Quote:
Original Posted By bujubusetttSHIA Rail Link Project
Taukah Ente bahwa Pemerintah Republik Indonesia telah memulai pembangunan Soekarno-Hatta International Airport Rail Link (SHIA Rail Link) dengan konsep Kerja Sama Pemerintah Swasta? Kementerian Perhubungan bertanggungjawab atas terlaksananya proyek ini yang berperan sebagai PJPK (Penanggung Jawab Proyek Kerja Sama). Pemerintah berniat untuk memulai pelaksanaan proyek ini di tahun 2014 dan diharapkan selesai pada tahun 2018.
Quote:
Original Posted By bujubusetttSHIA Rail Link Project
Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Kereta Api Kementrian Perhubungan, Hanggoro Budi Wiryawan menyatakan, pemerintah akan segera melaksanakan tahap pelelangan pembangungnan Kereta Bandara Ekspress dengan rute Bandara Halim-Bandara Soekarno Hatta. Rencananya tender prakualifikasi ini dilakukan sekitar April mendatang.
Rute kereta bandara yang dibangun dengan skema kerjasama pemerintah dan swasta ini dimulai dari Halim sebagai pemberangkatan awal, Cawang, Manggarai, Tanah Abang, Sudirman, Pluit sampai ke Terminal 3 dan 2 Bandara Soekarno Hatta. "Rute ini sudah disetujui oleh Menteri Perhubungan dengan dikeluarkannya Peraturan Menteri No. 1264 tahun 2013 pada bulan Desember 2013," katanya. "Dengan disetujuinya rute ini maka kami bisa melangkah lebih lanjut dengan penyelesaian AMDAL dan pembebasan tanah."
Hanggoro menjelaskan jalur kereta bandara ekspress ini akan dibangun sebagian di bawah tanah, sebagian lagi melayang. Jalur bawah tanah misalnya dari Halim ke MT Haryono, lalu melayang di Cawang sampai Hotel Sheraton. Kemudian berlanjut di bawah tanah lagi sampai terminal 3 dan 2 Bandara Soekarno Hatta.
Saat ini, waktu tempuh melalui jalan dari dan menuju ke Bandara Soekarno-Hatta rata-rata 1 sampai 3 jam. Dengan kereta Bandara Ekspress bisa ditempuh kurang lebih 30 menit dengan jarak Bandara Halim ke Soekarno Hatta 33,8 KM.
Quote:
Original Posted By bujubusetttSHIA Rail Link Project
Gimana sih tanggepan dari orang-orang terkait proyek Shia Rail Link ini?
Sebuah survey yang melibatkan 500 orang responden ini menyatakan bahwa 40% dari total responden menyatakan faktor penting yang harus ada dalam menggunakan Kereta Api Bandara ("ARL") ini tergantung dari 'rasa kebergantungan' terhadap ARL, diikuti oleh 23.60% tentang faktor kenyamanan ARL, 21% tentang waktu tempuh, 7.80% menyatakan tergantung tarifnya, dan 7.60% menyatakan tentang keamanan.
Sebuah studi lain juga menyatakan bahwa para pengguna transportasi umum bersedia untuk membayar tarif sebesar Rp. 38.000 sampai dengan Rp. 52.000 untuk sampai di bandara satu jam lebih cepat dibanding harus naik moda transportasi lain. Bahkan, para responden menyatakan bersedia untuk membayar tarif Rp. 20.000 lebih mahal apabila ARL nanti akan memberikan pelayanan yang lebih cepat, aman dan nyaman untuk sampai ke bandara.
Sebuah survey lain juga memberikan hasil bahwa apabila pelayanan ARL diberikan dengan gambaran sebagai berikut:
Lama perjanalan adalah 45 menit;
Lama menunggu ARL adalah 30 menit;
Besar tarif adalah Rp. 60.000;
Maka 40.99% responden menyatakan akan menggunakan transportasi ARL ini, diikuti dengan 30.90% lebih memilih bus, 16.52% memilih mobil, dan 11.59% lebih memilih naik Taxi.
Quote:
Original Posted By bujubusetttSHIA Rail Link Project
Mau berpartisipasi dengan mengisi angket untuk survey? Klik disiniuntuk mengisi angket yang disediakan oleh Kementerian Perhubungan Republik Indonesia.
Angket ini adalah sarana untuk memberikan kesempatan berpartisipasi memberikan pendapat terkait dengan Rencana Pembangunan Proyek Kerjasama Pemerintah Swasta (KPS) Kereta Api Bandara Soekarno-Hatta;
Proyek KPS Kereta Api Bandara Soekarno-Hatta adalah merupakan proyek penyediaan sarana transportasi alternatif yang menghubungkan pusat kota Jakarta dan Bandara Soekarno-Hatta dengan moda transportasi berbasis rel;
Tujuan utama dari Proyek ini adalah untuk memberikan alternatif transportasi yang cepat, aman, nyaman dan tepat waktu bagi penumpang pesawat udara dari dan ke Bandara Soekarno-Hatta;
Proyek ini akan menghubungkan Halim dengan Bandara Soekarno-Hatta dalam waktu tidak lebih dari 30 menit dengan melewati Empat Stasiun masing-masing: Manggarai di Wilayah Jakarta Selatan, Dukuh Atas (Jakarta Pusat), Tanah Abang (Jakarta Pusat), dan Pluit (Jakarta Utara) sebelum mencapai Bandara Soekarno-Hatta. Penumpang dapat menaiki Kereta Api Bandara Soekarno-Hatta dari setiap stasiun yang terdekat dari tempat domisili anda;
Dalam pengembangannya proyek ini akan terkoneksi dengan sarana transportasi massal lainnya seperti Kereta KRL Jabodetabek, Bus Transjakarta, Proyek Mass Rapid Trans (MRT) Jakarta dan lain-lain;
Fasilitas kereta yang direncanakan dalam proyek ini antara lain adalah 6 gerbong kereta dengan kapasitas tempat duduk 54 penumpang setiap gerbongnya, dan total 324 penumpang dalam satu rangkaian; waktu keberangkatan setiap 10 menit; Kabin dengan ruang untuk bagasi; Kenyamanan setara “Kelas Bisnis” dengan susunan tempat duduk 2x2 dan lorong yang luas; Tampilan informasi penerbangan dan bandara, serta tersedia Fasilitas WiFi;
Fasilitas stasiun yang akan dikembangkan dalam proyek ini adalah Stasiun layang Kualitas standar bandara dengan peron pada lantai bawah dan jalur rel pada lantai atas; Fasilitas stasiun dengan pendingin ruangan dan dilengkapi dengan pintu peron; serta Potensi pengembangan di atas stasiun.
Quote:
Original Posted By bujubusettt
Angket ini ditujukan untuk masyarakat di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi serta wilayah lainnya yang akan melakukan perjalanan udara melalui Bandara Soekarno-Hatta.
Bacalah dengan seksama setiap pertanyaan dalam Angket ini sebelum anda mengisinya
Anda hanya dapat mengisi Angket ini satu kali saja.
Isilah pada setiap pilihan jawaban yang sesuai menurut anda, dan isilah kolom yang kosong jika anda memilih jawaban lain yang tidak tersedia dalam pilihan jawaban.
Batas akhir pengisian Angket ini adalah sampai dengan tanggal 26 Juni 2014.
Ingat, suara agan-agan akan berpengaruh terhadap pengembangan dan pembangunan Shia Rail link ini
