang mahal. Menurut Manager Humas PT KAI Daop 6 Yogyakarta, Bambang S Prayitno, satu rangkaian railbus hanya 75 seat. Jika dijalankan tanpa PSO maka beban per seat menjadi mahal.

Railbus Batara Kresna diresmikan pada Juli 2011 melayani penumpang Solo - Sukoharjo - Wonogiri dengan menempuh jarak sekitar 33 km. Pengadaan KA buatan PT Inka Madiun tersebut memakan biaya Rp 16 miliar melalui DIPA dalam dua tahap yaitu tahap pertama di tahun 2009 dan tahap kedua di tahun 2010.

Namun belum lama beroperasi, KA tersebut mengalami kendala teknis pada tahun 2012. Saat itu disebutkan mengalami problem pada generator sehinga harus dikirim kembali ke PT INKA untuk perbaikan. Sejak itu KA tersebut tidak pernah beroperasi lagi hingga ada kepastian dari PT KAI bahwa kereta tersebut tidak akan dioperasikan lagi.


*Segera siaga satu...kepung PT KAI

http://news.detik.com/read/2014/07/0...olo---wonogiri
0
761
6
Thread Digembok
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Pilih Capres & Caleg
Pilih Capres & CalegKASKUS Official
22.5KThread3.1KAnggota
Terlama
Thread Digembok
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.