Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Tertarik dengan psikologi? Agan-agan dapat mencoba trik psikologi ini!

abrahamtetraAvatar border
TS
abrahamtetra
Tertarik dengan psikologi? Agan-agan dapat mencoba trik psikologi ini!
Kalo agan tertarik dengan psikologi, agan bisa mencoba beberapa trik psikologi dibawah ini gan! emoticon-Toast

Sebelum kita mulai membahas hal ini, penting untuk diperhatikan bahwa tidak ada dari metode di bawah ini yang berhubungan dengan istilah metode ‘hitam’ dalam mempengaruhi orang-orang. Apapun yang mungkin saja mencederai seseorang, dengan cara apapun, terutama kepercayaan diri mereka, tidak termasuk disini. Dibawah ini adalah bagaimana cara mendapatkan kawan dan mempengaruhi orang dengan menggunakan trik psikologi tanpa terlihat berengsek ataupun membuat orang terasa tidak enak hati.

1. Meminta Tolong
Tertarik dengan psikologi? Agan-agan dapat mencoba trik psikologi ini!
Triknya: Buatlah seseorang agar dapat menolong Anda, dikenal juga dengan efek Benjamin Franklin.
Suatu cerita mengatakan bahwa Benjamin Franklin suatu kali ingin membujuk seorang pria yang tidak menyukai dirinya. Dia bertanya pada pria tersebut untuk meminjamkan suatu buku yang langka dan ketika buku itu telah dia terima, Benjamin amat sangat berterima kasih kepadanya. Dan hasilnya, pria tersebut menjadi teman baik Franklin.
Para ilmuwan memutuskan untuk menguji kebenaran teori ini dan mereka mendapati bahwa orang-orang yang dimana para ilmuwan meminta tolong hal yang personal lebih baik daripada kelompok yang lainnya. Hal ini mungkin saja terlihat bertentangan dengan intuisi, tetapi teori ini cukup masuk akal. Jika seseorang membantu Anda, mereka cenderung untuk berpikir bahwa Anda patut untuk diberikan bantuan, dan ditentukan bahwa karena hal itu mereka pasti menyukai Anda.

2. Nama
Tertarik dengan psikologi? Agan-agan dapat mencoba trik psikologi ini!
Triknya: Gunakan nama orang tersebut, ataupun titel dan panggilannya. Gunakan tergantung pada situasi.
Dale Carnegie, penulis buku How to Win Friends and Influence People, percaya bahwa menggunakan nama seseorang amat sangat penting. Dia mnegatakan bahwa nama seseorang adalah suara yang paling manis dalam bahasa apapun bagi orang tersebut. Nama adalah bagian inti dari identitas kita, jadi mendengarkannya membuat kita merasa ada, yang membuat kita cenderung merasa positif tentang orang yang mengakui keberadaan kita.
Dan jika menggunakan titel, ataupun bentuk panggilan apapun juga memiliki efek yang kuat, seperti contohnya bapak kepala sekolah. Idenya adalah, jika Anda menyukai tipe orang tertentu, Anda akan menjadi orang tersebut. Cara menggunakan hal ini untuk mempengaruhi orang adalah, Anda bisa memanggil mereka dengan apa yang Anda inginkan, agar mereka mulai berfikir panggilan tersebut adalah adalah bagian diri mereka. Sederhananya, Anda bisa memanggil kenalan Anda yang Anda ingin dia menjadi lebih dekat dengan panggilan ‘kawan’ ataupun ‘teman’ kapanpun Anda melihat mereka. Ataupun memanggil orang yang yang Anda ingin bekerja kepadanya sebagai ‘bos’.

3. Pujian
Tertarik dengan psikologi? Agan-agan dapat mencoba trik psikologi ini!
Triknya: Pujian akan membuat Anda kemana-mana
Trik yang satu ini kelihatannya jelas pada awalnya, untuk bagian awal, sangat penting untuk mengetahui bahwa suatu pujian tidak terlihat tulus, karena itu akan lebih merugikan daripada membawa kebaikan. Tetapi para peneliti mempelajari motivasi dibelakang reaksi orang-orang terhadap pujian, dan menemukan suatu hal yang sangat penting.
Sederhananya, mereka menemukan bahwa orang cenderung mencari keseimbangan kognitif, mencoba untuk selalu menjaga pikiran dan perasaan mereka secara terorganisir dengan cara yang lazim. Jadi, jika Anda memuji orang yang memiliki kepercayaan diri yang tinggi, dan pujian Anda terlihat tulus, mereka akan lebih menyukai Anda, dikarenakan Anda mengakui apa yang mereka rasakan pada diri mereka tersebut. Meskipun begitu, jika Anda memuji orang yang memiliki kepercayaan diri yang rendah, ada kemungkinan pujian tersebut akan menjadi bumerang bagi Anda dan mereka akan kurang menyukai Anda, karena hal itu terasa mengganggu dengan bagaimana mereka melihat diri mereka tersebut. Dan, tentu saja, bukan berarti Anda harus merendahkan martabat orang yang memiliki kepercayaan diri yang rendah.

4. Gunakan Rasa Lelah
Tertarik dengan psikologi? Agan-agan dapat mencoba trik psikologi ini!
Triknya: Mintalah bantuan ketika seseorang sedang kelelahan.
Ketika seseorang sedang kelelahan mereka lebih mudah terpengaruh semua ucapan orang lain, baik itu sebuah statemen ataupun sebuah permintaan. Alasan tentang hal ini adalah ketika seseorang kelelahan, rasa lelah itu bukan hanya terasa bagi tubuh fisik mereka, tingkat energi mental mereka jadi rendah juga. Ketika Anda meminta sesuatu kepada seseorang yang sedang kelelahan, Anda mungkin tidak akan mendapatkan respon yang pasti, tetapi respon semacam “Saya akan melakukannya besok,” karena mereka tidak ingin memikirkan urusan semacam itu pada saat kelelahan. Keesokan harinya, mereka akan cenderung melakukan apa yang Anda katakan tempo hari karena orang-orang cenderung untuk menepati janjinya. Sangatlah alami secara psikologis untuk melakukan suatu hal jika Anda telah mengatakan akan melakukannya nanti.

5. Tawaran Yang Tidak Bisa Mereka Tolak
Tertarik dengan psikologi? Agan-agan dapat mencoba trik psikologi ini!
Triknya: Mulailah dengan sebuah permintaan yang tidak bisa mereka tolak lalu bekerjalah dengan cara Anda.
Mulailah dengan permintaan yang lebih kecil. Setelah seseorang mengerjakaan apa yang Anda inginkan, ataupun setuju dengan sesuatu yang Anda katakan, mereka sekarang akan cenderung melakukan permintaan yang lebih besar. Para peneliti menguji coba fenomena ini dalam hal marketing.
Mereka memulai dengan membuat beberapa orang untuk mengekspresikan dukungan untuk hutan hujan dan lingkungan, dimana permintaan ini adalah permintaan yang sederhana. Para peneliti mendapati bahwa setelah mereka membuat orang-orang ini mengekspresikan persetujuan mereka untuk mendukung lingkungan, mereka jauh lebih mudah diyakinkan untuk membeli suatu barang yang mendukung hutan hujan dan hal-hal semacam itu. Meskipun begitu, jangan memulai dengan satu permintaan dan langsung menyerang mereka dengan permintaan yang lain. Para psikolog melihat bahwa hal ini lebih efektif jika Anda menunggi satu atau dua hari untuk mengajukan permintaan kedua.

6. Tetaplah Diam
Tertarik dengan psikologi? Agan-agan dapat mencoba trik psikologi ini!
Triknya: Jangan mengoreksi seseorang ketika mereka salah.
Carnegie juga menunjukkan didalam bukunya yang terkenal bahwa mengoreksi seseorang ketika mereka salah biasanya tidak diperlukan dan membuat mereka tidak menyukai Anda. Sebenarnya ada cara untuk menunjukkan ketidak setujuan Anda dan mengubahnya menjadi percakapan yang halus tanpa memberitahu seseorang jika mereka salah, yang mana hal tersebut menyerang inti ego mereka. Trik psikologi ini dinamakan dengan Ransberger Pivot, dibuat oleh Ray Ransberger dan Marshall Fritz. Ide dari trik ini cukup sederhana. Daripada Anda berargumen satu sama lain, cobalah untuk mendengarkan apa yang ingin mereka katakan, dan cobalah mengerti apa yang mereka rasakan dan mengapa, lalu gunakan hal itu sebagai titik awal untuk menjelaskan posisi Anda. Hal ini akan membuat mereka lebih cenderung mendengarkan apa yang Anda ingin sampaikan, serta mengoreksi mereka tanpa membuat mereka kehilangan muka.

7. Mengangguk
Tertarik dengan psikologi? Agan-agan dapat mencoba trik psikologi ini!
Triknya: Banyak-banyaklah mengangguk ketika Anda berbicara, terutama jika Anda ingin meminta bantuan.
Para ilmuwan mendapati bahwa ketika seseorang mengangguk sementara mendengarkan sesuatu, mereka cenderung setuju dengan apa yang mereka dengar. Mereka juga mendapati bahwa ktika seseorang seringkali mengangguk di depan mereka, adalah hal yang alami bagi mereka untuk melakukan hal yang sama. Hal ini dapat dimengerti karena manusia cukup terkenal dengan cara meniru tingkah laku, terutama jika orang yang ditiru itu memiliki konotasi positif. Jadi jika Anda ingin lebih meyakinkan, biasakanlah mengangguk sepanjang percakapan Anda. orang yang Anda ajak bicara akan sulit untuk tidak mengangguk, dan mereka akan mulai merasa setuju dengan apa yang Anda katakan, tanpa mengetahuinya.


Kalo trit ini berguna, gak nolak kok dikasih cendol. emoticon-Blue Guy Cendol (L)

Sumber trit:
http://unik.segiempat.com/ilmu-penge...-lain-part-ii/
http://unik.segiempat.com/ilmu-penge...g-lain-part-i/

Kunjungi juga artikel unik lainnya:
http://unik.segiempat.com/unik/dafta...ek-orang-lain/
http://unik.segiempat.com/unik/orang...bersama-hewan/
http://unik.segiempat.com/unik/7-kel...-ikuti-part-i/
0
5.5K
24
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.4KThread84.6KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.