Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

einzteinzAvatar border
TS
einzteinz
Survei Roy Morgan : Jokowi-JK Masih Tak Terbendung



Liputan6.com, Jakarta - Survei yang dilakukan perusahaan riset pasar Australia, Roy Morgan, menunjukkan Jokowi-JK unggul 4% di atas Prabowo-Hatta. Survei yang menggunakan 3.117 sampel itu menyimpulkan elektabilitas Jokowi 52% sedang Prabowo 48%. Selain itu, survei tersebut juga memetakan kelompok-kelompok pemilih 2 pasangan capres dan cawapres tersebut.

Dari segi geografis, Jokowi unggul di Jawa (52,5 -47,5%), Bali (93% - 7%), Sulawesi (60.5% - 39.5%), Kalimantan (53% - 45%), Maluku (65.5% - 34.5%), dan Nusa Tenggara (68% -32%). Sementara, Prabowo di  Sumatera (60% - 40%) dan unggul tipis di Papua (51,5% - 48.5%). Dari survei tersebut nampak pertarungan sengit terjadi di Jawa, pulau yang paling banyak pemilihnya (40%).

Sedang dilihat dari kategori jenis kelamin, Jokowi unggul di kalangan pemilih perempuan (55% - 45%), sedang Prabowo unggul tipis di kalangan pemilih pria (51% - 49%).

Dari segi umur, Prabowo unggul di kalangan pemilih pemula dan pemilih muda. Untuk kategori umur 17-24 tahun, pemilih Prabowo 52%, sedang Jokowi 48%. Begitu juga untuk kategori 25-30 tahun, pemilih Prabowo unggul tipis 51% sedang pemilih Jokowi 49%.

Namun, untuk pemilih umur 31-45, Jokowi unggul 52% sedang Prabowo 48%. Bagi pemilih yang sudah dewasa, Jokowi unggul besar yakni 56% sedang Prabowo 44%. Hal ini dapat ditarik kesimpulan, semakin dewasa seseorang cenderung memilih Jokowi.


Dalan survei tersebut tidak lagi ada pemilih galau (undeciding voters), artinya semua orang sudah memiliki pilihan. Namun tidak diketahui, dari semua yang sudah menentukan pilihan tersebut berapa persen yang masih mengubah pilihannya (swing voters).

Peneliti Roy Morgan, Debnath Guharoy menyimpulkan bahwa "Kepribadian kedua calon terlihat mengirimkan pesan non-verbal kepada para pemilih. Lebih banyak perempuan dan kalangan dewasa yang merespon positif kepribadian Jokowi yang peduli dan membumi; sedang kaum muda cenderung menyukai sifat Prabowo yang kuat dan dinamis."

Survei tersebut dilakukan di 34 provinsi, dengan sample 3.114 orang. Hanya satu pertanyaan yang diajukan: "Siapa kira-kira calon presiden yang akan dipilih pada pemilu 9 Juli?". Dari semua responden, 9%  menyatakan merahasiakan pilihannya. Sisanya telah menentukan pilihan, tak ada yang belum menentukan. Tingkat kepercayaan survei tersebut 95%, dengan margin of error 0,8%.

Spoiler for sumur:


Yang ane bold ada benernya juga ya. Yang muda yang baca berita, ga tau apa kejadian kelam yang dulu pernah terjadi. Tapi ane untungnya ga begitu. emoticon-Big Grin

salam 2 jari emoticon-Peace
0
3.5K
36
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.1KThread41KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.