Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

d4n1d3hAvatar border
TS
d4n1d3h
[RAKYAT SUDAH NGERTI] Survei Psikolog, Lebih Tenang Prabowo atau Jokowi?
Jakarta - Laboratorium Psikologi Politik menyatakan calon presiden dari poros Partai Gerakan Indonesia Raya, Prabowo Subianto, memiliki tingkat ketenangan di bawah lawannya, Joko Widodo. Sebanyak 204 psikolog di Jakarta, Depok, Bogor, Tangerang, dan Bekasi, menilai tingkat ketenangan Prabowo hanya 5,16 dari skala 1 hingga 10.

Sedangkan Jokowi dinilai memiliki tingkat ketenangan 7,67. "Sama seperti wacana yang selama ini beredar di masyarakat," kata Ketua Laboratorium Hamdi Muluk di kafe d'Consulate Menteng, Kamis 3 Juli 2014.

Penelitian ini dilakukan terhadap 204 psikolog di Jakarta, Depok, Bogor, Tangerang, dan Bekasi yang berpengalaman dalam menilai kepribadian. Riset diadakan pada 18-27 Juni melalui penilaian jarak jauh (research at distance) dengan melihat tingkah laku calon presiden sejak kecil, saat merintis karier, hingga sekarang. Sebelum menilai, para psikolog itu membaca lebih dahulu biografi para kandidat.

Menurut Hamdi, 76 persen responden meyakini bekas Komandan Jenderal Komando Pasukan Khusus itu bakal menjalankan gaya otoriter jika terpilih menjadi presiden. Hamdi menilai Prabowo terbawa gaya tentaranya di masa lalu. "Jangan banyak tanya, langsung saja jalankan perintah," kata dia. 

Sedang untuk Jokowi, 87 persen responden menilai Gubernur Jakarta non-aktif itu bakal memainkan gaya kepemimpinan demokratis jika terpilih. Jokowi, kata Hamdi, suka mendekati masyarakat lewat gaya blusukannya. "Jokowi lebih partisipatif dan mau mendengar keluh kesah masyarakat," kata dia.

http://m.tempo.co/read/news/2014/07/...wo-atau-Jokowi

Rakyat sdh paham
0
2.3K
25
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672.1KThread41.8KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.