Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
1268
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/53b0de54c2cb179d668b468e/nih-gan-9-negara-paling-multibahasa-di-dunia
:ilovekaskuss salam dulu untuk All Kaskuser :ilovekaskuss :kisss semoga selalu dalam keadaan sehat wal afiat :kisss :maafagan:maafaganwati Selamat Menunaikan Ibadah Puasa Ramadhan 1435 H :maafag
Lapor Hansip
30-06-2014 10:49

Nih Gan! 9 Negara Paling Multibahasa di Dunia

Past Hot Thread
Nih Gan! 9 Negara Paling Multibahasa di Dunia
Nih Gan! 9 Negara Paling Multibahasa di Dunia
Nih Gan! 9 Negara Paling Multibahasa di Dunia


Nih Gan! 9 Negara Paling Multibahasa di Dunia

emoticon-I Love Kaskus (S) salam dulu untuk All Kaskuser emoticon-I Love Kaskus (S)
emoticon-Kiss (S) semoga selalu dalam keadaan sehat wal afiat emoticon-Kiss (S)
emoticon-Maaf Aganemoticon-Maaf Aganwati Selamat Menunaikan Ibadah Puasa Ramadhan 1435 H emoticon-Maaf Aganwatiemoticon-Maaf Agan

Nih Gan! 9 Negara Paling Multibahasa di Dunia

emoticon-Selamat Alhamdulillah HT #6 emoticon-Selamat
tengs buat semuanya emoticon-Kaskus Lovers
300614


Nih Gan! 9 Negara Paling Multibahasa di Dunia


Quote:
emoticon-exclamationMultibahasa disini yang dimaksud adalah penguasaan atas suatu bahasa per person dan bukan dilihat dari banyaknya jumlah bahasa dalam satu negara. emoticon-exclamation

Nih Gan! 9 Negara Paling Multibahasa di Dunia

Tahukah kamu bahwa Indonesia adalah satu dari sekian banyak yang sangat banyak memiliki bahasa daerah. Bahkan 10% bahasa di dunia adalah bahasa dari negara kita Indonesia.

Namun bahasa daerah berbeda dengan bahasa nasional yang keseharian dipakai dalam beragam aktivitas. Meskipun negara kita memiliki banyak bahasa daerah, kita tetap menggunakan satu bahasa utama bahasa Indonesia sebagai penghubung komunikasi antar warga.

Berbeda negara Singapura dan beberapa negara lainnya, yang menggunakan beragam bahasa yang digunakan dalam percakapan sehari-hari tercatat sebagai bahasa resmi. Bahkan memiliki tiga bahasa nasional yang digunakan dibeberapa negara dan mereka fasih menggunakannya.

Hal tersebut terjadi karena beragam faktor seperti sejarah kolonial yang kompleks, loyalitas regional yang kuat, hingga pengaruh budaya luar yang tidak dapat dihindari.
Nih Gan! 9 Negara Paling Multibahasa di Dunia


Nah berikut adalah 9 negara dengan bahasa terbanyak dipakai dalam keseharian sehingga disebut sebagai negara-negara paling multibahasa di dunia

Nih Gan! 9 Negara Paling Multibahasa di Dunia


Quote:
Quote:
Timor Leste

Nih Gan! 9 Negara Paling Multibahasa di Dunia


Quote:Negara muda ini, terletak paling tenggara kepulauan Indonesia. Timor Leste, secara resmi memperoleh kemerdekaan dari Indonesia sekitar lebih dari satu dekade lalu.

Setelah koloni Portugal, Timor Leste memutuskan untuk mengadopsi bahasa Portugis sebagai bahasa resmi setelah kemerdekaan. Bahasa Portugis, adalah yang paling banyak digunakan bahasa di jalan.

Selain itu, bahasa Inggris dan bahasa Indonesia terdengar di seluruh negeri, dan keduanya resmi diakui sebagai "bahasa resmi" dalam konstitusi. Meskipun buta huruf masih tinggi, jumlah yang jumlah masyarakat yang berbahasa Portugis dan Inggris makin bertambah, dan mereka masih memahami bahasa Indonesia dikesehariannya.


Nih Gan! 9 Negara Paling Multibahasa di Dunia


Quote:
Quote:
Suriname

Nih Gan! 9 Negara Paling Multibahasa di Dunia


Quote:Republik Suriname (Surinam), dulu bernama Guyana Belanda atau Guiana Belanda adalah negara di Amerika Selatan dan merupakan bekas jajahan Belanda. Negara ini berbatasan dengan Guyana Perancis di timur dan Guyana di barat. Di selatan berbatasan dengan Brasil dan di utara dengan Samudra Atlantik.

Di Suriname tinggal sekitar 14% orang Jawa dan dibawa ke sana dari Hindia Belanda antara tahun 1890-1939. Suriname merupakan salah satu anggota Organisasi Konferensi Islam dengan 13,5% warganya memeluk agama Islam. Maka tak heran di papan pengumuman di jalan raya nya Bahasa Jawa selalu menjadi bahasa utama negara Suriname.

Selain bahasa Jawa, suriname memiliki bahasa resmi lainnya, yakni bahasa Kreolo, Hindi yang dibawa keturunan India, serta bahasa Inggris karena mereka jelas berada dalam lingkungan benua Eropa dan Amerika.


Nih Gan! 9 Negara Paling Multibahasa di Dunia


Quote:
Quote:
India

Nih Gan! 9 Negara Paling Multibahasa di Dunia


Quote:Hindi dan bahasa Inggris adalah bahasa nasional resmi dari India. Dengan mayoritas orang India berpendidikan dan penduduk kota memiliki pengetahuan tentang keduanya, meskipun bahasa Inggris lebih disukai daripada Hindi di India selatan. Setiap negara bagian di India memiliki bahasa resmi sendiri yang sebagian besar berbeda dari Hindi. Bahasa ini digunakan dalam media lokal dan di jalan.

Ini berarti bahwa mayoritas orang India berpendidikan setidaknya tiga bahasa, dan orang-orang yang bergerak di kenegaraan mungkin memiliki pengetahuan tentang bahasa tambahan. Jadi meskipun mereka mungkin tidak memiliki kefasihan dalam masing-masing bahasa, banyak orang India yang mampu berkomunikasi dan memahami empat atau lebih bahasa.


Nih Gan! 9 Negara Paling Multibahasa di Dunia


Quote:
Quote:
Aruba

Nih Gan! 9 Negara Paling Multibahasa di Dunia


Quote:Aruba terletak di Karibia paling selatan, dekat Venezuela. Karena itu merupakan salah satu dari "negara-negara konstituen" yang membentuk Kerajaan Belanda. Belanda merupakan bahasa resmi dan diajarkan di semua sekolah.

Bahasa Inggris dan Spanyol juga digunakan sebagai bahasa dalam sistem pendidikan Aruba, dan sebagian besar siswa menjadi lancar pada saat mereka menyelesaikan sekolah. Bahasa Inggris digunakan secara luas karena industri pariwisata sibuk di Aruba dan Spanyol juga disebabakan kedekatan pulau itu ke Venezuela.

Namun, tidak satupun dari tiga bahasa dianggap sebagai bahasa asli Aruba. Di jalan dan di rumah, penduduk setempat berkomunikasi dengan satu sama lain menggunakan bahasa Papiamento, bahasa campuran Portugis, Spanyol, Belanda dan Inggris. Papiamento merupakan bahasa resmi seperti halnya bahasa Belanda, dan digunakan secara teratur di media dan di pemerintahan.


Nih Gan! 9 Negara Paling Multibahasa di Dunia


Quote:
Quote:
Mauritius

Nih Gan! 9 Negara Paling Multibahasa di Dunia


Quote:Negara kepulauan di Samudra Hindia ini, biasanya dianggap sebagai bagian dari Afrika. Pelajarnya diharuskan belajar bahasa Inggris dan Perancis di sekolah. Semua orang Mauritius fasih dalam kedua bahasa tersebut, tetapi tidak dipergunakan sebagai bahasa keseharian dijalanan.

Mauritius Creole, logat Prancis yang dipahami sebagai bahasa Perancis, dituturkan oleh semua orang di pulau-pulau tersebut dan merupakan bahasa pertama kebanyakan orang. Sejumlah Mauritians keturunan India berbicara Bhojpuri, dialek Hindi, sedangkan keturunan imigran lainnya seperti Cina memiliki beberapa pengetahuan tentang bahasa leluhur mereka juga. Jadi hampir semua Mauritians dapat berbicara tiga bahasa, hingga empat bahasa dengan lancar.


Nih Gan! 9 Negara Paling Multibahasa di Dunia


Quote:
Quote:
Afrika Selatan

Nih Gan! 9 Negara Paling Multibahasa di Dunia


Quote:Afrika Selatan memiliki 11 bahasa resmi. Di daerah perkotaan di seluruh negeri, Bahasa Inggris digunakan secara lingua franca. Itu juga merupakan bahasa utama dari pemerintah dan media, meskipun kurang dari 10 persen dari Afrika Selatan berbicara bahasa Inggris sebagai bahasa pertama. Orang Afrika, memiliki lidah Jermanik dan mirip dengan Belanda, dituturkan di daerah selatan dan barat negara itu.

Afrika Selatan memiliki sembilan bahasa resmi Bantu; Zulu dan Xhosa - bahasa asli Nelson Mandela adalah yang paling menonjol. Sifat yang paling membedakan beberapa bahasa tersebut adalah "clicking" suara konsonan mereka. Banyak orang Afrika Selatan berbicara bahasa Inggris, bahasa tanah air mereka dan bahasa apa saja yang dominan di daerah di mana mereka tinggal. Meskipun mereka mungkin tidak benar-benar fasih, banyak orang dapat berbicara dalam tiga bahasa atau lebih di negara ini.


Nih Gan! 9 Negara Paling Multibahasa di Dunia


Quote:
Quote:
Malaysia

Nih Gan! 9 Negara Paling Multibahasa di Dunia


Quote:Meskipun memiliki sedikit bahasa resmi, Malaysia, dalam banyak hal, lebih multibahasa dari negara tetangga Singapura. Setiap orang dapat berbicara bahasa resmi, yakni Melayu. Kebanyakan orang yang fasih berbahasa Inggris, yang juga merupakan mata pelajaran wajib di sekolah dan digunakan secara luas di kota-kota. bahasa Inggris ala Malaysia dikenal sebagai Manglish dan digunakan di jalanan.

Malaysia yang nenek moyangnya berasal dari India dapat berbicara bahasa keluarga mereka di samping bahasa Melayu dan Inggris. Melayu Tionghoa belajar bahasa Mandarin di sekolah, namun sebagian juga berbicara dialek lain (seperti Kanton, Hokkien dan Hakka) di rumah atau di jalan. Di kota-kota besar seperti Kuala Lumpur, Penang dan Johor Bahru, tidak jarang menemukan orang Malaysia Cina yang dapat berbicara dua atau tiga dialek Cina selain Melayu dan Inggris.


Nih Gan! 9 Negara Paling Multibahasa di Dunia


Quote:
Quote:
Singapura

Nih Gan! 9 Negara Paling Multibahasa di Dunia


Quote:Singapura memiliki empat bahasa resmi: Inggris, Mandarin, Melayu dan Tamil. Khusus di daerah kota beragam etnis ini memiliki semua empat bahasa tersebut. Namun, hampir tidak ada warga yang benar-benar berbicara keempat bahasa itu. Bahasa Inggris dijadikan bahasa utama yang digunakan antara kelompok-kelompok etnis yang berbeda di Singapura. serta menjadi mata pelajaran yang diperlukan di sekolah dan hampir setiap orang Singapura fasih menggunakannya.

Di jalanan, beberapa orang Singapura menggunakan bahasa Inggris Singapura yang dikenal sebagai Singlish. Sebagian besar kata-kata dikenali penutur asli bahasa Inggris, tetapi tata bahasa Cina dan kata-kata pinjaman Cina dan Melayu dapat membuat tata bahasanya sulit untuk dimengerti.

Selain bahasa Inggris, siswa belajar "bahasa ibu" mereka di sekolah: keturunan India belajar bahasa Tamil, Melayu belajar bahasa Melayu, dan Cina belajar bahasa Mandarin. Sejumlah keturunan Cina Singapura berbicara dialek Cina tambahan, seperti Hokkien dan Hakka yang paling banyak digunakan.


Nih Gan! 9 Negara Paling Multibahasa di Dunia


Quote:
Quote:
Luxembourg

Nih Gan! 9 Negara Paling Multibahasa di Dunia


Quote:Rakyat negara Eropa kecil ini kurang lebih asih dalam empat bahasa. Ketika berbicara dengan satu sama lain, penduduk setempat menggunakan bahasa Luksemburg. Lidah mereka terkait dengan Jerman, cukup mirip dengan bahasa asli jerman. Untuk sejumlah besar lainnya mereka menggunakan bahasa Perancis.

Perancis dan Jerman, kedua bahasa semi resmi, dituturkan oleh semua orang dan merupakan bagian yang diharuskan dari pendidikan setiap anak. Bisnis resmi pemerintah dilakukan dalam bahasa Prancis. Selain itu, bahasa keempat, Inggris, merupakan mata pelajaran wajib di sekolah-sekolah. Berkat pendekatan secara agresif dalam pendidikan bahasa, hampir setiap warga Luxembourg fasih setidaknya empat bahasa.


Nih Gan! 9 Negara Paling Multibahasa di DuniaWow emoticon-Belo, luar biasa rata-rata fasih dalam 3 bahasa atau lebih? Salah satunya selalu bahasa Inggris. karena memang bahasa ini resmi menjadi bahasa pengantar komunikasi di dunia. lalu bagaimana kabarnya dengan Indonesia?

Indonesia saking majemuknya, disetiap daerah bahasa yang digunakan sebagai bahasa kesehariannya adalah bahasa masing-masing daerah serta bahasa Indonesia. Inggris saat ini masih menjadi bahasa resmi dalam kurikulum pendidikan disekolah saja emoticon-I Love Indonesia (S)
Nih Gan! 9 Negara Paling Multibahasa di Dunia


Quote:


Quote:
Nih Gan! 9 Negara Paling Multibahasa di Dunia
Nih Gan! 9 Negara Paling Multibahasa di Dunia
Nih Gan! 9 Negara Paling Multibahasa di Dunia
emoticon-Rate 5 Star
emoticon-Blue Guy Cendol (L)
emoticon-Paw
Nih Gan! 9 Negara Paling Multibahasa di Dunia
Nih Gan! 9 Negara Paling Multibahasa di Dunia
Nih Gan! 9 Negara Paling Multibahasa di Dunia
Nih Gan! 9 Negara Paling Multibahasa di Dunia
Nih Gan! 9 Negara Paling Multibahasa di Dunia

Diubah oleh 338aadmin338a
0
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 50 dari 66
Nih Gan! 9 Negara Paling Multibahasa di Dunia
01-07-2014 19:44
klo di singapur emang dr skolah aja dah belajar beberapa bhs asing
0 0
0
Nih Gan! 9 Negara Paling Multibahasa di Dunia
01-07-2014 19:44
indonesia mana yah emoticon-Bingung (S)
0 0
0
Nih Gan! 9 Negara Paling Multibahasa di Dunia
01-07-2014 19:57
emoticon-I Love Indonesia (S)
0 0
0
Nih Gan! 9 Negara Paling Multibahasa di Dunia
01-07-2014 20:07
di suriname emang banyak orang jawanya gan.....emoticon-Smilie
0 0
0
Nih Gan! 9 Negara Paling Multibahasa di Dunia
01-07-2014 20:12
ane bahasa Jawa, Indonesia, dan Inggris dah cukup emoticon-I Love Indonesia (S)
0 0
0
Nih Gan! 9 Negara Paling Multibahasa di Dunia
01-07-2014 20:18
Ane bisa sunda, inggris, indonesia gan emoticon-Cool
0 0
0
Nih Gan! 9 Negara Paling Multibahasa di Dunia
01-07-2014 20:35
ane inget sama cewek yang bisa dan fasih dalam menggunakan 9 bahasa, cadas abis jago banget dia hebat kalo bisa menggunakan banyak bahasa. Kerja bisa dimana mana deh emoticon-Matabelo
0 0
0
Nih Gan! 9 Negara Paling Multibahasa di Dunia
01-07-2014 21:05

i

Indonesia juga
Kaya akan bahasanya
0 0
0
Nih Gan! 9 Negara Paling Multibahasa di Dunia
01-07-2014 21:07
trnyata 10% bahasa dsumbang dr bhs daerah Indonesia gan, bnyk bngt ragamny.
0 0
0
Nih Gan! 9 Negara Paling Multibahasa di Dunia
01-07-2014 21:10
emoticon-Matabelo keren bener.. ane bahasa inggris aja ga lancar2
0 0
0
Nih Gan! 9 Negara Paling Multibahasa di Dunia
01-07-2014 21:11
1 bahasa juga udah cukup padahalmah emoticon-Hammer2
0 0
0
Nih Gan! 9 Negara Paling Multibahasa di Dunia
01-07-2014 21:23
Memang Bener 1 negara perlu multibahasa .. kalau gk , bisa gk ada penghuni dari negara lain emoticon-Cendol (S)
0 0
0
Nih Gan! 9 Negara Paling Multibahasa di Dunia
01-07-2014 21:34
Indonesia multi bahasa gan (bahasa daerah)
0 0
0
Nih Gan! 9 Negara Paling Multibahasa di Dunia
01-07-2014 21:47
Quote:Original Posted By lnfinite
Suriname pake bahasa jawa emoticon-Big Grin
Brrti org indoensia dong emoticon-Bingung (S)


nah iya gan, imigran zaman belanda emoticon-Traveller
0 0
0
Nih Gan! 9 Negara Paling Multibahasa di Dunia
01-07-2014 21:51
Indonesia hampir masuk ya gan.. tapi sayang dilepas timorlestenya jadi bukan Indonesia lagi emoticon-Turut Berduka
0 0
0
Nih Gan! 9 Negara Paling Multibahasa di Dunia
01-07-2014 22:14
Quote:Original Posted By palmyelectro
Indonesia hampir masuk ya gan.. tapi sayang dilepas timorlestenya jadi bukan Indonesia lagi emoticon-Turut Berduka


maksudnya emoticon-EEK!

Quote:Original Posted By dyrendra
ane inget sama cewek yang bisa dan fasih dalam menggunakan 9 bahasa, cadas abis jago banget dia hebat kalo bisa menggunakan banyak bahasa. Kerja bisa dimana mana deh emoticon-Matabelo

ane malah ga tau ya emoticon-Bingung

Quote:Original Posted By agoose428
di suriname emang banyak orang jawanya gan.....emoticon-Smilie

iya emoticon-Smilie
0 0
0
Nih Gan! 9 Negara Paling Multibahasa di Dunia
01-07-2014 22:16
Quote:Original Posted By NoviaArti
Ane harus mempelajari bahasa inggris, jerman, mandarin, dan arab-melayu emoticon-Cape d... (S)
walaupun belom fasih emoticon-Peace
Ya karena ane anak bahasa sih emoticon-Ngakak (S)

yang paling sulit yang mana tuh emoticon-Kagets

Quote:Original Posted By .stratovarius.
nyimak dulu sambil ngebantuin TS ya gan emoticon-Sundul Gan (S) emoticon-I Love Kaskus (S)

oke gan
makasih ya emoticon-Salaman

Quote:Original Posted By bdr303
Orang yg bisa berbagai bahasa bisa jadi modal tuh buat cari duit
bisa jadi translator, tour guide dll lah

yoi gan
terutama daerah wisata tuh

Quote:Original Posted By seravinaperkara
Indonesia ga masuk gan?

kan indonesia punya beragam bahasa daerah & menggunakan bahasa indonesia sebagai bahasa resmi

nah itulah gan
dikitq yang resmi hanya satu emoticon-Big Grin
0 0
0
Nih Gan! 9 Negara Paling Multibahasa di Dunia
01-07-2014 22:19
Keren
0 0
0
Nih Gan! 9 Negara Paling Multibahasa di Dunia
01-07-2014 22:25
Quote:Original Posted By momaltaf
Keren

o
0 0
0
Nih Gan! 9 Negara Paling Multibahasa di Dunia
01-07-2014 22:33
informasi yg patut di apresiasi emoticon-Cool
0 0
0
Halaman 50 dari 66
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia