Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

meatman1412Avatar border
TS
meatman1412
Perbedaan Drum Akustik dan Elektrik
Spoiler for akustik:

Spoiler for elektrik:


Bagi seorang pemula, biasanya pemilihan jenis drum menjadi sesuatu yang rumit . Apakah lebih baik membeli drum akustik atau elektrik? Dua duanya memiliki kelebihan dan kekurangan. Yang jelas anda harus merasa nyaman dulu dengan kedua jenis drum tersebut. Pilihlah alat musik standar yang sesuai dengan kebutuhan. Tidak perlu membeli satu set drum, karena dijamin seorang pemula tidak akan mampu memainkan semua elemen drum.

Pada alat musik drum akustik kita akan belajar caranya tuning, yakni menyetel suara. Drum akustik membuat kita lebih peka terhadap irama-irama. Namun drum akustik memiliki banyak bagian yang rata-rata sangat rempot untuk dibawa ketempat lain. Tidak hanya itu, drum akustik juga membutuhkan pukulan yang kuat. Kita mesti memiliki tangan kuat dan tenaga tinggi jika ingin memukul dengan konsisten.
Drum akusik juga membutuhkan ruangan dengan peredam suara, karena pukulan stik pada drum kerap menimbulkan bunyi yang kurang enak. Maklum bagi pemula biasanya memukul drum memang sedikit menyulitkan. Jika sudah begitu, drum elektrik menjadi alternatif lain. Drum elektrik menyuguhkan banyak kemudahan.

Pertama , anda tidak perlu melakukan tunning, sebab drum akustik sudah memiliki suara standar. Kedua lebih praktis untuk dibawa kemanapun. Ketiga, harganya lebih hemat. Sebab drum elektrik tidak terdiri dari banyak perangkat lagi, seperti metronome dan cymbal. Drum elektrik juga memiliki banyak efek suara. Memudahkan kita untuk mencoba nada yang variatif dan unik.

Dengan ukuran lebih kecil, drum elektrik tidak memerlukan ruang yang luas. Perawatannya pun lebih mudah dibanding drum akustik, karena tidak perlu membersihkan cymbal yang kerap jadi bagian sulit untuk dibersihkan. Namun yang harus diingat, drum elrktrik biasanya tidak memiliki ketukan seindah drum akustik. Akhirnya budget lah yang menjadi tolak ukur anda dalam membeli. Jangan memaksa membeli set drum lengkap jika budget kita terbatas. Alih-alih ingin mendapatkan produk berkualitas. Kita justru akan mendapat set drum dibawah standar.

Quote:


Quote:


Please emoticon-Blue Guy Cendol (L)emoticon-Rate 5 Star not emoticon-Blue Guy Bata (L)
Diubah oleh meatman1412 20-06-2014 09:14
0
6.5K
3
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Music
MusicKASKUS Official
19.8KThread8.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.