comANDREAvatar border
TS
comANDRE
STEP BY STEP MENDUKUNG JOKOWI-JK DI LUAR MEDIA SOSIAL.
Akhir-akhir ini media sosial Indonesia lagi rame banget oleh capres-capresan. Saking ramenya sampai banyak yang akhirnya jadi eneg liat update socmed temannya. Yang harus diingat, ramai di socmed dan didukung banyak selebtwit belum tentu menjamin kemenangan. Ingat ketika Faisal Basri mencalonkan diri jadi Gubernur DKI? Walau ramai banget dukungan untuk beliau di Twitter, ternyata beliau urutan empat di pilgub.

Sudah cukup rame di socmednya, sekarang saatnya dimbangi dengan kampanye di kehidupan nyata. Susahnya, kebanyakan dari kita ini tidak pernah kampanye langsung ke jalan. Setelah berdiskusi dengan beberapa analis, inilah beberapa langkah simpel yang bisa kita ambil untuk berkontribusi buat Jokowi-JK di luar socmed:

1. Yang paling simpel: nyumbang ke rekening Jokowi-JK (ini foto no akunnya biar jelas). Biar cuma 10.000,- tapi akan sangat berarti kalau digabung dengan ribuan atau bahkan jutaan pendukung yang lain. Jadi sekarang tiap muncul dorongan untuk ngetwit saya tahan, saya salurkan ke rekening biarpun sangat kecil nominalnya. Jangan takut, rekening ini akan diaudit dan kemarin ada 9 milyar yang sudah dikembalikan karena identitas pemberinya tidak jelas. Jadi pastikan nama kita tertera jelas di kolom penyumbang, kalau nggak nanti malah nyusahin.



2. “The simplest thing would be to turn your contacts to spread support for Jokowi – JK, with clear targets for their own TPS.”

Nah itu kata temen gue yang analis. Trus aplikasi di dunia nyata gimana dong?

A. Ngomong ama tetangga sebelah rumah, keluarga di daerah, ama si mbak dan mas supir di rumah, pilih siapa dan kenapa? Kalau karena hal yang ngawur seperti karena Jokowi katanya kresten dengan nama baptis Herbertus kan bisa diajak diskusi. Apalagi kalau di sini ternyata banyak pengusaha, hayuk atuh diajak diskusi para pegawainya.

Tadinya saya juga risih ngajak ngomong gini, tapi dapat masukan dari teman bahwa pilihan capres itu bukan agama. Nggak dosa kalau ngajak diskusi apalagi kalau alasan milihnya berdasarkan atas informasi yang keliru, wajib diluruskan. Nah ini saya setuju!

B. Kalau sudah pada mantap milih Jokowi-JK, minta mereka menyebarkan lagi ke kenalan atau ke keluarga mereka di daerah asal. Kasih uang pulsa ke si mbak buat ngobrol kalau perlu. Mereka senang bisa ngobrol ama keluarga, kita senang karena bisa memberikan dukungan untuk Jokowi-JK. Win-win!

C. Beri mereka cuti hari H tanggal 9 Juli atau pastikan mereka punya formulir A5 supaya bisa nyoblos dekat rumah, ini bisa ditanyakan ke kelurahan atau KPU terdekat supaya lebih jelas. Ini pengalaman mahasiswa yg pakai form A5 untuk pileg dulu, minimum 10 hari sebelum pencoblosan form harus sudah siap ya.

www.rifqito.wordpress.com/2014/04/01/mengurus-form-a5-di-kantor-lurah/

Jadi jangan sampai kita sibuk ngetwit dan update status Fesbuk tapi kita atau orang rumah malah nggak bisa nyoblos, rugi banget itu!

3. Ikut geratak (gerakan pakai kotak-kotak) dan tempel [URL="https://S E N S O Rv6Iyqk5and"]stiker dukungan terhadap Jokowi di rumah[/URL] atau di mobil. Dengan begini otomatis lebih banyak orang yang akan ngajak kita diskusi kenapa kita pilih Jokowi-JK. Pernah selesai liputan saya ngaso dan kebetulan saya lagi pakai baju kotak-kotak, jadi didekati satpam. Dia tanya, “mbak pilih Jokowi?” Saya jawab, “iya pak.” Satpam itu masih bingung katanya. Pas dia tanya kenapa, saya jelaskan alasan-alasan yang berhubungan dengan tugas dia sebagai Satpam sampai dia mangut-mangut. Kalau ngobrol lama dengan pemilik warung pinggir jalan, sebagian besar akan cerita bahwa mereka dipalak oleh ormas anarkis lho. Nah itu juga bisa jadi bahan obrolan..

Untuk keluarga di daerah misalnya, program tol laut dari Sumatera – Papua akan membuat harga-harga jauh lebih murah, tidak ada lagi nanti perbedaan harga yang terlalu jauh di pulau Jawa dengan pulau lain di Indonesia.

Saat diskusi inilah semua link yang kita baca dan semua video Pak Anies Baswedan yang kita tonton akan berguna. Di bawah ini ada beberapa program Jokowi-JK bagi para ibu rumah tangga, profesional/ karyawan serta pelajar dan pengusaha. Untuk lengkapnya bisa dilihat di www.efekjokowi.com

Spoiler for :


4. Bila bertemu orang yang tetap malas memilih, dengan senyum manis anjurkan mereka untuk tetap mencoblos ke TPS untuk mencegah penyalahgunaan surat suara. Siapa tau pas hari H mereka ingat senyum manis kamu dan jadi tergerak buat nyoblos gambar yang kanan..

5. Datang saat penghitungan suara di TPS lalu foto hasil akhirnya.Ini akan sangat membantu klarifikasi jumlah suara apabila ada kecurangan. Kalau mau motret hasil akhir TPS lain di lingkungan sekitar kita juga boleh banget, anggap saja jalan santai sambil nyari keringet.

Pastinya, siapapun yang pernah berdebat capres online akan merasakan bahwa debat soal capres itu capek dan makan ati, apalagi di dunia nyata nggak ada tombol mute, block atau unfollow. Untuk menghindari debat kusir berkepanjangan, saya pribadi lebih memilih fokus pada orang yang memang masih ragu dalam menentukan pilihan. Kalau kerabat sudah saklek dengan pilihan yang berbeda itu wajib kita hormati. Bagaimanapun kerukunan itu no. 1, presiden no. 2.

Salam dua jari! emoticon-Peace

http://trialogica.com/uncategorized/...-social-media/
0
11.6K
270
Thread Digembok
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Pilih Capres & Caleg
Pilih Capres & CalegKASKUS Official
22.5KThread3.1KAnggota
Terlama
Thread Digembok
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.