DoyouBelieveGodAvatar border
TS
DoyouBelieveGod
10 Lagu Terbaik sepanjang Masa Versi Gue [Mana Versi Lo ??]
1. Firth of Fifth by Genesis
TAG: Progressive Rock
Album: Selling English by the Pound (1973)





Sebuah mahakarya musisi hebat di masa lampau dan masa kini, paduan piano, solo guitar, organ & flute yang membuat saya terkesima dan takjub ketika pertama kali mendengar lagu yang hampir berdurasi 10 menit ini. sebuah lagu yang mendeskripsikan secara utuh bagaimana suatu seni dan musik digabung menjadi sesuatu yang indah dan menggugah jiwa

2. Bohemian Rhapsody by Queen
TAG: Classic Rock
Album: A Night at The Opera (1975)





Barangkali lagu ini sudah tak asing dikuping kalian, sebuah karya rumit nan misterius dari freddie Mercury. liriknya yang sangat aneh, rumit dan kontroversial masih saja menjadi perdebatan para pemerhati musik sampai saat ini. lagu ini seperti memiliki beberapa plot di dalam liriknya yang membuat setiap detik dari lagu ini terasa seperti menonton sebuah film noir.

3. Starway to Heaven by Led Zeppelin
TAG: Progressive Rock/Classic Rock
Album: Led Zeppelin IV (1971)





Adakah lagu ini sangat familiar di HP, Ipod atau di Komputer anda. jika tidak maka anda bukanlah seorang yang mencintai musik secara utuh. sebuah lagu yang memliki lirik yang sangat menyentuh dengan dibaluti musik yang sedikit mellow di bagian awal lagu yang membuat telinga kita merasa nyaman. namun bagian terbaik dari lagu ini berada di menjelang akhir. ketika hentakan musik classic rock yang mengubah segala elemen di lagu ini. lagu ini sukses membuat saya jatuh cinta dengan led zeppelin dan bertekad buat mencari rilisan fisiknya (sampai sekarang masih mencari).

4. One Rode to Asa Bay by Bathory
TAG: Black/Thrash/Viking Metal
Album: Hammerheart (1990)




Bathory, musik sebagian dari kali tidak mengetahui band ini, tapi bagi metalhead (seperti saya) bathory adalah sebuah Band (musisi) yang sangat fundamental dan sangat disegani tentunya. bukan saja karena dia telah mempengaruhi metal scene di swedia menuju ke arah yang lebih extrim (baca: black metal), tapi juga karena rilisan bathory yang bertitlekan "hammerheart" ini juga menjadi tanda lahirnya sebuah genre Viking Metal.
lagu one rode to asa bay sendiri merupakan single yang menaungi atmosfer viking metal hampir secara keseluruhan. dengan sedikit dibalut solo guitar ala thrash metal dan atmosfirt yang sangat berbau "viking" di sepanjang lagu, membuat lagu ini layak masuk ke jajaran 5 besar di thread ini.

5. Stargazer by Rainbow
TAG: Hard Rock/Heavy Metal
Album: Rising (1976)





Diot + Ritchie Blackmore. apakah anda bisa membayangkannya ?? jika tidak maka dengarlah 2 album awal dari band ini. dengan pengaruh Deep Purple yang kuat dari ritchie ditambah dengan vokal yang sangat luar biasa dari Dio. maka terciptlah sebuat mahakarya hebat bertitlekan "Stargazer" . lagu yang sangat kental elemet organ dan orchesta (dibantu oleh munich philharnonic orchestra) ini memiliki segala sesuatu yang menurut saya sangat layak untuk masuk ke 10 besar lagu terbaik sepanjang saya. Teknik guitar Ritchie + vokal Dio + balutan Organ dari Tony karey dan bantuan dari munich philharmonic orchestra sudah cukup menjelaskan seberapa hebat lagu ini,

6. Roundabout by Yes
TAG: Progressive Rock
Album: Fragile (1971)





hmmm,, bagi kalian yang menyukai musik 70an barangkali sudah tidak asing lagi dengan lagu ini. sebuah mahakarya dari british progressive rock "YES". single yang dirilis dari album fragile ini sempat masuk ke billboard hot 100 US, tepatnya di posisi 13. lagu ini memiliki komposisi musik yang cukup unik. diawalidengan gitar akustik dan dibagian pertngahan lagu inipun dibalut dengan gitar akustik. mebuat lagu ini sangat nyaman untuk didengar diberbagai suasana. belum lagi balutan vokal jon anderson yang sangat unik membuat lagu ini semakin indah.

7. Triumph of Death by Hellhammer
TAG: Black/Speed/Doom Metal
Album: Apocalyptic Raids (EP) (1984)





"hanya trve metalhead yang tau lagu ini". statement saya ini bukannya dibuat tanpa alasan, pasalnya hellhammer adalah sebuat band extreme metal yang tidak pernah menelurkan album (hanya 1 EP dan beberapa rilisan Demo). tapi lagu ini cukup menarik perhatian saya, karena lagu ini merupakan salah satu prototype dari genre "Death/Doom Metal" . sepanjang lagu ini anda akan disugukan suara teriakan, lengkingan dan jerit putus asa dari Tom.G Warrior, belum lagi rekaman yang sangat mentah membuat lagu ini bernuansa sangat gelap dan kelam. bagi kalian yang ingin mencicip sesuatu yang aneh dan ekstrim, saya anjurkan buat mencicipi track ini.

8. Am I Evil by Diamond Head
TAG: NWOBHM
Album: Lightning to the Nations (1980)





1 lagi Lagu Hebat dari band yang dimasanya kalah pamor dibandingkan Judas priest atau Iron Maiden. Diamond Head, sebuah band yang asing ditelinga metalhead kecuali mereka yang bener2 mengapresiasi dan mendalami metal secara keseluruhan. Intro album ini diawali sebuah hentakan drum dan guitar yang sangat unik dan sangat classic dan langsung dihempas dengan vokal "kece" dari sean harris membuat lagu ini menjadi lagu yang sangat "majestic" , terutama buat penggemar musik NWOBHM.

9. Epitaph by King Crimson
TAG: Classic Rock/Progressive Rock
Album: In The Court of Crimson King (1969)




"Majestic" sebuah kata yang tepat untuk menggambarkan lagu ini, teknik vokal greg lake diringi dengan organ yang kuat dari ian mcdonald membuat lagu ini terdengar "sendu mendayu-dayu" namun tidak menghilangkan sisi progressive-nya. lagu ini sangat saya sarankan kepada anda yang ingin mendengar musik progressive rock dari sisi yang berbeda.

10. Left Hand Path by Entombed
TAG: Old School Death Metal
Album: Left Hand Path (1990)





jika bicara tentang death metal, kebanyakan metalhead pasti akan langsung tertuju ke "DEATH" dengan chuck schuldiner sebagai "father of death metal" . tapi diluar tanah inggris, ada sebuah band death metal yang menarik perhatian saya. mereka adalah "ENTOMBED" , merilis debut album mereka tahun 1990 (3 tahun setelah debut album death") namun mereka dengan apik berhasil menyajikan kepada seluruh metalhead bagaimana sound paten death metal yang seharusnya. Dengan track Left Hand Path yang sangat "unique" ini, saya jadi menyadari bahwa death metal tidak selalu diawali dengan Death
0
35.6K
64
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Musician Corner
Musician CornerKASKUS Official
3.5KThread1.6KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.